SCVNGR.com - Tingkatkan Awareness Customer Melalui Challenge Game

22 Jun 2011 13:30 4107 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seperti yang banyak dibahas dalam artikel berkategori Online Ideas Paseban, banyak cara menarik untuk diimplementasikan dalam strategi marketing perusahaan. Dan pada artikel ini, Paseban ingin menambahkan strategi marketing yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan oleh *customer* melalui SCVNGR.com.

Seperti yang banyak dibahas dalam artikel berkategori Online Ideas Paseban, banyak cara menarik untuk diimplementasikan dalam strategi marketing perusahaan. Dan pada artikel ini, Paseban ingin menambahkan strategi marketing yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan oleh customer melalui SCVNGR.com.

SCVNGR adalah perusahaan yang berbasis di Cambridge sejak tahun 2008, dan ditemukan oleh pemuda 22 tahun bernama Seth Priebatsch. SCVNGR adalah location-based gaming platform, yaitu game berupa challenge yang diadakan di lokasi bisnis sebuah perusahaan. Bekerjasama dengan Google, challenge SCVNGR bisa ditemukan dalam bentuk Places di seluruh dunia melalui Google Maps, dan perusahaan bisa menentukan sendiri tantangan itu.

Customer yang memiliki iPhone atau Android dapat menyelesaikan challenge dan mendapat poin yang bisa ditukarkan dengan reward, seperti reward minuman gratis dari Starbuck, atau diskon 10% dari Levis. SCVNGR juga memiliki fitur challenge "cross-place play", jadi challenge tersebut berupa customer bisa mengunjungi perusahaan yang memiliki lokasi bisnis lebih dari satu, dan poin untuk kunjungan lebih dari satu lokasi bisnis akan memiliki nilai lebih.

Lebih dari 1000 perusahaan telah memiliki challenge dan reward di SCVNGR. Satu hal yang bisa dipelajari dari SCVNGR adalah setiap perusahaan yang mengadakan challenge disini akan membuat customer untuk berinteraksi secara langsung dengan mereka selama 9-21 menit. Customer bahkan sering mengajak teman-teman lainnya untuk bermain pada challenge ini.

Sejak diluncurkan, SCVNGR telah menarik pengguna sebanyak 1,6 juta orang dan telah sukses diimplementasikan pada berbagai macam bisnis. Pengguna rata-rata berumur 13 hingga 38 tahun, dan memiliki jumlah yang seimbang antara lelaki dan perempuan, jadi target pasar sangat luas pada SCVNGR. SCVNGR adalah seputar interaksi, jadi pelaku bisnis bisa menciptakan skenario challenge yang berfungsi untuk meningkatkan awareness atas produknya dalam format yang menarik bagi customer.

Tata cara perusahaan untuk memanfaatkan SCVNGR sebagai salah satu alat marketingnya sangatlah mudah. Kunjungi situs SCVNGR.com, dan pilih "I am primarily a builder", dan Anda akan mendapat email berisi password yang bisa dirubah lagi. Selanjutnya terdapat pilihan untuk mengatur sendiri atau meminta bantuan tim SCVNGR untuk mengatur akun Anda.

Setelah semua pengaturan selesai, saatnya menciptakan challenge. Klik "create challenge", pilih sebuah lokasi, isi nama challenge dan nilai poin challenge. Selanjutnya adalah menentukan tipe challenge; specific text response, open response, photo challenge, atau QR code (Quick Response Code). Untuk reward, Anda bisa menentukan item atau keuntungan lain apa yang bisa didapat dari poin yang didapat dalam challenge tersebut. Apabila merasa kurang dengan tipe challenge tersebut, Anda bisa membuat tipe challenge sendiri yang mana akan dikenakan biaya tertentu.

Semakin menarik challenge dan reward yang Anda ciptakan di SCVNGR, semakin banyak customer yang akan mengikuti challenge tersebut, dan semakin sukses strategi marketing produk Anda. Kreatifitas Anda kuncinya. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel