Apa Itu Cloud Computing?

21 Jun 2011 15:37 6480 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Muncul banyak istilah Cloud Computing yang digunakan dalam dunia teknologi dan Anda mungkin pernah membaca atau mendengar tentang istilah tersebut. Tetapi apa sebenarnya Cloud Computing itu? Paseban kali ini akan mencoba menjelaskan konsep Cloud Computing secara non-teknis dan sederhana.

Muncul banyak istilah Cloud Computing yang digunakan dalam dunia teknologi dan Anda mungkin pernah membaca atau mendengar tentang istilah tersebut. Tetapi apa sebenarnya Cloud Computing itu? Paseban kali ini akan mencoba menjelaskan konsep Cloud Computing secara non-teknis dan sederhana.

Pada dasarnya Cloud Computing melibatkan layanan host di internet. Dalam Cloud Computing, semua kegiatan dilakukan di internet. Ini berarti Anda dapat mengakses file dari komputer manapun yang memiliki koneksi internet. Internet adalah sebagai Cloud.


Cloud Computing akan berstruktur seperti gambar di atas. Untuk menjelaskan sistem kerja gambar tersebut, Plimbi akan menggunakan salah satu contoh dari Cloud Computing yang sering Anda dengar atau gunakan yaitu Google.

Anda tidak perlu software apapun untuk membuat dokumen menggunakan Google Docs, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan browser. Browser Anda ini akan menempati posisi sebagai Client.

Pada Google Docs terdapat Documents, Spreadsheets, Presentation, Drawings, dan Forms yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan dokumen melalui browser. Google juga mempunyai Gmail yang bisa langsung diakses melalui browser. Semua itu adalah Aplikasi yang tersedia di Cloud Server atau disebut Software as a Service (SaaS). Untuk perbandingan aplikasi yang non-Cloud adalah Microsoft Office untuk pembuatan dokumen dan Outlook untuk me-manage email yang harus di-instal terlebih dahulu pada komputer.

Google mempunyai banyak aplikasi yang bisa digunakan setelah Anda login menggunakan Google Account. Seperti Google Docs, Gmail, Google Earth, dan lain-lain yang memuat seluruh aplikasi diatas. Google menempati posisi Platform, atau disebut Platform as a Service (PaaS) pada Cloud. Platform pada Cloud adalah OS(Operating System) pada non-Cloud, seperti Windows yang harus ter-instal pada komputer, dan kemudian akan menampung aplikasi Microsoft Office, Outlook, dan lain-lain.

Infrastruktur atau disebut Infrastructure as a Service (IaaS) dalam Cloud adalah menggantikan fungsi infrastruktur komputer menjadi layanan di internet. IaaS ini yang berfungsi sebagai hardisk pada komputer yang mana menampung OS, aplikasi, dan file-file lain. IaaS menampung keseluruhan dari PaaS dan SaaS, menyimpan file-file yang dibuat oleh SaaS, dan file-file lain yang di-upload oleh pengguna.

Anda dapat mengakses Google Docs atau Gmail baik dari komputer atau perangkat handset Anda dari manapun. Dan pada multi-platform tersebut Anda bisa menemukan file-file yang sama dengan milik Anda. Itulah konsep yang ditawarkan Cloud Computing. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel