Tips dan Trik Merawat Power Bank Agar Awet

6 Nov 2013 15:00 20093 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Gagdet semacam Smartphone atau tablet sudah menjadi sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari aktivitas manusia saat ini. Hal ini juga mendorong munculnya beberapa aksesoris untuk gadget smartphone dan tablet yang diharapkan mampu memaksimalkan gadget.

Gagdet semacam Smartphone atau tablet sudah menjadi sesuatu yang tak bisa dilepaskan dari aktivitas manusia saat ini. Hal ini juga mendorong munculnya beberapa aksesoris untuk gadget smartphone dan tablet yang diharapkan mampu memaksimalkan gadget. Salah satu aksesoris yang tengah naik daun dikalangan pengguna smartphone atau tablet ialah Power bank Charger. Keberadaan powerbank sebagai baterai atau charger cadangan untuk produk gadget sangat dibutuhkan karena gadget ini mempermudah aktivitas para pengguna yang ingin mobile setiap saat. Namun sayangnya, sedikit pengguna gadget yang paham cara merawat power bank ini agar awet dan tahan lama.

Pemandangan orang-orang menggunakan power bank pun kini kerap  dijumpai di berbagai tempat. Tak bisa dipungkiri, power bank memiliki fungsi yang cukup penting, terutama dalam menunjang aktivitas Anda dalam menggunakan gadget. Hal ini dikarenakan Power bank dapat mengisi ulang daya batere berbagai macam gadget. Sebagai perangkat penunjang, powerbank juga memiliki beberapa komponen elektronik yang rawan akan kerusakan. Oleh sebab itu dibutuhkan tips tertentu untuk merawat power bank agar tidak mudah rusak.

Berikut tips dan trik dari Plimbi tentang cara merawat dan menggunakan power bank yang benar agar tidak cepat rusak:

  1. Pengisian Power Bank

Hal yang perlu dilakukan dalam merawat power bank ialah jangan lupa untuk selalu mengisi hingga penuh power bank Anda. Untuk proses pemindahan energi atau daya ke gadget secara optimal, power bank harus terisi penuh. Apabila power bank tidak terisi penuh dan digunakan, maka pengisian akan kurang maksimal.

Perhatikan lampu indikator yang terdapat di power bank. Jangan pernah mencabut power bank secara paksa sebelum lampu indikator menyala semua. Usahakan menggunakan power bank untuk keadaan darurat saja sehingga tidak sering di-charge. Power bank yang sering diisi ulang akan menurun kinerja penampungan tenaganya. Powerbank yang bagus, usia baterainya bisa tahan sampai lebih dari 500 kali charger diisi penuh. Bisa satu tahun lebih, kalau setiap hari diisi penuh pada malam hari

  1. Perhatikan Kapasitas

Anda harus memperhatikan kapasitas murni dari cell power bank dalam merawat power bank agar lebih awet. Untuk tipe 5.800mAH, ketika dicharger ke listrik membutuhkan waktu isi sampai penuh sekitar 8 jam.  Jika baru dicolok ke listrik 2-3 jam sudah penuh, berarti itu produk tidak bagus dan perlu dicurigai. Sekali lagi sesuaikan kapasitas daya dengan waktu pengisian.

 

Baca juga :

               Baca 8 Tips Berikut Ini Kalau Mau Smartphone Kesayanganmu Tetap Awet dan Tahan Lama

               Heboh! Akhirnya ASUS Merilis Smartphone Terbarunya Bernama ZenFone 3

 

  1. Hindarkan dari Suhu ekstrim dan Terjatuh

Power bank tidak boleh berada pada tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena bisa menyebabkan komponen baterai rusak. Agar perangkat power bank Anda tahan lama, Jangan meletakkan power bank di tempat yang terkena sinar matahari langsung  atau juga dekat sumber panas lainnya karena akan mudah terbakar. Hindari juga tempat yang lembab, serta dijaga jangan sampai terkena air. Dalam merawat power bank Anda bisa membungkus power bank dengan baik agar suhu yang melingkupinya tetap normal.

Power bank mengandung bahan baterai yang sangat rentan terhadap benturan keras. Jika Perangkat power bank sering jatuh atau sering tekena benturan maka kinerjanya akan berkurang, bahkan tidak bisa dipakai sama sekali. Untuk itu demi keamanan, berikan pengamanan bagi perangkat mungil ini berupa bungkus (sarung power bank) kain atau kulit.

  1. Matikan Gadget Anda Ketika Menggunakan Power Bank

Banyak orang yang salah kaprah dan tetap menggunakan gadget smartphone atau tabletnya kala sedang diisi menggunakan power bank. Dalam hal merawat power bank, ada baiknya untuk mematikan sesaat perangkat gadget Anda saat mengisi ulang menggunakan power bank. Hal ini cukup beralasan, karena jika Anda mengisi ulang gadget dalam kondisi hidup maka batere di power bank akan dipaksa bekerja keras dua kali lipat. Hal ini pastinya akan menyebabkan umur batere power bank Anda akan lebih pendek. Jika batere di perangkat sudah terisi setengah, barulah Anda hidupkan kembali gadget Anda. Dengan mengikuti aturan ini tentunya power bank Anda akan lebih tahan lama.

Tips dan trik terakhir dalam merawat power bank ialah gunakan power bank dalam keadaan benar–benar darurat dan jauh dari sumber listrik. Selama Anda masih menemukan sumber listrik dan membawa charger bawaan, sebaiknya mengisi ulang melalui charger saja. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel