Beberapa Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Sistem Operasi Linux

21 Oct 2013 12:30 4755 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi dengan sumber terbuka atau bahasa kerennya open source. Sistem operasi ini berbasis pada Unix. Sistem ooerasi ini  bersifat terbuka dan siapapun  bisa menambah teknologi miliknya. Artinya sumber utama sistem ini dapat disebarluaskan dan dimodifikasi. Maka tidak aneh jika Linux memiliki banyak varian, nama atau pengembangan dari satu sumber tertentu.

Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi dengan sumber terbuka atau bahasa kerennya open source. Sistem operasi ini berbasis pada Unix. Sistem ooerasi ini  bersifat terbuka dan siapapun  bisa menambah teknologi miliknya. Artinya sumber utama sistem ini dapat disebarluaskan dan dimodifikasi. Maka tidak aneh jika Linux memiliki banyak varian, nama atau pengembangan dari satu sumber tertentu. Sebut saja Debian, Red Hat, Slackware, serta pengembangan-pengembangan lainnya yang sangat banyak.

Sistem operasi Linux sendiri pertama kali dirilis tahun 1970-an. Kini sistem operasi ini semakin terkenal banyak pengembang yang membuat prodram dan mendukung sistem operasi ini. Meski selalu dibayang-bayangi oleh sistem operasi Windows dari Microssoft,  Linux tetap bertahan dan tidak akan pernah mati. Hal ini karena Linux dibangun berdasarkan kepentingan nirlaba. Tidak seperti Windows yang memang dikomersialisasikan.

Sistem operasi Linux sendiri sebenarnya memiliki banyak kelebihan dibandingkan sistem operasi lainnya. Banyak orang yang meengerti tentang sistem operasi lebih menyarankan Linux sebagai sistem operasi utamanya. Ada banyak alasan untuk hal tersebut dan hal tersebut adalah sebagai berikut.

Linux Bisa Membuat Candu

Salah satu hal yang menarik dari sistem operasi Linux adalah bermain dengan sistemnya. Bagi pemula yang akan memakai Linux memang akan terasa sulit. Buka karena penggunaannya melainkan karena tampilan antarmuka yang sedikit beda dengan sistem operasi yang banyak dipakai. Namun setelah beberapa kalai mengulik Linux, dijamin pengguna akan merasa betah berinteraksi dengan sistem operasi ini.

Linux Bisa Dimodifikasi Semau Pengguna

Akan ada banyak hal yang baru dan menarik dari sistem operasi Linux. Pengguna bisa merasakan sensasi yang tidak pernah ditemukan pada sistem operasi dengan sumber tertutup. Misalnya pengguna bebas memodif bahkan mengubah sumber utamanya. Pengguna pun dapat menyebarkan ulang hasil gubahannya selama masih dalam lingkup General Public License. Bahasa kerennnya bisa seperti seorang “hacker” yang mengubah suatu tatanan sistem operasi

Linux itu Murah tapi Lengkap

Kelebihan dari sistem operasi Linux adalah bahwa sistem operasi ini tidak diperjualbelikan secara masif dan komersil. Penyebaran Linux itu gratis siapapun dapat menggunakannya tanpa berbayar. Jikapun memang harus membayar paling yang diperlukan hanyalah membeli keping CD/DVD yang jumlahnya tidak mencapai 100 ribu rupiah.  Bandingkan  dengan sistem operasi sebelah yang bahkan hanya berupa sebuah sistem operasi harganya mencapai jutaaan rupiah. Belum lagi program pendukung yang tidak murah. Di Linux? Semua sudah satu paket bahkan dengan program dan aplikasi  pelengkap lainnya seperti program untuk mengetik, program untuk desain, multimedia, dan lain sebagainya.

 

Baca juga :

               Begini Cara Membuat Tema Firefox Sendiri, Mau?

               5 Buku ini Dibaca Oleh Orang-Orang Sukses Dunia

 

Linux Memberikan Kontribusi Besar

Sebagai sebuah sistem operasi dengan sumber terbuka, sistem operasi Linux bisa dikatakan telah memberi manfaat besar bagi manusia dan  perkambangan teknologi. Bayangkan saja para programmer itu tidak lelah dalam membuat sebuah program bahkan source code program tersebut diberikan tanpa ingin mengharapkan feedback apa-apa. Hasilnya banyak orang yang merasa terbantu karena dengan tersebarnya source code, sesorang bisa membuat program yang sama dengan modifikasi yang berbeda. Kontribusi lain yang cukuo terasa adalah Linux telah memfasilitasi orang-orang yang ingin bermain dan belajar dengan sistem operasi tanpa hambatan biaya.

Linus Melibatkan Banyak Pengguna

Selain sitem operasi Linux bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang benar-benar melibatkan penggunanya dalam mengembangkan sistemnya. Pengguna sendiri bisa saling memberikan masukan terhadap sebuah sistem jika ada kerusakan atau bug. Tentu hal ini akan cepat ditanggapi baik oleh orang yang mengembangkan maupun oleh pengguna lain. Tanggapan bida berupa perbaikan, upgrade, maupun optimisasi fitu-fitur

Linux itu Sistem Operasi Masa Depan

Tidak berlebihan jika mengatakan sistem operasi Linux merupakan sistem operasi masa depan. Pilihan distro yang melimpah, desktop yang beragam, serta kelengkapan program dalam sebuah sistem merupakan kelebihan tersendiri. Sistem operasi ini akan terus bertahan bahkan dalam keadaan krisis ekonomi sekalipun. Berbeda dengan sistem operasi di bawah payung perusahaan besar. Perusahaan besar itu pasti terlibat dalam kegiatan ekonomi besar. Dan ekonomi dunia itu selalu berubah. Ada kalanya ekonomi memburuk dan bisa saja pengembangan menjadi terganggu.

Barangkali itulah beberapa alasan penting tentang keunggulan dari sistem operasi Linux. Dari uraian di atas bisa dikatakan jika sistem operasi Linux memang mempunyai keunggulan yang  menarik. Selain karena tidak bersifat komersil, sistem operasi ini bisa dimodifkasi dan diebsar ulang kembali oleh pengguna. Selain itu sistem operasi Linux memiliki berbagai fitur serta program dalam satu paket instalan yang akan membuat pengguan tidak perlu repot mencari program lain dan memasangnya. Jadi mari pakai Linux!

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel