Jangan Beli PC atau Mac Baru Sebelum Anda Membaca Ini

18 Oct 2013 11:30 2564 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebelum Anda mengeluarkan uang Anda atau menggesekkan kartu kredit Anda untuk beli PC baru, all in one PC atau Mac, Anda mungkin harus menyelam untuk mempelajari spesifikasi yang dibawa oleh komputer atau Mac yang ingin Anda beli.

Sebelum Anda mengeluarkan uang Anda atau menggesekkan kartu kredit Anda untuk beli PC baru, all in one PC atau Mac, Anda mungkin harus menyelam untuk mempelajari spesifikasi yang dibawa oleh komputer atau Mac yang ingin Anda beli. Itu karena prosesor terbaru Intel CPU yang diperkenalkan pada bulan Juni dan bernama Haswell yang tapi dikenal secara resmi dengan generasi keempat seri i Core menawarkan perbaikan baterai yang signifikan dalam laptop yang menggunakannya sejauh ini. Jadi, tidak seperti update Intel lainnya, ada perubahan signifikan yang dibawa oleh Haswell ini.

Tapi, banyak laptop populer, seperti Lenovo Yoga 13 dan Apple MacBook Pro dengan Retina Display, masih menggunakan prosesor Intel CPU generasi ketiga, dengan ada rencana upgrade resmi yang belum dipastikan kapan. Jika daya tahan hidup baterai masih belum menjadi perhatian besar, misalnya Anda pergi untuk PC dekstop atau jika Anda memiliki laptop pengganti desktop, yang tidak cenderung selalu bergantung pada sumber listrik, maka ini akan menjadi mesin yang sempurna untuk Anda, dan tak sedikti para pebarikan laptop yang menggunakan Haswell memberikan diskon kepada para penggunanya.

Pasar Lanskap Laptop Saat Ini

Bersamaan dengan berpindahnya era Haswell saat ini, pasar berada dalam fluks. Banyak laptop baru dan hybrids seperti Lenovo IdeaPad Yoga 11S atau Toshiba Kirabook yang kesemuanya masih dikapalkan dengan prosesor generasi ketiga dari seri Intel i Core yang sama ditemukan pada laptop pada era 2012-an. Di sisi baiknya, beberapa sistem komputasi yang populer seperti Acer Aspire S7 telah menambahkan prosesor Haswell di dalamnya.

Biasanya ini tidak akan menjadi masalah besar, karena setiap laptop saat ini akan memiliki lebih dari cukup daya pemrosesan untuk tugas-tugas sehari-hari, seperti surfing Web, pemutaran video HD, jaringan media sosial, dan bekerja pada dokumen kantor yang bersifat dasar. Untuk itu, dalam beberapa tahun terakhir ini, dengan prosesor terbaru dan tebesar yang muncul bukanlah sebuah prioritas paling tinggi di pasaran. Terus terang, rata-rata konsumen tidak akan merasa banyak perbedaan dalam berselancar di Web pada laptop kelas dasar yang masih menggunakan prosesor Intel Core i3 dengan Core i7.

Tapi dengan meningkatnya jumlah Haswell PC (dan Mac), hasilnya baterai dari laptop ini menghasilkan hasil yang mengesankan. PC yang dilengkapi dengan Haswell juga menawarkan grafis Intel terintegrasi yang lebih baik, baik HD 5000, HD 4600, atau HD 4400 dibandingkan menawarkan prosesor grafis Intel HD 4000 yang dikenal telah usang.

Contoh kasus: Apple MacBook Air 13 inci versi 2012 mampu bertahan selama 7 jam dan 27 menit. Sedangkan versi 2013 dengan CPU Haswell mampu bertahan selama 14 jam dan 25 menit pada pengujian yang sama. Sony VAIO Pro 13 yang juga ditanami dengan Haswell mampu bertahan selama 9 jam, dan bahkan laptop gaming Razer Blade mampu bertahan selama lebih dari 7 jam.

Bagaimana cara untuk memilih yang tepat

Jawaban dari pernyataan di atas adalah: Anda harus menunda beli PC tertentu jika masih memiliki prosesor i-series generasi ketiga Intel Core dan menunggu untuk versi Haswell. Beberapa sistem populer, termasuk Lenovo Yoga, Surface Pro Microsoft, dan Apple MacBook Pro belum diumumkan secara resmi kapan kehadiran garisnya ini untuk mengusung sistem CPU Haswell terbaru.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa saran untuk Anda sebelum Anda memutuskan untuk beli PC baru bagi kebutuhan Anda.

  • Desktop dan laptop besar: beli sekarang

Mengingat kenaikan moderat dalam kinerja aplikasi yang sebenarnya (termasukHD 5000 graphics), jika Anda menunda untuk alasan kinerja, maka jangan. Untuk desktop tradisional atau all-in-one tanpa baterai, prosesor generasi terakhir bukanlah suatu masalah besar. Hal yang sama juga berlaku pada tingkat lebih rendah, untuk laptop 15-inci dan lebih besar, yang menurut sifatnya menghabiskan sebagian besar waktu mereka ditambatkan ke sebuah meja dan sumber listrik. Di sisi lain, laptop gaming seperti Alienware 14 dan Toshiba Qosmio X75, sudah pindah ke Haswell.

 

Baca juga :

               Asus X540SA, Laptop 3 jutaan dengan Layar Superlebar

               Punya Smartphone Samsung Seri Galaxy? Ada Update Terbaru Lho!

 

  • Membeli Ultrabook: carilah satu yang mengusung Haswell

Beberapa laptop ultrathin terbaik, yaitu Apple MacBook Air, Sony Vaio Pro yang baru yang mana keduanaya tersedaia dalam ukuran 11 dan 13 inci dan Acer Aspire S7 sekarang memiliki CPU Intel yang baru. Baterai pada mesin ini benar-benar menakjubkan, dan Anda akan benar-benar merasa merugi jika Anda membeli Ultrabook dengan harga tinggi namun tidak mengusung Haswell di dalamnya. Ini tentu akan disesalkan untuk menghabiskan lebih dari Rp16 jutaan hanya untuk membeli Toshiba Kirabook atau  Lenovo Helix dan tidak mendapatkan prosesor terbaru.

  • Tablet/hibrid: Tunggu untuk Haswell

Tablet dirancang untuk menjadi mesin portabel yang dapat digunakan sehari-hari dengan mudah, amun sampai saat ini, banyak model Windows dari Lenovo Yoga hingga Microsoft Surface Pro belum mendapatkan prosesor model terbaru. Jika Anda ingin mendpatkan mesin seperti ini, ada baiknya Anda menantikan kehadiran Haswell ke dalam mesin ini. Dengan kata lain, jika Anda menyukai tampilan dan nuansa dari sebuah tablet Windows saat ini, maka Anda harus menunggu Haswell untuk performa yang maksimal. Untungnya, beberapa laptop hibrid seperti Dell XPS 12, saat ini datang dengan prosesor seri terbaru. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel