Cara Menghilangkan Virus Malware Delta Homes yang Berwujud Mesin Pencari

14 Oct 2013 12:00 28810 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Akhir-akhir ini banyak sekali tipe virus yang sangat samar keberadaannya. Virus semacam ini biasanya menyerang dengan menyusup pada sebuah program.  Salah satu contohnya adalah virus malware yang menyembunyikan identitasnya sebagai mesin pencari.

Akhir-akhir ini banyak sekali tipe virus yang sangat samar keberadaannya. Virus semacam ini biasanya menyerang dengan menyusup pada sebuah program. Salah satu contohnya adalah virus malware yang menyembunyikan identitasnya sebagai mesin pencari. Virus tersebut secara tiba-tiba muncul sebagai search engine seperti google.com, ask.com, yahoo.com, dsb.  Virus berupa malware tersebut adalah Delta-homes com. Bagaimana cara menghilangkan virus malware yang satu ini? Simak pembahasan tentang Delta-homes dan tips-tips untuk menghilangkan Delta-homes atau Delta Search ini.

Pengertian Delta-homes 

Sebelum mengetahui cara menghilangkan virus malware ini, kenali terlebih dahulu apa itu Delta-homes? Delta-homes merupakan situs pencari yang secara tidak terduga terpasang sendiri di browser Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Google Chrome. Biasanya ketika Anda sedang menginstal sesuatu, ada permintaan untuk menambahkan Delta-homes sebagai mesin pencari utama menggantikan mesin pencari default yang telah Anda atur. 

Awalnya, Anda akan merasa bahwa virus yang satu ini berperan layaknya mesin pencari. Tampilan antarmukanya cukup meyakinkan sebagai mesin pencari berkelas. Anda akan mudah menelusuri website yang Anda suka. Anda juga diberi kemudahan dalam mengakses berbagai situs jejaring sosial. Pada halaman pertamanya, ada ikon facebook, twitter, serta situs populer lainnya. Anda juga diberi kemudahan menelusuri website seperti halnya di Google.  Semudah itu Anda menemukan gambar, video, berita dan sebagainya hanya lewat mesin pencari ini. 

Sayangnya, hal-hal tersebut hanya berupa kamuflase saja. Ketika Anda menggunakan Delta-homes com, maka Anda akan diarahkan pada situs-situs yang berisi malware yang berbahaya. Lebih parah lagi, ketika Anda masuk situs jejaring sosial menggunakan jalan pintas dari Delta-homes com, ada kemungkinan data pribadi Anda terambil dan potensi akun sosial Anda terbajak sangat besar. Merepotkan bukan? Untuk itu mari buang Delta-homes ini. Namun cara menghilangkan virus malware yang satu ini tidaklah semudah menghapus mesin pencari pada setelah di browser yang Anda gunakan.

Cara Menghapus Delta-homes

Cara menghilangkan virus malware Delta-homes  adalah dengan membuangnya dari peramban. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke Control Panel kemudian masuk ke Add or Remove Program, dan unisntall delta homes dari sana. Langkah ini sebenarnya langkah umum dalam menghapus suatu program. Untuk itu selain delta homes, hapus pula program-program yang dianggap sebagai pembawa malware ini. Program-program yang membawa virus ini umunya adalah program bajakan yang dipasang menggunakan crack. Meski tidak sepenuhnya benar dengan hal itu. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Jika ragu gunakanlah program-program semacam “Spyhunter” untuk mengindentifikasi hal ini.

Laangkah kedua pada tahap cara menghilangkan virus malware Delta-homes adalah dengan mengecek  browser atau peramban Anda. Langkah kedua ini sekiranya perlu dilakukan, mengingat langkah pertama tidak akan sepenuhnya berhasil menghapus Delta-homes. Periksalah ekstensi peramban pada Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome. Jika pada bagian ekstensi atau add-on terdapat Delta-homes sebaiknya hilangkan atau buang. Bila gagal, gunakanlah program berupa antimalware dan pindailah komputer Anda. 

Jangan senang dulu, karena langkah kedua yang dilakukan ternyata hanya memberhentikan Delta-homes menayangkan iklan atau pop-up yang tidak perlu dan mengganggu. Cara menghilangkan virus malware Delta-homes pada tahap ketiga adalah menghapusnya secara manual. Untuk browser Internet explorer dan Google Chrome langkahnya cukup sederhana. Setelah melalui dua tahapan penghapusan, maka masuklah pada pengaturan mesin pencari dan tinggal buang Delta-homes dari daftar untuk (Internet explorer). Untuk Google Chrome, setelah menghapus Delta-homes, bukalah startup dan bukalah tab kosong atau halaman baru. Kelolalah pengaturan halaman disini. 

 

Baca juga :

               "Viking Horde," Virus Android Terbaru di Tahun 2016

               Penasaran Kenapa Komputer Anda punya Banyak Microsoft Visual C++ Redistributable?

 

Untuk browser Mozilla Firefox sedikit rumit.Perhatikan langkahnya berikut ini 

Anda perlu membuka Mozilla Firefox terlebih dahulu. Pada address bar ketikanlah about:config dan kemudian tekan enter. Setelah itu klik pilihan  I’ll be careful, I promise!
Ketikan perintah browser.newtab.url . Setelah melakukan pilihan ini akan ada muncul beberapa nama dan Delta  Search  (delta homes) ada disana sebagai alamat URL utama. 
Setelah itu lakukan klik kanan pada browser.newtab.url. Akan ada beberapa pilihan yaitu : Modify, Copy, Copy Value, Copy Value, New dan Reset. Abaikan pilihan lain dan pilihlah Reset. Setelah melakukan Reset, malware yang berubah wujud menjadi mesin pencari tersebut  akan terbuang.
Untuk mengoptimalkan penghapusan, tuliskan Delta Search pada kotak pencarian. Tunggulah sampai muncul banyak kata kunci yang berhubungan dengan Delta-homes  atau Delta Search. Reset-lah semuanya dan restart Firefox Anda. 

Demikianlah informasi tentang Cara menghilangkan virus malware Delta-homes di browser Anda.  Untuk berjaga-jaga agar Delta-homes tidak menyerang lagi, berhati-hatilah dalam memasang program. Ikuti secari detail proses instalasi dan hindari untuk terus menekan Next. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel