Houzz, Situs Jejaring Sosial Mencari Inspirasi Desain Rumah

10 Oct 2013 13:00 3385 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Lebih dari 65.000 profesional dibidang disain dari seluruh penjuru negeri telah mengupload gambar lebih dari 2.189.151. yang membuat seperti flip book yang berisi dapur ala Inggris dan kamar mandi Mediterania

Berbagai situs jejaring sosial saat ini terus bertambah dengan membawa keunikan masing-masing. Seperti yang akan kita bahas kali ini, Houzz. Sebuah situs microblogging yang bertujuan mempertemukan arsitektur, kontraktor dan Desain interior dengan pemilik rumah. Dan saat ini, situs ini menjadi situs yang memiliki gambar Desain rumah paling banyak di internet. Lebih dari 65.000 profesional dibidang Desain dari seluruh penjuru negeri telah mengupload gambar lebih dari 2.189.151. yang membuat seperti flip book yang berisi dapur ala Inggris dan kamar mandi Mediterania. Gambar-gambar ini di atur dalam data base dan bisa dicari dengan filter style, warna, material dan area geografis.

Situs ini didirikan oleh Tatarko dan Cohen. Awal mulanya karena mereka tidak menemukan banyak gambar Desain rumah di internet. dan keinginan mereka untuk membangun rumah impian sudah menggebu-gebu. Bertanya kepada Desainer satu dan yang lain tetapi memakan waktu yang cukup lama dan juga dana. Karena itulah ide ini muncul.

Desain Userinterface sederhana

Dilihat dari Desainnya, situs ini tidak terlalu menonjol seperti Facebook atau Twitter. Ketika Anda sudah masuk ke dalam situsnya (setelah mendaftar) yang pertama kali terlihat adalah foto Desain ruangan rumah yang bisa Anda ganti-ganti dengan mengklik tanda panah kanan atau kiri. Dibawahnya Anda akan melihat thumnail foto Desain interior dan eksterior rumah. Kemudian pada sebelah kanan ada Feed dan Discussion.

Walau disainnya sederhana namun situs ini memberikan userinterface yang lengkap sekali, terutama masalah mengorganisir foto-foto. Disebelah atas Anda akan disuguhi menu Browse Room, Find Local Pros, Idea Book dan Discussion. Kemudian disebelahnya terdapat kolom search.

Browse Room berguna sebagai foto berdasarkan ruangan rumah kita misalnya, dapur, kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja dan lain-lain. Ketika Anda memilih dapur misalnya, maka akan disajikan pula jenis-jenis disain dapur yang ada pada situs ini.  Dan disainnya itu banyak sekali.

Find Local Pros merupakan menu yang akan mengarahkan Anda untuk melihat hasil karya atau rekomendasi dari profesional-profesional disain dan arsitektur. Kumpulan profesional ini juga bisa Anda saring dengan mengklik menu link yang ada di sebelah kiri halaman. Hingga artikel ini ditulis ada 96.312 arsitek dan disainer yang bergabung dengan jejaring sosial ini.

Beranjak ke menu idea Idea Book. Ini berisi foto-foto disain yang sudah Anda kumpulkan. Untuk mengumpulkan foto-foto disain rumah Anda cukup mengklik foto yang Anda sukai kemudian pilih tombol Save to Idea Book. Ini semacam galery foto bila di Facebook, Twitter atau Plimbi. Foto-foto ini bisa diberi koemtar oleh orang lain, menulis reviewnya dan fitur lainnya. Kita dibuat cukup leluasa untuk berbincang dan share foto-foto yang kita pilih.

 

Baca juga :

               Ironi Cyberbullying, Membuli Lewat Dunia Maya

               5 Cara Berwisata sambil Meningkatkan Kualitas Hidup Kita sebagai Seseorang

 

Discussion merupakan menu yang berisi diksusi disan-disain penghuni jejaring sosial ini. Kalau di jejaring sosial lainnya mungkin ini adalah status para pengguna. Bedanya, bila di jejaring sosial umum banyak yang membuat status narsis atau alay, di sini hanya berhubungan dengan disain rumah saja.

Untuk menulis status Anda bisa memilih topik dari menu drop down. Ada pilihan topik Design Dilemma, Before After, Using Houzz, Other dan Make This Poll. Mungkin karna ini mengutamakan fot-foto disain maka ketika kita ingin membuat status, muncul jendela pop-up yang menyarankan kita untuk mengunggah foto. Pada menu ini, Anda juga bisa melihat daftar komentar yang paling populer dan juga Featured Discussion.

DI sudut atas Anda akan menumukan tombol untuk mengupload, chart dan Your Houzz. Chart? Apakah ini situs belanja? Ya, Anda bisa membeli produk-produk yang mereka tawarkan. Namun di sini tidak ada produk selain untuk disain rumah. Barang-barangnya cukup unik dan menarik. Walau Anda tidak berkeinginan membeliny dari situs ini yang mungkin karena jarak, Anda bisa menemukannya di toko-toko lain di Indonesia. Sepertinya toko di Indonesia banyak memiliki barang-barang yang lebih baik dari yang mereka tawarkan.

Your Houzz adalah tombol profil Anda. Ini akan menunjukkan halaman profil Anda. Di sebelah kiri merupakan menu-menu personal seperti Idea Books, Photo, pesan dan lain-lain. Untuk melengkapinya menjadi situs jejaring sosial, Anda bisa mem-follow akun-akun lain untuk menjadi teman Anda.

Kesimpulan

Situs ini memang baik sekali untuk orang-orang yang berkeinginan membangun rumah. Bila Anda suka mendisain sendiri rumah Anda, situs ini menjadi tempat mencari inspirasi mau bagaimana bentuk rumah Anda luar dan dalamnya. Bagi disainer, ini bisa menjadi tempat memamerkan hasil karya Anda, berdiskusi dengna orang-orang yang sudah profesional, mencari pelanggan dan lain sebagainya. Sayangnya. Situs ini didominasi orang-orang Eropa. Bahasa mayoritas adalah bahasa Inggris. Bila nanti orang Indonesia banyak yang menggunakan situs ini mungkin kita akan banyak menemukan diskusi, akun, foto, komentar Indonesia. Silahkan kunjungi websitenya http://www.houzz.com.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel