Bagaimana Cara Memperbaiki Komputer Gaming terhadap Masalah Umum yang Sering Terjadi

9 Oct 2013 18:00 13554 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apapun katanya, bermain game di PC desktop selalu lebih baik, walau Anda membandingkannya dengan laptop gaming atau konsol. Namun banyak orang yang masih menikmati bermain di konsol dan alasan sangat jelas. PC merupakan gabungan komponen yang rumit dan banyak. Bila salah satu komponen tidak mendukung game Anda maka otomatis game tidak bisa berjalan dengan mulus.

Apapun katanya, bermain game di PC desktop selalu lebih baik, walau Anda membandingkannya dengan laptop gaming atau konsol. Namun banyak orang yang masih menikmati bermain di konsol dan alasan sangat jelas. PC merupakan gabungan komponen yang rumit dan banyak. Bila salah satu komponen tidak mendukung game Anda maka otomatis game tidak bisa berjalan dengan mulus. Karena itu orang lebih suka konsol yang lebih simple dan tinggal pakai.

Dan karena kekomplekan dai PC, banyak permasalahn   yang timbul ketika bermain game. Permasalahan ini sebenarnya sudah umum. Tetapi tetap saja sering terjadi dan sebagian besar dari gamer tidak terlalu perduli dengan permasalahan ini. Atau ingin mudahnya saja, bila grafik tinggal ganti VGA, bila suara tinggal ganti sound card padahal belum tentu separah itu hingga hingga harus ganti perangkat. Mari kita lihat cara memperbaiki komputer dari masalah yang paling umum dijumpai pada PC-Gaming.

Artifacts dan Glitches

Artifact atau gangguan yang paling mudah di identifikasi dengan ciri keanehan grafis. Game geometri mungkin akan hilang, meningkat, tekstur yang aneh atau warna yang berantakan. Kadang juga terjadi dengan gejala layar mati, berdekip atau yang lainnya. Masalah seperti ini biasanya karena kartu video masih meraba-raba informasi yang dikirim padanya. Salah satu yang paling sering menjadi masalah adalah driver yang sudah usang, atau Anda menjalankan versi beta dari sebuah driver, ini juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengupdate versi terbaru dari driver Anda carilah di Google dengan syarat dari sumber yang legal.

Penyebab lainnya adalah kartu grafis terlalu pana atau bisa juga fail. Periksa kartu grafis dengan softwarre seperti Tthrotle. Jika kartu grafis Anda berada pada suhu 100 derajat celcius, ini terlalu panas. Harusnya suhu terlihat baik-baik saja, coba download Furmark dan jalankan tes. Jika Artifacts muncul maka kartu grafis Anda agak bermasalah.

Lag yang Berlebihan

Anda sedang bermain FPS tiba-tiba beberapa detik game patah-patah, akhirnya Anda tergeletak menjadi mayat. Ini sangat mengesalkan. Apalagi ternyata menembak kearah yang tidak jelas karena aksi patah-patah tersebut. Ini sering terjadi di game online dan memang sangat menyebalkan. Bayangkan ketika Anda sudah siap siaga menyergap lawan ketika bermain Dota, Anda ketinggalan beberapa detik. Ini bisa berakibat fatal pada tim Anda. Mudah-mudahan tidak di maki tim kita.

Permasalahan ini sangat erat hubungannya dengan koneksi internet Anda. Rata-rata untuk ping yang normal adalah 100-200 ms. Lebih dari itu, Anda mungkin telat beberapa detik. Untuk bermain FPS seperti Point Blank, ping di bawah 50 sangat di sarankan.

Sebelum bermain game pastikan dulu beberapa hal yang mengganggu internet Anda seperti download, video atau audio streaming atau website yang banyak mengandung flash atau java. Ini cukup membebani koneksi Anda. Bila Anda menggunakan jaringan Wi-Fi, lebih baik menggunakan yang lebih pasti seperti PassMark WirelessMon. Harganya US$24 untuk versi standar , tetapi ada versi trialnya untuk 30 hari. Jika sinyal masih kecil, cobalah dekati router Anda.

 

Baca juga :

               Review Laptop Gaming Tipis HP Omen 15-5117TX

               Asus X540SA, Laptop 3 jutaan dengan Layar Superlebar

 

Temporary Freezing/Hang

Cara memperbaiki komputer selanjutnya dari masalah freezing. Ini cukup sering terjadi pada komputer, terlebih Anda menjalankan game yang sebenarnya tidak kuat pada komputer Anda. Ini bisa berakibat komputer freez atau hang, bahkan malahan bisa juga blue screen. Tetapi kadang juga freez ini hanya beberapa detik saja. Tetapi di game, terutama game online beberapa detik saja itu sangat berharga. Anda ketinggalan 2 detik, nyawa adalah taruhannya.

Ini biasanya terjadi karena kinerja komputer Anda. Hang bisa terjadi karena kekurangan sumber daya secara tiba-tiba. Kemudian menunggu komputer untuk mengejar ketertinggalan. Pastikan RAM komputer, kartu video, prosesor dan hardisk memenuhi spesifikasi developer. Jika tidak memenuhi, Anda perlu meng-upgrade. Kemudian downloadlah driver dari kartu grafis terbaru Anda. Untuk hardisk biar sisakan paling tidak 10% agar tidak terlalu padat.

Yang perlu Anda perhatikan juga adalah refresh rate monitor Anda. Rata-rata monitor memiliki refres rate 60Hz atau bisa dibilang 60 kali refresh perdetik. Tetapi game saat ini banyak yang membutuhkan refresh rate lebih dari itu. Dan ketika monitor tidak mampu merefresh seperti yang diminta game maka akan terjadi masalah.

Perbaikan yang paling populer saat ini adalah pengaturan di dalam game yang bernama V-Sync yang berguna untuk mengatur refresh frame rate.    V-Sync biasanya di atur agar menurunkan frame rate menjadi 60Hz. Atau bila Anda memang ingin maksimal pada grafik, Anda bisa membeli monitor dengan frame rate 120Hz.

Stuttering

Permasalah ini berbeda dengan frezz/hang karena bekerja pada tingkat kecepatan yang lebih tinggi bahkan mungkin pada hitungan milisecond. Mungkin bila dilihat sekilas saja tidak akan terlalu terlihat tetapi pada gerakan yang cepat.

Setup-Multi GPU adalah salah satu penyebab utamanya. Secara teoritis mereka memang berfungsi mengurangi Stuttering ini tetapi padakenyataannya sinkronisasi tidak semulus itu. Ini karena pola frame yang tidak merata atau tiba-tiba menjadi sangat tinggi.

Untuk memperbaiki ini salah satunya adalah men-disable kartu grafik ini, tetapi itu tidak ideal. Jika Anda menggunakan NVidia coba donwload driver terbaru karena perusahaan ini telah banyak bekerja untuk mengatasi stuttering. Untuk AMD, belum terlalu berpengalaman dalam menyelesaikan permasalahan ini, tetapi Anda bisa mencoba versi beta driver mereka. 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel