Tips Menjaga Keamanan Aplikasi Dropbox

24 Apr 2015 21:00 20488 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dropbox merupakan aplikasi yang pertama kali membawa fitur penyimpanan awan secara masal yang dapat digunakan oleh setiap orang. 

Dropbox merupakan aplikasi yang pertama kali membawa fitur penyimpanan awan secara masal yang dapat digunakan oleh setiap orang. Sayangnya, seiring berjalannya waktu aplikasi Dropbox justru mengalami banyak penurunan jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Google Drive ataupun Sky Drive. Salah satu hal yang paling disoroti adalah masalah keamanan yang dimilikinya. Banyak orang yang menyatakan jika aplikasi Dropbox sangatlah tidak aman dan cukup beresiko jika Anda menaruh file rahasia di sana.

Bagi Anda yang sudah terlanjur jatuh cinta dengan Dropbox dan tidak ingin beralih ke media penyimpanan awan yang lain, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya kali ini Plimbi akan mengulas beberapa tips serta trik untuk menjaga keamanan aplikasi Dropbox Anda dari berbagai tindak kejahatan. Berikut langkah-langkahnya.

Otentikasi 2 Langkah

Pada tahun lalu, dropbox mulai menerapkan sistem otentikasi 2 langkah. Dengan sistem ini Anda dapat melakukan login dengan memasukan lebih dari satu password. Dengan begitu Anda harus melakukan 2 kali verifikasi agar sistem dropbox benar-benar mengenali bahwa Anda adalah pemiliki asli dari akun tersebut.

Otentikasi dua langkah ini mengharuskan Anda untuk memsukan password, dan kemudian dropbox akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon Anda. untuk mengaktifkan sistem otentikasi 2 langkah ini Anda anrus mengikuti langka di bawah ini:

  • Log ini ke akun Anda secara normal
  • Klik pada nama akun Anda di sebelah kanan atas kemudian pilih settings
  • Klik opsi security tab
  • Pada bagian account sign in, pilihlah opsi enable pada pilihan two-step verication
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga selesai

Aktifkan Email Notifications

Walaupun pemberitahuan via email kadang cukup mengganggu jika terlalu sering memberikan pemberitahuan, namun hal tersebut sangatla berguna untuk mencegah adanya penyusup ke akun dropbox Anda.

Dengan mengaktifkan fitur ini, maka dropbox akan selalu memberitau Anda setiap ada aplikasi ataupun perangkat yang terubung ke akun dropbox Anda, dengan begitu Anda dapat mengetahui siapa saja yang terhubung ke akun tersebut untuk menghindari adanya penyusup yang tidak diinginkan.

Aktifkan Selective Sync

Selective Sync merupakan fitur dropbox yang memungkinkan Anda untuk hanya mensinkronisasi folder tertentu saja. Walaupun fitur ini tampak biasa-biasa saja, namun sebenarnya fitur ini sangat berguna untuk keamanan.

Sebagai contoh, jika salah satu perangkat Anda tercuri, maka perangkat tersebut anya akan bisa mengakses folder tertentu saja sehingga otomatis folder yang lain akan aman.

 

Baca juga :

               Bersiaplah, Mailbox dan Carousel akan Ditutup Dropbox

               Inilah 9 Masjid Terindah Di Bandung !!

 

Unlink Perangkat dan Aplikasi yang tidak Dikenal

Ketika ada perangkat atau aplikasi yang terhubung ke akun dropbox Anda, maka dropbox akan langsung mencatatnya. Pada tab security Anda dapat melihat perangkat atau aplikasi apa saja yang terhubung ke akun Anda tersebut.

Dengan begitu Anda dapat langsung memutuskan hubungan jika Anda salah satu di antara perangkat dan aplikasi tersebut yang tidak Anda kenali untuk mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Perangkat yang telah diputuskan tersebut uga tentunya membutuhka izin dari Anda jika ingin terhubung kembali.

Gunakan Aplikasi untuk Enkripsi Data

Cara selanjutnya yang cukup ampuh untuk menjaga keamanan akun dropbox Anda adalah dengan menggunakan aplikasi untuk mengenkripsi data. Hal ini sangatlah berguna karena file yang Anda unggah ke dropbox akan terenkripsi sehingga tidak akan bisa terbaca oleh orang lain. Dengan begitu para hacker yang mencuri data Anda harus mendekripsinya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya.

Proses dekripsi tersebut tentu saja bukan sebuah proses yang mudah dilakukan. Terdapat beberapa aplikasi enkripsi untuk dropbox yang bisa Anda gunakan, seperti BoxCryptor, Viivo, TrueCrypt, dan lainnya.

Gunakan Password yang Sulit Ditebak

Cara terakhir dan merupakan cara yang paling banyak disarankan oleh setiap orang adalah menggunakan kombinasi password rumit yang tidak mudah diketahui orang lain. Tips ini mungkin terdengar cukup basi, namun trik ini tetap menjadi syarat utama yang menjadikan akun dropbox Anda aman dari berbagai ancaman. Dengan begitu, Anda disarankan untuk membuat password unik yang terdiri dari kombinasi hurup, angka, maupun simbol agar tidak ada orang yang dapat dengan mudah mengenalinya. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel