Kuasai Dan Manfaatkan Google Maps Dengan Tips Ini

2 Oct 2013 07:00 24056 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sudah lama sejak Google Maps mengalami kompetisi nyata. Saat ini, Bing Maps menawarkan beberapa tingkat kesulitan tapi tidak cukup sampai di situ. Kita semua telah menggunakan Google Maps untuk beberapa tahun, namun tahukah Anda bahwa ada puluhan tips Google Maps yang dapat Anda gunakan untuk memberdayakan pengalaman pemetaan Anda?

Sudah lama sejak Google Maps mengalami kompetisi nyata. Saat ini, Bing Maps menawarkan beberapa tingkat kesulitan tapi tidak cukup sampai di situ. Kita semua telah menggunakan Google Maps untuk beberapa tahun, namun tahukah Anda bahwa ada puluhan tips Google Maps yang dapat Anda gunakan untuk memberdayakan pengalaman pemetaan Anda?

Google telah bekerja keras untuk terus meningkatkan layanannya tahun demi tahun. Google Maps telah menerima fitur baru dan perbaikan secara teratur dan perubahan terbaru, yang dapat Anda coba. Perlu diingat bahwa itu masih dalam tahap beta, jadi mungkin ada banyak bug dan beberapa fitur yang mungkin tidak ada.

Jadi bagaimana Anda dapat memanfaatkan Google Maps secara maksimal? Apa trik yang bisa Anda manfaatkan? Berikut ini beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan Google Maps Anda.

Simpan Lokasi Rumah dan Tempat Kerja

Google Maps memiliki fitur yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengatur lokasi rumah dan tempat kerja Anda. Jika Anda sering menggunakan lokasi-lokasi ini di pencarian peta Anda, ini akan memangkas banyak pengulangan yang tidak perlu saat Anda harus mengetikkan alamat rumah lagi dan lagi.

Namun Anda bisa lebih kreatif dan menggunakan dua pengaturan ini untuk lokasi lain. Maksudnya, tidak ada yang membatasi Anda untuk mengatur lokasi rumah, misalnya rumah pacar Anda atau bahkan kampus. Anda dapat mengisinya dengan lokasi yang sering Anda kunjungi secara teratur dan menikmati penghematan kenyamanan waktu dengan cara tersebut.

Untuk mengatur lokasi tersebut, klik pada My Place di sidebar kiri, kemudian klik “Set home location” atau “Set work location”.

Jenis Arah

Sebagian besar pengguna Google Maps mungkin sudah mengetahui tip ini. Ketika Anda mencari arah menggunakan Google Maps, aplikasi ini secara default memberikan Anda arah mengemudi. Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda dapat menemukan arah dari berbagai jenis, termasuk berjalan, bersepeda, dan angkutan umum?

Jika Anda tinggal di pinggiran kota dan memiliki akses ke mobil pribadi, Anda mungkin tidak akan membutuhkan alternatif ini. Namun, jika Anda tinggal di kota dan tidak punya mobil, ini akan sangat berguna. Pilihan angkutan umum khususnya akan memberitahu Anda bus dan kereta apa yang harus Anda naiki (hanya untuk daerah-daerah tertentu) dan kapan angkutan tersebut tersedia di setiap perhentian.

Smart Search Queries

Untuk waktu yang lama, Anda mungkin hanya menggunakan Google Maps dengan mengetikkan alamat yang tepat dari tujuan yang dimaksudkan. Padahal mungkin sebagian perusahaan pasti sudah memasang mesin peta mereka dengan mesin pencarian lanjutan. Setelah Anda mempelajari seluk-beluk bar pencarian Google Maps, Anda akan menemukan target jauh lebih cepat.

Sebagai contoh, Anda bisa mengetikkan ‘taman di Bandung’ untuk menemukan semua taman di Bandung. Cukup sederhana, bukan? Kata kunci ‘dekat’ bekerja dengan cara yang sama. Google Maps juga dapat menangani beberapa permintaan yang lebih lanjut, seperti mencari persimpangan.

Anda dapat menggabungkan dua istilah pencarian bersama-sama dengan simbol pipa, seperti mencari taman|masjid untuk mencari taman dan masjid. Simbol minus akan mengecualikan kata kunci tertentu seperti mencari makanan cepat saji pizza, hingga mencari semua restoran cepat saji selain pizza.

Dan tahukah Anda bahwa jika Anda mengetikkan tAnda bintang tunggal (*) ke dalam kolom pencarian, Anda akan mendapatkan setiap titik penting di daerah tersebut? Ini bisa membingungkan jika Anda terlalu jauh, namun cara ini bagus untuk menelusuri daerah baru yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Info Layers

Di sudut kanan atas Google Maps, Anda dapat menurunkan menu yang memungkinkan Anda mengaktifkan beberapa tambahan layer yang berbeda, yang akan memberikan informasi lebih lanjut tentang suatu daerah.

Mengaktifkan ini terlalu banyak akan mengakibatkan banyak kekacauan, tapi ini sangat berguna jika Anda mencari sesuatu seperti data lalu lintas atau ikhtisar foto.

  • Traffic: menampilkan mana rute lalu lintas yang padat dan lengang. Google menyajika data lalu lintas secara real-time dengan warna indikator yang mengingatkan Anda tentang adanya kemacetan, seperti pekerjaan konstruksi.
  • Photos: menampilkan foto untuk semua poin penting yang menarik di daerah tersebut. Hal ini berguna untuk mendapatkan ide yang baik dari foto daerah yang ditampilkan, jika Anda ingin pergi ke sana.
  • Weather: mengubah sidebar kiri untuk menunjukkan kondisi cuaca dan prediksi cuaca daerah tersebut.
  • Terrain: mentransformasi peta untuk menampilkan informasi medan, seperti perkotaan, taman, bukit, pohon, dan lain-lain.
  • Bicycling: menampilkan jalur bersepeda di suatu daerah dan menilainya berdasarkan popularitas dan kemudahan penggunaan.

 

Baca juga :

               FBI Bobol iPhone Pelaku Penembakan di San Bernardino, Seperti Ini Reaksi Apple

               5 Cara Berwisata sambil Meningkatkan Kualitas Hidup Kita sebagai Seseorang

 

Menyesuaikan Arah dan Peta

Sangat mudah untuk membuat dan membagikan arah Anda dengan Google Maps. Ini jauh lebih mudah daripada menjelaskan melalui telepon atau SMS, ini juga menambahkan visual agar lebih mudah diikuti. Ketika membuat arah, Anda dapat menAndai lokasi khusus, menyorot jalan pintas, bahkan menambahkan komentar.

Anda juga dapat membuat peta dengan pin khusus yang menAndai suatu tempat agar lebih mudah dilihat. Peta-peta ini dapat digunakan untuk menAndai lokasi semua anggota dalam suatu tim, atau dapat digunakan juga untuk menAndai tempat makan favorit Anda, bahkan menAndai semua lokasi khusus yang ingin Anda kunjungi. Anda harus login untuk menyimpan semua lokasi yang dipin.

Ekstensi “Labs”

Google memungkinkan pengguna untuk masuk ke fitur beta melalui program Labs. Dengan Google Maps, Anda dapat mengaktifkan beberapa fitur bonus yang mungkin tidak sepenuhnya bebas bug tapi tetap berguna.

Satu-satunya kekurangan adalah, tidak banyak fitur Labs untuk Maps, misalnya Mail. Tapi dengan semua kehebatan Maps, kemungkinan akan ada banyak fitur Labs untuk kebutuhan Maps.

Kesimpulan

Sekarang Anda mengetahui beberapa rahasia Google Maps yang akan membantu Anda mencari dan menavigasi lebih baik dan lebih cepat dari sebelumnya. Tentu saja, jika Anda tidak pernah menggunakan salah satu tips dan trik ini, itu juga bagus selama Anda mampu melakukan segala sesuatu yang Anda inginkan dengan Google Maps. Fitur-fitur canggih ini ada untuk Anda yang ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari Google Maps.[RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel