Makers: Situs Video Kisah Perjuangan Perempuan Amerika yang Inspiratif

12 Jan 2014 17:00 2992 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak kalah dengan Youtube dan Vimeo, ada lagi satu situs video yang secara konten lebih baik dan lebih jelas segmentasinya. Situs video tersebut bernama Makers yang beralamat di http://www.makers.com/. Situs video ini tidak berisi konten hiburan, berita, video independen ataupun jenis video yang umum di youtube. Video yang diunggah di situs ini merupakan video yang akan memberikan inspirasi kepada pengunjungnya. 
 

Ada banyak situs video yang tersebar di dunia maya. Rata-rata situs tersebut memuat konten tentang hiburan baik musik maupun film.

Youtube misalnya. Situs video nomor satu ini telah menampung banyak sekali video baik berupa video musik, film, iklan, bahkan video propaganda atau kampanye. Video seperti berita internasional dan dunia pun ada di situs ini. Boleh dikatakan, Youtube merupakan situs yang menyajikan beragam video dari belahan dunia.

Tidak berbeda jauh dengan Youtube, situs video semacam Vimeo, Dailymotion, atau metacafe pun memuat konten yang serupa hanya saja jumlahnya lebih sedikit. Mungkin karena kalah populer dengan Youtube, ketiga situs video tersebut tidak begitu banyak memuat beragam konten. Namun sebenarnya Vimeo juga cukup populer, hanya saja pengunjung website ini lebih tersegmentasi.  Secara konten sendiri, Vimeo lebih terbatas karena video yang diunggah ke situs ini adalah video asli.

Tidak kalah dengan Youtube dan Vimeo, ada lagi satu situs video yang secara konten lebih baik dan lebih jelas segmentasinya. Situs video tersebut bernama Makers yang beralamat di http://www.makers.com/. Situs video ini tidak berisi konten hiburan, berita, video independen ataupun jenis video yang umum di youtube. Video yang diunggah di situs ini merupakan video yang akan memberikan inspirasi kepada pengunjungnya.

Makers, Situs Penuh Inspirasi

Situs video Makers mrupakan website hasil racikan PBS.org (Public Broadcasting Service) yang bekerjasama dengan America Online (AOL.com).  Tujuan dibuat situs Makers adalah  untuk memberikan inpirasi. Dengan konten video didalamnya, diharapkan para pengunjungnya bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dibandingkan situs  video lainnya.

Apa yang menarik dari situs video Makers ini? Situs ini ternyata memuat video yang berisi perjuangan tentang perempuan-perempuan hebat. Jelas dengan konten seperti itu, target pengunjung situs ini adalah kaum hawa. Lebih khususnya lagi para perempuan di Amerika. Namun bukan berarti pengunjung lain tidak bisa melihat situs ini. Situs video ini terbuka untuk siapapun.. Para pengunjung  bebas melakukan streaming pada video yang dipilih. Hanya saja sekali lagi situs vieo ini ditujukan khusus untuk kaum perempuan.

Video-video yang ada di situs video Makers jenisnya adalah film dokumenter. Seorang tokoh perempuan akan dikisahkan layaknya film dokumenter pada umumnya. Bercerita kehidupan sehari-hari, cerita kesuksesan sang tokoh  serta motivasi yang akan bermanfaat bagi yang menontonnya. Misalnya video tentang Hillary Clinton yang berkisah tentang perjuangan sampai masuk panggung politik. Tokoh perempuan lain yang cukup terkenal pun ada disini.  Mulai dari pembawa acara Oprah Winfrey, CEO Avon Andrea Jung , sampai pemain sepakbola wanita nomor satu di Amerika, Mia Hamm. Masih banyak pula kisah perempuan tangguh inspiratif  lainnya yang bisa pengunjung pilih. Bahkan pengunjung akan dimudahkan dengan kategori bidang yang ditekuni para tokoh perempuan itu.

 

Baca juga :

               4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10

               Asus X540SA, Laptop 3 jutaan dengan Layar Superlebar

 

Konten Blog yang Informatif

Selain menyajikan konten video dokumenter, situs video Makers juga memuat cerita perempuan lewat konten blog. Pada pilihan blog tersebut,  pengunjugn dapat membaca tulisan tentang kisah perempuan Amerika yang supr. Tidak hanya tulisan, terdapat juga galeri gambar berupa foto atau lukisan perempuan-perempuan yang dikisahkan. Ada pula tulisan berbentuk feature  yang disertai gambar. Tulisan-tulisan tersebut sangat bermanfaat karena memuat informasi tentang hal-hal yang belum diketahui tentang kisah perjuangan perempuan.

Menginspirasi Wanita Muda

Secara kesuluruhan, situs video Makers merupakan situs yang mendidik, memberi  motivasi dan isnpiratif. Contoh videonya yang inspiratif adalah video Oprah Winfrey. Pada video yang menceritakan pembawa acara OPRAH itu dikisahkan bahwa Oprah Winfrey yang sukses sekarang awalnya hanyalah seseorang yang bukan apa-apa. Berkat usaha dan kerja kerasnyanya ia bisa sampai pada tahap kesuksesannya. Ia sendiri bercerita tentang masalah-masalah yang kerap dihadapinya.  

Begitulah kurang lebih situs video Makers ini. Mungkin videonya tidak sebanyak Youtube maupun Vimeo, namun jelas bahwa Makers punya tujuan khusus dari hanya sekadar menghadirkan konten hiburan. American Online (AOL.com) sendiri berharap bahwa dengan adanya situsnya ini akan memberikan dampak positif bagi wanita muda. Situs ini  secara tidak langsung ingin mengajarkan sesuatu bahwa wanita pun bisa meraih mimpinya meski banyak rintangan, halangan, dan penuh ketakutan ketika meraihnya. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel