Cara Memeriksa SMS Dari Komputer Anda

28 Sep 2013 10:00 27188 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika anda adalah seseorang yang terus-menerus bekerja pada komputer, anda mungkin ingin tetap di komputer yang sama dengan beberapa gangguan yang mungkin terjadi. Gangguan terbesar yang mungkin adalah berpindah perangkat, yang akhirnya harus dilakukan jika sedang berada di tengah-tengah percakapan SMS dengan seorang teman

Jika anda adalah seseorang yang terus-menerus bekerja pada komputer, anda mungkin ingin tetap di komputer yang sama dengan beberapa gangguan yang mungkin terjadi. Gangguan terbesar yang mungkin adalah berpindah perangkat, yang akhirnya harus dilakukan jika sedang berada di tengah-tengah percakapan SMS dengan seorang teman. Ini sama sekali menghambat produktivitas anda, dan benar-benar menjengkelkan ketika anda harus mengirim 50 SMS bolak-balik.

Idealnya, anda harus dapat melihat dan mengirim langsung SMS dari komputer anda, bahkan tanpa harus menyentuh ponsel anda. Beruntung bagi anda yang memiliki perangkat Android, karena ada beberapa alat yang dapat melakukan hal tersebut, baik anda menggunakan Windows, Linux, atau Mac.

MightyText

Jika anda menggunakan ponsel Android, sebaiknya anda mencoba MightyText. MightyText adalah paket all in one yang melakukan segala sesuatu yang mungkin anda inginkan untuk mengirim SMS dari komputer.

MightyText terdiri dari dua bagian – pada dasarnya dapat dianggap sebagai server dan klien. Server adalah aplikasi yang anda instal pada ponsel anda, karena akan menerima pesan teks dari perangkat lain yang dikonfigurasikan dan mengirimnya melalui jaringan seluler anda, serta mengirimkan pesan yang anda terima dari jaringan seluler anda kepada perangkat lainnya. Klien adalah aplikasi yang anda gunakan pada perangkat lain untuk mengirim pesan teks.

Dari komputer, anda dapat menggunakan aplikasi web, dan dari tablet juga ada aplikasi untuk ini. Server dan klien berkomunikasi satu sama lain melalui login MightyText yang berbasis di sekitar akun Google anda – sama dengan bagaimana anda dapat masuk ke beberapa layanan menggunakan Facebook anda.

MightyText juga hadir dengan ekstensi Chrome, mendukung untuk mengirim teks dari Gmail melalui ekstensi Gtext, di mana anda dapat melihat beberapa percakapan sekaligus, notifikasi panggilan, dan peringatan paterai ponsel.

Ekstensi ini sangat mudah diatur, mudah digunakan dan bekerja dengan sangat baik. Yang anda butuhkan adalah koneksi internet untuk ponsel dan PC/tablet. Untuk ponsel, baik Wi-Fi dan data mobile bekerja dengan baik.

Mengirim dan Memeriksa Pesan dari:

- Tablet Android melalui aplikasi

- Ekstensi Chrome atau add-on Firefox pihak ketiga

- Browser melalui aplikasi web (konfigurasi untuk Internet Explorer)

Download di sini

 

Baca juga :

               5 Ponsel Terbaik Mulai 100-Ribuan yang Patut Anda Lirik

               Heboh! Akhirnya ASUS Merilis Smartphone Terbarunya Bernama ZenFone 3

 

AirDroid

Pilihan lain bagi pengguna ponsel Android adalah AirDroid. Sama halnya dengan MightyText, AirDroid terhubung dengan ponsel anda melalui aplikasi web. Satu-satunya kekurangan AirDroid adalah kedua perangkat harus berada pada jaringan Wi-Fi yang sama, namun ini tidak selalu mungkin, atau jaringan yang anda hubungkan memiliki keamanan yang tinggi (port blocking dan sejenisnya). Namun, setelah anda mengaturnya, anda akan mendapatkan antarmuka yang bagus yang dapat melakukan beberapa hal dengan telepon anda – termasuk pesan teks.

Ponsel dan komputer anda dapat dengan mudah diatur dengan menjalankan aplikasi ini pada kedua perangkat, kemudian cukup ikuti instruksinya. Sekali lagi, asalkan kedua perangkat berada pada jaringan Wi-Fi yang sama, maka prosesnya akan cepat dan mudah.

AirDroid sedikit tidak nyaman dibandingkan MightyText, namun masih bekerja dengan sangat baik dan memiliki fitur yang bagus.

Mengirim dan Memeriksa Pesan dari: browser melalui aplikasi web.

Download di sini

Google Voice

Alat ini tidak akan menggunakan nomor telepon yang terkait dengan ponsel anda, namun nomor telepon yang diberikan ke akun Google Voice. namun, karena semua SMS disimpan di server Google di Google Voice, anda dapat menggunakan ponsel, tablet, komputer dan perangkat apapun untuk memeriksa semua SMS dan membalasnya. Solusi ini hanya cocok untuk orang yang benar-benar menggunakan nomor Google Voice dan fitur Google Voice lainnya – jika tidak, anda harus mengganti nomor ponsel anda hanya untuk fitur SMS ini. Selain itu, pesan MMS tidak dapat bekerja dengan Google Voice.

Bagian terbaik mengenai solusi ini adalah, anda tidak harus menghubungkan komputer ke internet, atau bahkan menyalakannya. Anda dapat menyalakan komputer hanya untuk mengirim SMS. Ini karena setiap panggilan atau SMS dikirimkan ke nomor Google Voice dan akan diterima terlebih dahulu oleh Google, di mana ia akan menyimpan SMS atau meneruskan panggilan telepon ke nomor telepon anda yang sebenarnya. Oleh karena itu, pesan SMS yang diterima melalui nomor Google Voice anda disimpan di server Google bukan ponsel anda, dan anda dapat menggunakan aplikasi Google Voice Android/iOS atau aplikasi web untuk mengaksesnya.

Ketika pertama kali menginstal aplikasi mobile, alat ini akan membawa anda ke fitur Google Voice, jika anda belum memilikinya, atau cukup menghubungkannya jika anda sudah melakukannya. Ini adalah proses yang cukup mudah, namun hati-hati bahwa Google Voice akan mencoba untuk mengganti pesan suara operator nirkabel anda dengan miliknya. Anda dapat melewatkan bagian ini.

Mengirim dan Memeriksa Pesan dari:

- Browser melalui aplikasi web

- Perangkat Android atau iOS dengan aplikasi Google Voice

Download di sini.

Kesimpulan

Ketiga solusi ini adalah pilihan yang bagus jika anda ingin dapat melihat dan mengirim SMS langsung dari komputer anda. Masing-masing aplikasi ini memiliki setup yang dan daftar fitur berbeda yang dapat bekerja dengan baik untuk anda. Anda dapat mencobanya dan memilih mana yang sesuai dengan anda. Namun solusi ini hanya tersedia untuk Android, kecuali Google Voice, karena nampaknya Apple belum mengijinkan aplikasi lain menggali sistem operasinya untuk mengakses dan mengontrol pesan SMS. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel