Tips Agar Baterai Smartfren Andromax U Tidak Boros

26 Sep 2013 09:00 21813 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang mempunyai Smartfren Andromax U tetapi ingin baterainya tidak boros barnagkali tips berikut bisa membantu. Untuk diperhatikan, tips berikut ini bukan membuat baterai Smartfren Andromax U Anda mempunyai daya tahan yang bertambah melainkan hanya meminimalisir penggunaan. Hal-hal apa saja yang sebenarnya perlu diperhatikan untuk menghemat baterai Smartfren Andromax U? Berikut penjelasannya. 

Salah satu produk ponsel pintar yang cukup laku keras di Indonesia adalah Smartfren Andromax U. Ponsel pintar yang merupakan bundling dari Smartfren tersebut mendapat sambutan yang cukup hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Betapat tidak, para pengguna yang tadinya sensitif untuk masalah dana kini bisa memiliki smartphone yang satu ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, ponsel ini setidaknya sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan ponsel Android murah.

Smartfren Andromax U sendiri diotaki oleh dapur pacu Qualcomm Snapdragon MSM 8625. Prosessor ini merupakan prosessor dua inti yang berjalan pada kecepatan 1,2 Ghz dengan dukungan GPU Adreno 203 di dalamnya. Prosessor ini cukup baik dalam menjalankan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich didalamnya. Prosesor ini pun tidak begitu menguras daya sehingga ponsel cukup awet. Sayangnya, baterai Li-on 1800 mAh didalamnya ternyata agak boros. Barangkali karena banyak pengguna ponsel ini yang tidak bisa mengatur penggunaaanya sehingga daya tahan baterai menjadi berkurang.

Bagi Anda yang mempunyai Smartfren Andromax U tetapi ingin baterainya tidak boros barangkali tips berikut bisa membantu. Untuk diperhatikan, tips berikut ini bukan membuat baterai Smartfren Andromax U Anda mempunyai daya tahan yang bertambah melainkan hanya meminimalisir penggunaan. Hal-hal apa saja yang sebenarnya perlu diperhatikan untuk menghemat baterai Smartfren Andromax U? Berikut penjelasannya.

  • Matikan Fitur Wifi

Smartfren Andromax U memiliki dukungan terhadap konekstivitas Wi-fi. Sayangnya fitur ini ternyata menyedot daya yang cukup banyak. Untuk itu, jika Anda sedang tidak menggunakan fitur ini sebaiknya dimatikan saja. Nyalakan kembali Wi-fi jika Anda akan berinternet ria dengan konektivitas ini.  

  • Nonaktifkan Bluetooth

Sama halnya dengan Wi-fi, bluetooth pun merupakan salah satu fitur yang membuat Smartfren Andromax U menjadi tidak hemat daya. Fitur ini akan memakan daya baik ketika sedang digunakan ketika mengirim data maupun ketika sedang tidak digunakan. Untuk itu ada baiknya untuk tidak mengaktifkan bluetooth ketika sedang tidak digunakan.

  • Tidak Mengaktifkan GPS

GPS atau Global Positioning System merupakan salah satu fitur untuk menentukan suatu posisi. Fitur ini selalu hadir di ponsel Android menengah ke atas. Fitur ini tentunya terdapat pada Smartfren Andromax U.  Namun fitur ini akan mengonsumsi daya baterai meski tidak terlalu signifikan. Mengingat fitur ini biasanya jarang dipakai, sebaiknya dinonaktifkan saja. Jangan menganggap karena hanya memakan konsumsi daya yang rendah, GPS tetap dinyalakan. Sesuatu yang sedikit-sedikit namun terus menerus pada akhirnya akan habis juga.

 

Baca juga :

                Review Modem Mi-Fi Andromax M2Y

                Inilah Kesalah Pahaman Pada OS Android

 

  • Automatic Update = Off

Smartfren Andromax U memiliki fitur automatic update untuk sistem operasinya. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang tidak ingin repot dengan urusan pembaharuan program. Sayangnya fitur ini seperti paket layanan data yang akan membuat baterai menjadi lebih boros. Sebaiknya jangan hidupkan fitur ini agar baterai bisa menyala lebih lama.

  • Atur Kecerahan

Smartfren Andromax U menggunakan layar 4,5 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel. Layarnya sendiri memiliki kerapatan piksel sebesar 256 ppi dengan teknologi layar sentuh kapasitif. Berkat teknologi ini, gambar yang ditampilkan pada layar Smartfren Andromax U menjadi terlihat jelas dan tajam. Anda pun dapat mengatur tingkat kecerahan layarnya jika dirasa kurang jelas. Namun kecerahan yang berlebihan ternyata berpengaruh pada baterai yang menjadi boros. Untuk itu sebaiknya atur kecerahan menjadi lebih rendah dari standar jika Anda memang memprioritaskan baterainya untuk tahan lebih lama.

  • Gunakan Wallpaper Bawaan

Ponsel Smartfren Andromax U ini memiliki fitur Wallpaper 3D. Pengguna dapat dengan bebas memilih tema 3D pada wallpaper-nya. Namun hal ini tidak disarankan karena penggunaan Wallpaper 3D akan banyak mengambil daya baterai. Sebaiknya gunakan wallpaper bawaan saja atau wallpaper yang lebih statis

  • Jangan Menyalakan Mobile Network

Bukan Smartfren Andromax U saja yang baterainya boros hanya karena masalah internet. Ponsel Android lain biasanya mempunyai permasalahan yang sama. Untuk itu sebaiknya jika memang sedang tidak online sebaiknya matikan saja fungsi mobile network ini.

Demikianlah tips dan trik tentang bagaimana cara menghemat  baterai pada handphone Smartfren Andromax U. Tips dan trik tersebut bukan hanya berguna untuk berguna untuk Smartfren Andromax U namun juga untuk seri smartphone Andromax lainnya. Bahkan sebagian tips-tips tadi bisa digunakan pada ponsel Android yang lain. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel