Memberikan Perintah Windows Melalui SMS ke Komputer Anda dengan Mudah

24 Sep 2013 11:15 2986 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda sedang berada di jalan, terburu-buru untuk rapat pagi, kemudian Anda sadar telah meninggalkan komputer dalam keadaan menyala. Biasanya, Anda akan kembali ke rumah untuk mematikan komputer tersebut karena khawatir akan membuang-buang listrik saat komputer menyala, namun tidak untuk hari ini

Anda sedang berada di jalan, terburu-buru untuk rapat pagi, kemudian Anda sadar telah meninggalkan komputer dalam keadaan menyala. Biasanya, Anda akan kembali ke rumah untuk mematikan komputer tersebut karena khawatir akan membuang-buang listrik saat komputer menyala, namun tidak untuk hari ini. Hari ini, Anda menepi ke sisi jalan, memberikan perintah Windows dengan SMS yang menyatakan “shutdown #mycomputer”, kemudian melanjutkan perjalanan ke kantor. Selesai.

Skenario perintah Windows seperti di atas mungkin saja terjadi, mungkin Anda harus melakukan scan virus, membackup website, ping server  dan mengirimkan email, dan melakukan seluruh daftar pekerjaan langsung dari komputer di rumah Anda, sementara Anda tidak berada di rumah. Bukan hanya mungkin, namun sebenarnya ini sangat mudah dilakukan dengan menggabungkan Dropbox dan IFTTT, dan menulis Windwos Script sederhana. Jika Anda baru mengenal Dropbox, lihat terlebih dulu panduan lengkapnya.

Jangan takut, kami akan menunjukkan pada Anda cara mengatur sistem tersebut, cara menulis command Windows Script File pertama Anda yang adapat memicu menggunakan SMS, serta ada daftar beberapa skrip lain yang bisa Anda jalankan pada PC di rumah melalui SMS sederhana.

Mengatur Dropbox dan IFTTT

Begini cara sistem ini bekerja. Pertama, Anda mengirim SMS command ke IFTTT, yang mengambil perintah Anda dan menterjemahkannya ke file teks yang akan ditempatkan dalam folder khusus di akun Dropbox Anda. Sementara itu, Anda harus mengkonfigurasikan komputer Anda untuk memonitor secara teratur direktori tersebut dan memantau file teks. Ketika file teks baru terlihat, komputer Anda akan mengikuti perintah yang mengidentifikasi berdasarkan nama file.

Langkah pertama adalah membuat folder khusus di akun Dropbox Anda yang hanya ditujukan untuk memungkinkan IFTTT menempatkan file “perintah”. Setelah Anda melakukannya, pergi ke akun IFTTT dan buat resep baru. Pilih SMS sebagai saluran pemicu, kemudian “Send IFTTT an SMS tagged” sebagai pemicu. Ini memungkinkan Anda menentukan SMS khusus yang akan memicu IFTTT untuk mengambil tindakan. Anda dapat menghubungi tag khusus yang Anda inginkan, misalnya #mycomputer.

IFTTT menyediakan Anda nomor telepon khusus untuk mengirimkan perintah SMS. Catat nomor tersebut dan simpan ke daftar kontak ponsel Anda. Ini adalah nomor yang akan Anda gunakan untuk mengirimkan perintah ke komputer Anda dari jarak jauh.

Selanjutnya, masih di IFTTT, Anda harus memilih action “This”. Pilih saluran Dropbox Action, kemudian pilih action “Create a text file”.

Atur untuk menggunakan folder Dropbox khusus yang Anda buat, dan Anda dapat meninggalkan sisanya sebagai default. Anda akan melihat bahwa nama File dari file yang ditempatkan ke folder Dropbox adalah pesan yang Anda ketik ke dalam ponsel Anda. Jadi, jika Anda ingin IFTTT menempatkan file teks yang bernama shutdown.txt ke folder Dropbox Anda, maka Anda akan mengirim frase “shutdown.exe #mycomputer”, itu saja.

Sekarang IFTTT dikonfigurasi untuk menerima SMS dan memasukkan file teks yang telah Anda buat, langsung ke folder remote control khsus yang telah Anda siapkan di Dropbox untuk tujuan ini. Sekarang saatnya mengatur komputer Anda untuk memonitor folder khsus, dan menanggapi setiap kali ada file teks yang masuk.

Atur Komputer Anda

Hal pertama Anda harus menginstal Dropbox pada komputer Anda. Cukup pergi ke akun Dropbox Anda, klik pada dropdown nama profil Anda dan klik “Install Link”.

Setelah itu, Anda harus mengkonfigurasi Windows Skript yang akan memantau secara langsung folder Dropbox Anda dan mencari file teks baru yang muncul.

[removed]

Dim file1
Dim objShell
Dim strComputer
Dim strShutdown

Set file1 = CreateObject(“Scripting.FileSystemObject”)

If (file1.FileExists(“C:\Users\Owner\Dropbox\Remote_Control\shutdown.txt”)) Then
file1.DeleteFile “C:\Users\Owner\Dropbox\Remote_Control\shutdown.txt”
strComputer = “Owner-PC”

strShutdown = “shutdown.exe -s -t 0 -f -m \\” & strComputer
set objShell = CreateObject(“WScript.Shell”)
objShell.Run strShutdown
end if

Wscript.Quit
[removed]

Hal yang harus Anda lakukan adalah mengedit file ini dan menambahkan pernyataan “If” untuk setiap file teks dan perintah yang ingin Anda tambahkan ke sistem SMS-Command. Dalam skrip di atas, perintah “FileExists” memeriksa apakah perintah “shutdown.txt” ada di Dropbox atau tidak. Jika ada, maka hapus file tersebut, kemudian jalankan perintah Shutdown.

Simpan ini di manapun pada PC yang Anda sukai, kemudian atur jadwal task untuk menjalankannya pada beberapa frekuensi. Jangan lupa memilih “Wake the computer to run this task”, sehingga task tersebut akan tetap berjalan ketika Anda tidak berada di dekat  komputer.

 

Baca juga :

               4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10

               Mi Drone, Mainan Pesawat Quadcopter Terbaru dari Xiaomi

 

Memunculkan SMS Komputer Anda

Jalankan tes cepat, misalnya Anda mengirim SMS “shutdown #mycomputer” ke nomor telepon IFTTT, dan dalam waktu kurang dari 20 menit, Anda akan menerima file tersebut di akun Dropbox Anda.

Skrip dapat dipicu hanya dengan menggunakan  teks “pingsite #mycomputer”. IFTTT menempatkan “pingsite.txt” ke folder Dropbox, dan menjalankan setiap kode. Ini adalah solusi yang akan bekerja untuk script WSF. Cukup tambahakan ke file di bawah bagian baru mencari file text di bawah nama yang berbeda di folder Dropbox. Kemungkinan itu tidak terbatas. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel