Lima Kekurangan Smartphone iPhone 5S yang Harus Anda Ketahui

17 Sep 2013 08:00 20976 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Apple telah resmi memperkenalkan produk terbarunya, smartphone iPhone 5S dan iPhone 5C, dalam sebuah acara di markas mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/09/2013) lalu. Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Inc., Philip Schiller, menyebut bahwa iPhone 5S merupakan perangkat yang paling maju dari mereka, dan bahkan mungkin juga dalam sejarah produksi alat telekomunikasi.

Apple telah resmi memperkenalkan produk terbarunya, smartphone iPhone 5S dan iPhone 5C, dalam sebuah acara di markas mereka di Cupertino, California, Amerika Serikat, Selasa (10/09/2013) lalu. Senior Vice President of Worldwide Marketing Apple Inc., Philip Schiller, menyebut bahwa iPhone 5S merupakan perangkat yang paling maju dari mereka, dan bahkan mungkin juga dalam sejarah produksi alat telekomunikasi.

Smartphone iPhone 5S ini hadir dengan dukungan spesifikasi dan fitur yang canggih. Pada sektor dapur pacunya saja, Apple menanamkan prosesor A7, yang merupakan prosesor 64 bit pertama yang pernah dibuat untuk perangkat smartphone. Hasilnya, tentu saja memberikan tenaga berlipat yang mampu bekerja dua kali lebih baik dari perangkat lain yang sejenis. Selain itu juga ada chip M7 sebagai prosesor dari sensor gerakan.

Sementara itu, salah satu fitur hebat yang dimilikinya adalah sensor sidik jari, seperti telah dirumorkan sebelumnya. Sensor yang dipasang pada tombol home iPhone 5S ini merupakan sistem keamanan paling canggih yang pernah ada untuk perangkat smartphone. Kemudian, juga ada fitur untuk keamanan bagi privasi penggunanya, yang memungkinkan mereka menggunakan password pada kontak hingga email pada smartphone ini.

Sayangnya, semua teknologi hebat tersebut sama sekali tidak jauh berbeda dengan semua prediksi dan rumor mengenai iPhone 5S yang muncul sebelum smartphone ini diperkenalkan secara resmi. Dalam kata lain, ternyata tidak ada inovasi “wah” yang dilakukan oleh pihak Apple. Selain itu, beberapa spesifikasi dan fitur lainnya juga tidak banyak berubah dibandingkan dengan generasi pendahulunya iPhone 5.

Sebelum nantinya memutuskan untuk mengganti smartphone Anda dengan produk terbaru dari Apple ini, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu lima kekurangan pada perangkat iPhone 5S ini. Berikut ulasannya:

  • Ukuran layar masih hanya 4 inci

Ukuran layar 4 inci pada iPhone 5S sama saja dengan “saudara tua”-nya, iPhone 5. Begitu juga dengan resolusi yang digunakannya, 1136 x 640 piksel dengan kerapatan 326 ppi. Melihat spesifikasi layarnya itu, jelas saja perangkat ini bisa kalah dari smartphone dengan sistem operasi lain. Saat ini, banyak pabrikan besar yang sudah mengeluarkan smartphone dengan ukuran layar 5 inci dengan resolusi hingga Full HD 1080p.

  • Kekuatan prosesor tidak seimbang dengan spesifikasi lain

Dapur pacu yang dibawa iPhone 5S memang sangat bertenaga, baik dari segi kemampuan CPU maupun GPU. Tapi, ternyata itu hanya berlaku saat menjalankan aplikasi dan game. Sedangkan untuk operasional lainnya pada smartphone ini, prosesor tersebut tidak banyak memiliki peran. Selain itu, kekuatan yang tersedia tersebut tidak diimbangi dengan daya baterai yang lebih besar, sehingga mampu bertahan lama.

  • Tidak ada perbaikan kemampuan daya tahan baterai

Seperti telah dibahas di atas, Apple tidak banyak melakukan inovasi pada baterai iPhone 5S ini. Padahal, banyak pengguna smartphone saat ini lebih membutuhkan kapasitas baterai yang lebih besar dan kemampuan daya tahan yang lebih lama. Jika mereka mengakomodir hal tersebut, bukan tidak mungkin mereka akan bisa tampil lebih baik dibandingkan smartphone berbasis Android, atau setidaknya bisa menyamai.

 

Baca juga :

                Allo, Layanan Pesan Instan Buatan Google Dinilai Kurang Aman

               5 Hal Berikut ini Hanya dapat Dirasakan oleh Mereka yang punya Berat Badan Berlebih

 

  • Tidak tersedia kapasitas memori internal lebih besar

Meski sudah menyediakan tablet iPad dengan kapasitas memori internal 128GB, ternyata mereka belum mencobanya untuk iPhone 5S ini. Produk smartphone terbaru ini hadir hanya dengan versi 16GB, 32GB, dan 64GB, atau dalam kata lain sama saja dengan smartphone merek lainnya. Padahal, perkembangan banyak konten aplikasi dan game saat ini, cukup menguras memori. Belum lagi untuk menyimpan dokumen lainnya.

  • Minim inovasi baru

Fitur sensor sidik jari yang dibenamkan pada iPhone 5S ini memang menjadi teknologi terbaru dan tercanggih di dunia smartphone saat ini, seperti telah disebut sebelumnya. Sayangnya, selain itu, tidak ada lagi inovasi terkini yang dihadirkan Apple pada smartphone terbarunya ini. Meskipun sudah memasuki generasi ketujuh, kesannya malah tidak mewah sekali, dibandingkan pada saat iPhone pertama kali diluncurkan.

Memang tidak ada banyak kejutan pada smartphone iPhone 5S yang disebut-disebut sebagai yang tercanggih ini. Apalagi, sejumlah spesifikasi dan fitur yang diusungnya telah lama bocor di internet dan diketahui banyak orang. Fakta ini sekaligus juga semakin membuktikan bahwa pergantian generasi iPhone tanpa “S” ke seri “S” dari dulu, memang tidak membawa banyak perubahan besar seperti pada versi sebelumnya.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel