Cara Tepat dalam Memilih Aplikasi Belajar Anak untuk Smartphone

13 Sep 2013 10:00 2353 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkembangan pesat dalam dunia teknologi belakangan ini, memang sangat membantu setiap orang dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya. Bahkan, dalam mendidik anak-anak pun, para orang tua sudah bisa memanfaatkan sejumlah produk teknologi komunikasi terkini, melalui berbagai aplikasi terbaik untuk anak.

Perkembangan pesat dalam dunia teknologi belakangan ini, memang sangat membantu setiap orang dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya. Bahkan, dalam mendidik anak-anak pun, para orang tua sudah bisa memanfaatkan sejumlah produk teknologi komunikasi terkini, melalui berbagai aplikasi belajar anak.

Banyak aplikasi yang disediakan oleh penyedia layanan tersebut, yang bisa dijadikan sebagai sarana belajar yang kreatif, menarik dan tidak membosankan bagi anak-anak. Mereka bisa mulai mempelajari banyak hal yang sederhana melalui aplikasi belajar anak tersebut sedari dini. Manfaatnya, tentu saja dapat mengembangkan daya pikir dan kreatifitas mereka.

Meski begitu, untuk mendapatkan aplikasi terbaik untuk anak, juga tidak segampang jika Anda memilih berbagai aplikasi untuk kebutuhan diri sendiri. Ada banyak hal yang harus diwaspadai orang tua dalam menentukan aplikasi yang tepat untuk anak-anak Anda, terutama soal konten dan tampilan dari setiap aplikasi tersebut. Untuk menjaga sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak Anda, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut:

1. Jangan langsung memilih judul yang menarik

Sering kali banyak aplikasi yang dikemas untuk semua umur, tapi sebenarnya tidak aman untuk anak-anak. Pengembang aplikasi biasanya juga menggunakan judul yang menarik untuk suatu aplikasi, dan sepertinya sesuai dengan pemikiran anak-anak, tapi ternyata mangdung unsur konten yang sangat berbahaya, misalnya kekerasan atau pornografi.

Makanya, Anda jangan langsung percaya pada judul suatu aplikasi. Karena tidak sedikit developer yang menjebak konsumennya untuk membeli atau menggunakan sebuah aplikasi, dengan cara memberikan judul yang menarik. Jika Anda terkecoh dengan hal tersebut, maka bisa membawa dampak negatif bagi perkembangan anak dan tingkah laku anak nantinya.

Selain itu, hati-hati juga dengan iklan yang banyak dimuat dalam suatu aplikasi, terutama yang gratisan. Iklan-iklan tersebut juga sering memanfaatkan tampilan yang menarik untuk menjebak anak-anak agar mengeklik promo yang ditawarkan. Alhasil, pulsa Anda bisa terkeruk habis, selain juga dapat membuat anak-anak jadi bersikap boros.

2. Periksa fitur dan spesifikasinya dengan teliti dan seksama

Setelah memperhatikan judul yang sesuai dengan isinya, pastikan aplikasi tersebut bisa berjalan secara offline dan tidak multiplayer. Dengan cara ini, Anda bisa membatasi ruang gerak anak-anak dengan dunia luar yang lebih luas, sehingga tidak ada celah bagi mereka untuk mendapatkan informasi yang tidak layak untuk ukuran usianya.

Banyak aplikasi yang memang menyediakan fitur bagi para penggunanya, untuk bisa melakukan akses secara online, misal untuk berinteraksi dengan pengguna lain di dalam forum atau komunitas, serta di jejaring sosial seperti di facebook dan twitter. Jika ternyata aplikasi yang unduh seperti itu, maka Anda bisa mematikan fitur tersebut.

Kemudian, usahakan juga Anda sendiri yang mempelajari dan memilih aplikasi yang diperuntukkan untuk anak-anak. Dengan cara seperti ini, secara tidak langsung Anda sudah menjaga anak-anak dari kesempatan untuk melihat dan membaca deskripsi serta screenshoot dari aplikasi yang tidak cocok untuk seumuran mereka.

 

Baca juga :

               5 Cara Berwisata sambil Meningkatkan Kualitas Hidup Kita sebagai Seseorang

               5 Hal Ini Hanya Dirasakan Oleh Mereka Yang Punya Badan Kurus

 

3. Pilih yang mengandung unsur pendidikan dan bersifat interaktif

Selain bisa memberikan hiburan, aplikasi yang mengandung unsur pendidikan harusnya juga menjadi konten wajib saat Anda mengunduh sebuah aplikasi untuk anak-anak. Sehingga, waktu yang nantinya mereka gunakan dalam memainkan aplikasi tersebut tidak terbuang secara percuma, karena mereka misalnya bisa belajar mengenal huruf atau angka.

Tidak hanya itu, unsur interaktif dan kreatifitas juga harus menjadi pertimbangan Anda. Ada banyak aplikasi yang mengkombinasikan antara sisi edukatif dengan interaktif dan kreatifitas. Contohnya, aplikasi game tebak-tebakkan gambar, yang akan mengajarkan anak Anda untuk mengenal nama atau jumlah dari gambar yang ditampilkan.

Meski tidak terlalu penting, ada satu lagi tips dalam memilih aplikasi yang tepat untuk anak-anak yang bisa dicoba, yaitu menetapkan batasan nilai yang boleh dibelanjakan anak Anda untuk mendapatkan sebuah aplikasi. Namun, cara yang terakhir ini tidak selalu harus dilakukan, karena ada banyak juga aplikasi gratisan yang juga bermanfaat untuk anak-anak.

Nah, jika Anda bertanya aplikasi atau game apa saja yang direkomendasikan untuk anak-anak, beberapanya seperti Learn ABC With Bobby Ball untuk tablet iPad, TVOkids Flower Frenzy untuk produk BlackBerry, serta Dinosaurs Coloring Book untuk perangkat dengan sistem operasi Android. Selain itu, masih banyak lagi aplikasi terbaik untuk anak-anak Anda. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel