Menakjubkan! KABUTOM RX-03 Robot Raksasa yang Bisa Dikendalikan dari Jauh

12 Sep 2013 13:45 5566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

KABUTOM RX-03 merupakan robot raksasa yang pernah fenomenal pada tahun 2008 lalu. Bukan apa-apa, robot seberat 17 ton ini diciptakan oleh seorang kakek bernama Hitoshi Takahashi. Robot tersebut diciptakan olehnya dalam jangka waktu 10 tahun lebih. Robot ini kembali menjadi bahan perbincangan setelah terus menerus muncul di media. Apalagi robot ini bisa membantu manusia membuang sampah. Tentu hal ini menjadi daya tarik orang-orang yang penasaran dengan robot yang satu ini.

Berbicara tentang robot memang tidak akan ada habisnya. Baik robot ciiptaan manusia maupun robot raksasa yang hanya di film fiksi ilmiah. Semuanya terkadang berspekulasi bahwa suatu hari nanti mungkin robot bisa menngganti peran manusia.  Hal tersebut mungkin bisa saja terjadi. Karena akhir-akhir ini robot telah jadi sensasi tersendiri. Baik  robot-robot yang membantu produktivitas manusia ataupun cuman jadi hiasan atau penelitian semata.

Kesempatan kali ini ada cerita yang menarik tentang robot. Robot yang akan dibahas bukan robot humanoid melainkan robot raksasa. Tidak! Bukan robot raksasa yang selalu ada di dunia film fiksi atau pun filmkartun. Robot ini ada di kehidupan nyata. Namun robot ini tidak berbentuk robot humanoid raksasa melainkan robot berbentuk kumbang. Robot tersebut bernama KABUTOM RX-03

KABUTOM RX-03 sendiri merupakan robot raksasa yang pernah fenomenal pada tahun 2008 lalu. Bukan apa-apa, robot seberat 17 ton ini diciptakan oleh seorang kakek bernama Hitoshi Takahashi. Robot tersebut diciptakan olehnya dalam jangka waktu 10 tahun lebih. Robot ini kembali menjadi bahan perbincangan setelah terus menerus muncul di media. Apalagi robot ini bisa membantu manusia membuang sampah. Tentu hal ini menjadi daya tarik orang-orang yang penasaran dengan robot yang satu ini.

Robot dengan Desain yang Gagah

Kabutom RX-03 adalah robot raksasa yang terlihat gagah. Orang yang melihatnya pasti akan terkesima dengan besarnya yang mencapai 17 ton serta panjang yang mencapai 11 meter. Belum lagi bentuk desainnya yang sangat persis menyerupai kumbang. Jika ditelisik lebih lanjut, selain mempunyai kumbang tanduk, robot ini juga memiliki enam kaki persis seperti sebuah kumbang. Dengan bobot yang terhitung sangat berat dan panjangnya yang luas biasa, tidak heran jika robot ini bisa dikatakan sebagai sebuah mecha (robot dalam karya fiksi yang bisa dikendalikan manusia di dalamnya). Sungguh sebuah robot yang sangat gagah.

 

Baca juga :

               5 Fitur Ini Paling Ditunggu dari Android N

               4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10

 

Fitur dan Kemampuan

Robot raksasa ini ternyata bisa menyemburkan asap dari hidungnya. Selain itu robot ini pun mampu menggerakan kepalanya naik turun. Sungguh kemampuan yang cukup baik untuk sebuah robot berukuran besar.

Meskipun besar, robot ini tergolong lincah dalam bergerak. Hal ini karena keenam kaki robot raksasa ini digerakan dengan diesel. Tidak hanya kaki, roda-roda penggeraknya pun digerakan oleh oleh kemampuan sebuah diesel. Jika diesel ini menyala, maka kaki dan komponen pendukung lainnya bergerak dengan cara mendorong. Jadi jika KABUTOM RX-03 sedang berjalan, pada dasarnya hal tersebut hanyalah berupa dorongan dari kakiknya bukan kakinya yang melangkah.  Selain itu, untuk menyokong berat tubuh robot raksasa ini, Takahashi yang merupakan seorang insinyur mengakalinya dengan roda-roda yang jadi tumpuan untuk penggerakan tubuhnya.  

KABUTOM RX-03 sendiri bisa mengangkut lima orang secara bersamaan. Di dalamnya sendiri terdapat semacam kokpit tempat mengendalikan robot ini. Robot raksasa ini pun tampak keren karena bisa dikendalikan tanpa orang didalamnya. Seperti sebuah mainan, KABUTOM RX-03 pun bisa digerakan hanya oleh sebuah remote kontrol. Sungguh suatu hal yang sangat menakjubkan. Mengendalikan mainan mungil terlihat biasa tapi mengendalikan sebuah robot raksasa terlampau luar biasa.

Cerita di Balik Pembuatan KABUTOM RX-03

Robot yang pertama kali dirancang oleh Takahashi pada tahun 1997 ini awalnya hanya obrolan Takahashi pada istrinya. Ia sangat ingin membuat sebuah robot yang bisa ditunggangi dan dikendarai. Istrinya pun menyuruhnya untuk membuat robot tersebut. Akhirnya robot raksasa yang juga punya julukan  'Kabutomushi'n ini selesai pada tahun 2008. Uniknya robot ini tidak hanya dibuat untuk kesenangan belaka. Sang istri sendiri menyarankan agar robot KABUTOM RX-03 ini bisa berguna untuk masyarakat misalnya berfungsi untuk  membuang sampah.  Robot ini kemudian menjadi tekenal setelah tayang di salah satu acara populer di jepang.  Semenjak saat itu banyak orang pensaran dengan robot yang satu ini,

Itulah sedikit cerita singkat tentang asal usul dibuatnya robot raksasa KABUTOM RX-03 ini. Dari sebuah hobi dan obrolan kecil, terciptalah sebuah karya besar. Begitulah kira-kira gambaran tentang Takahashi dan robotnya ini. Sebenarnya robot raksasa semacam ini bukan hal baru. Terdapat dua robot raksasa yang pernah dibuat.  Ada RX87 Gundam dan juga Gigantor. Sayangnya kedua robot tersebut tidak berfungsi maksimal seperti halnya KABUTOM RX-03 ini. Jadi robot apakah lagi yang menarik untuk dibahas? Simak terus pembahasan robot hanya di situs portal Plimbi. [HMN]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel