Guraru - Situs Pendidikan Indonesia yang Bermanfaat Untuk Para Guru

20 Nov 2013 19:00 3928 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di tengah serbuan situs-situs lain, kini muncul situs pendidikan yang tergolong sangat baik. Situs ini punya segmen khusus yaitu para guru. Situs tersebut adalah guraru.org. Situs ini merupakan situs yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan, mulai dari masalah guru, siswa, sekolah, kurikulum atau hal-hal lain yang menyangkut pendidikan. 

Di tengah maraknya situs media sosial, dunia maya butuh sesuatu yang lebih edukatif. Dalam hal ini situs pendidikan Indonesia sangat diperlukan. Mengapa? Tentu saja karena situs tersebut bisa menjadi penyeimbang antara informasi, hiburan dan pengetahuan. Sayangnya jumlah situs yang memuat konten edukatif lebih sedikit jumlahnya dibandingkan yang menghibur.

Hal ini tentu karena para pengguna internet kebanyakan menggunakan media internet sebagai sarana hiburan. Katakanlah jejaring sosisal semacam Facebook dan Twitter lebih ramai dikunjungi dibandingkan situs-situs yang berbasis sarana informasi dan pengetahuan. Di tengah serbuan situs-situs lain, kini muncul situs pendidikan yang tergolong sangat baik. Situs ini punya segmen khusus yaitu para guru. Situs tersebut adalah guraru.org. Situs pendidikan Indonesia ini merupakan situs yang memuat hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan, mulai dari masalah guru, siswa, sekolah, kurikulum atau hal-hal lain yang menyangkut pendidikan.

Sejarah Guraru

Guraru sebenarnya merupakan singkatan. Kepanjangannya adalah Guru Era Baru. Mengapa namanya Guru Era Baru? Hal ini tersebut erat kaitannya dengan guru yang berpikir maju. Era baru juga mengindikasikan guru yang mampu beradaptasi dengan perkembangan informasi dan teknologi. Jadi guru era baru bertujuan agar para guru dapat lebih mengikuti zaman dan melakukan hal-hal yang lebih kreatif, misalnya pengajaran lewat media sosial atau pemanfaatan internet.

Awalnya Guru Era Baru (Guraru) adalah program dari salah satu vendor komputer. Didirikan pada tahun 2010, program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para guru akan literasi teknologi informasi. Tentu hal ini bertujuan agar Indonesia kedepannya memiliki guru dengan kualitas yang lebih baik dan tidak berpikir stagnan. Salah satu cara berkembangnya pola pikir tersebut adalah dengan adanya wadah berupa situs pendidikan bernama guraru.org.

Media Belajar untuk Para Guru

Situs pendidikan yang beralamat di guraru.org ini bisa dijadikan sebagai referensi untuk para guru. Disini banyak sekali memuat artikel menarik tentang guru dan pendidikan. Semisal tentang metode pangajaran yang cocok untuk mata pelajaran tertentu, pembahasan tentang kurikulum, bahkan pembahasan tentang murid-murid.  

Tidak hanya itu, situs pendidikan ini juga bisa digunakan sebagai media belajar atau fasilitator untuk para guru. Para guru dapat berbagi pengalamannnya disini dan para guru juga juga dapat terhubung satu sama lainnya. Secara tidak langsung, situs pendidikan guraru.org blog komunitas para guru untuk saling terhubung dan saling berbagi informasi dan pendapat.

Lalu informasi seperti apa yang ada di situs ini? Pada situs pendidikan ini, terdapat informasi tentang beasiswa yang ditujukan untuk guru maupun siswa. Ada juga informasi lomba dan seminar yang berhubungan dengan pendidikan dengan target peserta guru ataupun siswa. Selain itu terdapat pula sarana pembelajaran berupa buku elektronik serta Silabus, RPP, dan KTSP yang sangat dibutuhkan terutama oleh para guru baru.

Selain itu, situs pendidikan ini juga memperbolehkan anggotanya yang sudah terdaftar di situs ini untuk membuat tulisan apapun yang berhubungan dengan pendidikan. Bisa opini, karya ilmuiah, pengalaman pribadi, tips dan sebagainya.  Tidak hanya itu, foto, video, atau tautan yang bermanfaat dapat dikirim dan dibagikan di situs ini. Dengan hal tersebut, tentunya para rekan guru bisa lebih akrab dengan rekan lain yang sudah terdaftar.

 

Baca juga :

               Hindari 4 Perilaku Menggunakan Facebook Berikut Ini!

               Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Laptop yang Terkena Air

 

Guraru Award

Satu hal yang menarik dari komunitas di situs pendidikan ini adalah Guraru Award. Apa itu Guraru Award? Guraru Award adalah semacam program penghargaan yang didedikasikan untuk para guru. Penghargaaan ini bertujuan agar guru mampu meningkatkan kualitas mengajarnya. Siapapun yang berprofesi jadi guru bisa jadi pemenang Guraru. Hanya guru yang inspiratif, kreatif, serta mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajarannya yang jadi kandidat kuat pemenang.

Mengapa mesti guru yang memanfaatkan teknologi sebagai medianya yang jadi kandidat kuat?  Hal ini dilatarbelakangi karena sebagian besar guru di Indonesia saat ini gagap teknologi. Menurut situs ini, ada sekitar 2,9 juta guru di Indonesia  yang masih belum paham dengan teknologi informasi. Karena hal itulah, maka situs pendidikan guraru yang kemudian disponsori oleh salah satu produsen komputer membuat Guraru Award.

Kesimpulan

Situs pendidikan guraru adalah situs yang bermanfaat. Situs ini berisi tentang berbagai informasi yang berkaitan dengan pendidikan  terutama tekait proses belajar mengajar di sekolah. Situs ini juga memiliki manfaat besar untuk para guru terutama bagi para guru yang ingin terus belajar. Bagi Anda atau para rekan guru yang  tertarik dengan hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan dapat mengunjungi situs ini di sini. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel