Cara Paling Ampuh dalam Membeli Tab Android Murah Berkualitas

6 Sep 2013 14:00 6269 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini ada banyak merek dan jenis tablet yang dijual di pasaran komputasi global. Bahkan, tidak sedikit pula dari perangkat tersebut yang dilego dengan harga sangat murah, bahkan hingga di bawah Rp 1 juta. Beberapa di antaranya, seperti yang terlihat pada tablet-tablet dari produsen lokal dan pabrikan dari China yang semakin banyak pilihannya.

Saat ini ada banyak merek dan jenis tablet yang dijual di pasaran komputasi global. Bahkan, tidak sedikit pula dari perangkat tersebut yang dilego dengan harga sangat murah, bahkan hingga di bawah Rp 1 juta. Beberapa di antaranya, seperti yang terlihat pada tablet-tablet dari produsen lokal dan pabrikan dari China yang semakin banyak pilihannya. Bagi Anda yang memiliki budget rendah, tentu saja pilihan tablet murah tersebut akan sangat menarik sekali. Dengan hanya mengelurkan uang yang tidak sampai jutaan rupiah, Anda sudah bisa mempunyai tab android murah berkualitas, dan bisa pula mengikuti tren penggunaan perangkat teknologi komunikasi tersebut.

Nah, jika Anda berniat untuk membeli tablet murah meriah tapi tidak kalah jauh kualitasnya dibandingkan tablet premium, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini akan dibahas beberapa tips untuk memilih tab android murah berkualitas, sebelum Anda nantinya memutuskan untuk membeli tablet keren tersebut.

  • Cek Review Tablet di Internet

Sebelum menentukan pilihan tablet yang akan Anda beli, bacalah berbagai ulasan tentang sejumlah tablet murah di internet. Ada banyak situs teknologi yang biasanya me-review perangkat telekomunikasi terbaru. Anda bisa membandingkan spesifikasi dan harga setiap tablet, sehingga mendapatkan sedikit pilihan. Perhatikan juga perbandingan antara harga dan spesifikasi yang ditawarkan oleh tablet android tersebut.

  • Cek Spesifikasi Performanya

Jika pilihannya adalah tablet android, maka carilah tablet murah yang memiliki prosesor minimal berinti dua. Jangan pernah memilih tablet yang mengusung prosesor dengan kecepatan di bawah 1Ghz. Karena, sebagian besar aplikasi yang berjalan dengan sistem operasi android saat ini “memakan” banyak tenaga, sehingga butuh prosesor besar untuk bisa lancar menggunakannya.

Kapasitas memori RAM yang ditawarkan tablet tersebut juga harus besar, minimal 1GB untuk jenis tablet android. Anda juga jangan terlalu percaya dengan besar kapasitas penyimpanan internal yang ada pada deksripsi resmi tablet tersebut, karena biasanya digabung dengan memori eksternal yang telah terpasang. Pada saat akan membeli, ceklah kapasitas memori internalnya dengan cara melihat di menu Settings, lalu klik Storage. Anda pun  bisa melihat spesifikasi tablet lewat aplikasi Plimbi Handset Specification.

  • Cek versi Android yang Digunakan

Anda juga harus mengetahui tentang sistem operasi android yang diusungnya. Usahakan tablet yang akan dibeli menggunakan sistem operasi android versi terbaru. Yang sedang popular saat ini, tentu saja Android Gingerbread 2.3, karena memiliki banyak fitur andalan, seperti fitur copy-paste, input teks lebih cepat, dan manajemen power yang lebih bagus. Selain itu, pastikan juga tablet tersebut memiliki ketersediaan update di masa mendatang.

 

Baca juga :

               4 Fitur Android Praktis ini Jarang Digunakan Banyak Orang

               Daya Tahan Batera Sampai 3 Hari dari Winner Y2+

 

  • Cek Dukungan Lainnya pada Tablet

Tablet yang memiliki performa bagus sekalipun, kalau tidak didukung dengan layar yang memiliki resolusi yang memadai, tetap saja nol besar. Karena, kapasitas layar yang mumpuni akan memberikan hasil gambar yang bagus. Minimal memiliki resolusi 1.024 x 768 untuk tablet dengan layar berukuran 7 inci, dan jangan pilih tablet dengan resolusi 800 x 480. Teknologi layar sentuhnya juga harus minimal dibekali fitu capacitive display.

Soal dukungan konektifitas juga penting. Ada banyak pilihan, misalnya menggunakan SIM Card dengan jaringan hingga 3G, dan ada pula yang hanya bisa berjalan pada jaringan Wi-Fi. Kebanyakan tablet murah, biasanya mengandalkan koneksi Wi-Fi, yang tentunya akan membuat penggunaannya semakin terbatas. Selain itu, daya tahan baterai juga menentukan kualitas sebuah tablet android, karena aplikasinya banyak berjalan dengan power besar.

  • Cek Layanan Purna Jual yang Ditawarkan

Nah, bagian ini sering kali terlupakan oleh banyak orang saat membeli peralatan elektronik apapun, terutama perangkat telekomunikasi. Meskipun hanyalah tablet android murah, suatu saat Anda pasti akan membutuhkan juga layanan servis jika terjadi kerusakan pada tablet tersebut. OLeh karena itu, pastikan bahwa pabrikan yang memproduksi tablet itu memberikan layanan purna jual yang dapat dipercaya.

Setelah melakukan beberapa tips di atas, Anda dijamin tidak akan membeli “kucing dalam karung” saat mengeluarkan uang untuk tablet yang dibeli. Beberapa tablet android murah tapi berkualitas dengan harga di bawah Rp 1 juta, misalnya Tabulet Tabz Z10 (Rp 749.000), Tabulet Beat DS (Rp 999.000), dan IMO Uno atau IMO Y One (Rp 999.000) yang sempat di-review sebelumnya. Meski murah, ketiga tablet tersebut memiliki prosesor di atas 1 Ghz. [MAR]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel