Tentang Sistem Keamanan Komputer dan Aspek Penting yang Perlu Diperhatikan

4 Sep 2013 11:30 12687 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem keamanan komputer hadir sebagai sebuah pertahanan dari berbagai serangan yang tidak diinginkan. Sistem ini pun berfungsi mengamankan suatu sistem dari orang lain yang mencoba mengakses yang bukan haknya. Di tengah maraknya pengguna komputer, sebuah sistem keamanan komputer sangat diperlukan. Apalagi makin banyaknya pengguna yang saling terhubung berkat majunya dunia jaringan (internet). Atas dasar itu, sekiranya perlu diketahui elemen-elemen penting tentang sistem keamanan ini. 
 

Seperti yang umum diketahui, komputer merupakan perangkat sistem yang membantu kinerja manusia. Namun komputer pun mengandung unsur berbahaya jika tidak dilindungi dengan baik. Apalagi sering muncul berbagai masalah dari mulai virus, masalah privasi, pengambilalhan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dsb. Untuk mengantisipasi hal-hal tersebut maka muncul isitilah yang dinamakan sistem keamanan komputer. Apa yang dimaksud dengan sistem ini? Kami akan membahasnya untuk para pembaca Plimbi,

Sistem keamanan komputer hadir sebagai sebuah pertahanan dari berbagai serangan yang tidak diinginkan. Sistem ini pun berfungsi mengamankan suatu sistem dari orang lain yang mencoba mengakses yang bukan haknya. Di tengah maraknya pengguna komputer, sebuah sistem keamanan komputer sangat diperlukan. Apalagi makin banyaknya pengguna yang saling terhubung berkat majunya dunia jaringan (internet). Atas dasar itu, sekiranya perlu diketahui elemen-elemen penting tentang sistem keamanan ini.

Sistem keamanan komputer berkaitan dengan penjagaan diri dari para penganggu dan pengancam . Sistem ini hadir sebagai pertahanan utama agar para pengganggu kesulitan jika ingin melakukan pencurian, pemerasan, bahkan cyber crime.  Bagi pengguna awam, sistem keamanan komputer yang banyak dikenal adalah antivirus. Sistem ini boleh dikatakan cukup baik meski belum bisa menjamin keamanan suatu komputer.  Namun setidaknya program ini bisa meminimalisir tindakan gangguan yang tidak diinginkan pada komputer.

Ada alasan tersendiri mengapa pengguna perlu memperhatikan sistem keamanan komputer ini. Selain karena meingkatnya jumlah pengguna internet, ada juga karena banyaknya program yang memiliki celah yang mudah disusupi. Selain itu, aspek kekuatan hukum dalam kejahatan komputer masih tergolong lemah. Bukan hanya di Indonesia, namun juga hampir di seluruh dunia. Alasan lain yang  juga membuat perlunnya sistem keamanan komputer adalah menggeliatnya bisnis internet. Dan hal ini juga yang menjadi bahaya, beberapa pengguna tak bertanggung jawab memanfaatkan lahan ini untuk menipu seseorang.  

Aspek Penting Sistem Keamanan Komputer

Dalam sistem keamanan komputer, terdapat beberapa aspek penting  yang perlu diperhartikan. Aspek-aspek tersebut meliputi

Privacy

Privacy merupakan aspek  utama yang perlu dlindungi dalam sebuah sistem keamanan komputer. Hal-hal yang berhubungan rahasia pribadi tentu tidak etis menjadi santapan orang banyak. Dengan mengamankan berbagai data ataupun e-mail menjadi bersifat pribadi merupakam  langkah tepat dalam sistem keamanan.

Confidentiality

Aspek ini juga bersifat pribadi, hanya saja bisa tetap tersebar meski dalam status terjaga.  Tentu penyebaran juga karena ada maksud lain. Yang termasuk dalam aspek ini adalah nama lengkap, nomor tanda pengenal, alamat rumah, dan biodata umum lainnya.

Integrity

Aspek ini lebih menekankan pada tidak boleh adanya pihak luar yang mengubah informasi. Informasi ini perlu dijaga dengan baik supaya pihak luar tidak mengubah isi didalamnya. Kasus yang sering muncul pada aspek ini adalah penyadapan e-mail yang sedang dikirim. Kemungkinan akibat penyadapan ini adalah isi e-mail yang berubah saat sampai tujuan.

Autentication

Aspek ini menyangkut tentang sah tidaknya seorang pengakses masuk ke dalam sebuah sistem.  Contoh mudahnya adalah ketika akan masuk (login)  yag memerlukan data user dan password. 

Availability 

Aspek ini berhubungan  dengan ketersediaan data.Pengakses yang bukan haknya akan kesulitan jika data atau informasi dalam keadaan status ketat. Contoh sederhana pada kasus ini adalah upaya penggagalan layanan saat sedang terjadi permintaan data.  Selain itu permintaan (request) yang melebihi kapasitas juga merupakan salah satu contohnya. Apalagi hal ini akan membuat komputer rusak (down).

 

Baca juga :

               Industri laptop/Komputer Di Ambang Kehancuran?

               4 Fakta Ini yang Perlu Kamu Tahu, Kenapa Orang Suka Snapchat

 

Antisipasi

Salah satu cara dalam melakukan  sistem keamanan komputer adalah dengan pertahanan, pengawasan dan tidak melakukan tindakan yang berbahaya. Pertahanan bisa dilakukan dengan cara pemasangan antivirus, antimalware, Firewall, Anti Spam Software dsb. Pengawasan bisa dilakukan dengan terus mencurigai berkas (file) atau dokumen yang mencurigakan. Apalagi file dengan format exe merupakan file yang rentan dengan bahaya.

Yang ketiga adalah dengan membatasi gerak. Misalnya tidak sembarangan menancapkan flasdisk. Apalagi tidak sedikit virus yang berasal dari flashdisk.  Selain itu perlu juga pelarangan akses ke situs-situs yang tidak jelas yang  bahkan bisa membahayakan komputer. Untuk yang satu ini, Anda bisa menambahkan fitur dari browser yang sejatinya selalu menyediakan add-on/extension untuk memblokir situs-situs tertentu.

Simpulan

Secara keseluruhan, sistem keamanan komputer memang perlu diperhatikan oleh banyakj pengguna komputer.  Selain untuk menjaga data agar tidak mudah dicuri, sistem ini pun bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti serangan dari virus atau trojan. Meskipun langkah yang bisa dilakukan pengguna berupa pemasangan antivirus misalnya, namun hal tersebut sudah cukup bisa meminimalisir bahaya yang akan terjadi. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel