Cara Memilih Program Program Software Keamanan komputer ala Plimbi

29 Nov 2012 14:30 5591 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bagaimana Anda merasakan performa komputer ketika baru memilikinya? Apa yang Anda lakukan saat membuka komputer atau laptop dan menjalankannya pertama kali? Segalanya terasa baru, segar, dan responsif. Setelah itu, tentunya Anda akan memberikan berbagai software pada komputer untuk memaksimalkan kinerjanya. Selanjutnya, fungsi komputer bisa Anda pakai, mulai dari offline hingga online.

Bagaimana Anda merasakan performa komputer ketika baru memilikinya? Apa yang Anda lakukan saat membuka komputer atau laptop dan menjalankannya pertama kali? Segalanya terasa baru, segar, dan responsif. Setelah itu, tentunya Anda akan memberikan berbagai software pada komputer untuk memaksimalkan kinerjanya. Selanjutnya, fungsi komputer bisa Anda pakai, mulai dari offline hingga online.

Salah satu isu yang penting dalam pemakaian komputer sehari-hari adalah keamanan komputer. Sistem operasi Windows memiliki program yang membuat komputer berjalan cepat serta aman. Untuk menambahkannya, diberikanlah program antivirus atau antimalware sebagai pengaman dalam menjalankan sistem operasi baik secara online maupun offline. Apakah Anda memiliki program software keamanan komputer yang Anda miliki? Apakah performa yang ditampilkan sudah maksimal dalam membantu menjaga keamanan komputer? Berikut ini adalah cara untuk memilih program keamanan yang cocok digunakan pada komputer Anda.

1. Mempertimbangkan pilihan Anda

Ada banyak sekali jalan untuk mengamankan komputer Anda yang malah akan membingungkan. Mungkin Anda mendapatkan program antivirus, tapi di dalamnya tidak termasuk antimalware. Apakah Anda membutuhkan antimalware? Apakah Anda menganggap antimalware hanya bagian kecil dari antivirus?

Program keamanan yang bagus memang berjumlah banyak, namun Anda dapat mencari beberapa program antivirus, antimalware, dan firewall pada pilihan yang tersedia. Sebelum membuat suatu keputusan, tentukan secara benar-benar apa yang Anda inginkan. Pilih hanya satu program keamanan yang baik, karena memiliki lebih dari satu program untuk keamanan komputer sering menyebabkan benturan. Semakin banyak program keamanan yang Anda miliki, akan semakin berdampak negatif pada komputer Anda. Menggunakan realtime atau proteksi aktif pada lebih dari satu program keamanan dalam sekali waktu bisa menyebabkan crash yang dialami komputer.

Perlindungan dengan realtime dari satu program keamanan saja bisa melambatkan sistem komputer yang Anda miliki. Selain itu juga, beberapa program keamanan diberikan berbagai macam kemampuan seperti antivirus, antimalware, dan firewall. Jadi, pikirkan apa yang Anda butuhkan dan bagaimana Anda mendapatkannya.

2. Memperhatikan jenis komputer

Komputer memiliki berbagai macam bentuk, seperti komputer rumahan atau biasa disebut PC, kemudian juga laptop dan versi kecil dari laptop yang disebut netbook. Misalnya Anda memiliki sebuah netbook. Apakah Anda butuh untuk melakukan instalasi program antivirus seperti NOD32, Malwarebytes, dan firewall dari Comodo? Program antivirus, antimalware, dan firewall seperti ini membutuhkan sistem komputer kelas tinggi untuk penggunaan secara maksimal. Netbook yang Anda miliki tidak akan kuat untuk bekerja menggunakan program-program tersebut. Oleh karena itu, perhatikan spesifikasi komputer yang Anda miliki. Untuk netbook misalnya, Anda bisa menjalankan program untuk keamanan komputer seperti Avira dan Spybot. Avira bisa didapatkan secara gratis, juga ringan dalam penggunannya. Spybot berjalan secara rutin, dan akan menjaga browser serta sistem dari segala hal yang tidak Anda inginkan. Untuk firewall, cukup gunakan Windows Firewall pada netbook Anda. Untuk itu, pastikan spesifikasi komputer yang Anda miliki bisa bekerja sejalan dengan program keamanan yang Anda inginkan.

3. Menganalisa Kebiasaan Anda

Faktanya, Anda dapat berselancar di dunia maya secara aman tanpa menggunakan program perlindungan komputer. Hal ini tergantung pada Anda dan kebiasaan apa yang Anda lakukan saat sedang online. Apakah Anda seseorang yang akan membiarkan program jahat masuk ke komputer Anda? Jika begitu, mengapa hal tersebut terjadi? Berhati-hatilah jika Anda sering melakukan download melalui P2P atau torrent. Jika Anda merasa kurang dengan kemampuan yang Anda miliki dalam melindungi komputer, jauhkan komputer Anda dari hal-hal tersebut. Program antivirus seperti Microsoft Security Essentials dan AVG memiliki sistem proteksi realtime yang bekerja dengan baik yang dapat melindungi Anda saat sedang online dalam menggunakan komputer.

Ada beberapa resiko yang akan ditebus dengan pemberian program keamanan. Hal-hal seperti komputer yang berjalan lambat dan tidak responsif adalah contohnya. Untuk hal ini, kenali pemakaian komputer yang Anda lakukan. Jangan menjalankan secara otomatis agar program antivirus melakukan scanning harian jika Anda tidak sering menggunakan komputer dalam kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan pengaturan keamanan yang Anda lakukan, dibutuhkan formula yang tepat agar resiko yang ada dapat ditanggulangi dengan baik. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel