Tips dan Cara Menghilangkan Virus Malware Search.Conduit dari Browser

28 Aug 2013 15:00 32817 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pasti ada beberapa dari anda merasa kaget saat kita menklik sebuah link atau membuka sebuah tab browser lalu yang muncul adalah homepage search.conduit.com. Ini pasti akan mengganggu kita dalam melakukan browsing atau surfing di dunia internet, karena setiap ada gangguan atau akan membuka sebuah link maka yang akan terbuka adalah search.conduit.

Pasti ada beberapa dari anda merasa kaget saat kita menklik sebuah link atau membuka sebuah tab browser lalu yang muncul adalah homepage search.conduit.com. Ini pasti akan mengganggu kita dalam melakukan browsing atau surfing di dunia internet, karena setiap ada gangguan atau akan membuka sebuah link maka yang akan terbuka adalah search.conduit. Untuk itu kita bisa melakukan beberapa cara menghilangkan virus atau Malware Search.Conduit ini.

Conduit melakukan Hijack atau menginfeksi kita saat kita menklik free downloads yang banyak di promosi di internet. Dan sekali terinstall di dalam Toolbar Browser kita, Conduit ini akan merubah homepage kita dan secara default mengarahkan homepage ke homepage search engine Search.conduit.com.

Tidak ada salahnya sebenarnya kita menggunakan homepage Search.Conduit.com  karena pada dasarnya  engine search ini masih kita gunakan. Sayangnya ini saat mengganggu jika kita tidak menginginkannya dan lebih ingin menggunakan Search engine biasanya seperti google atau yahoo. Conduit Search akan menampilkan iklan dan link sponsor di dalam hasil pencarian kita, dan akan mengumpulkan kata kunci yang sering kita pakai. Hijack Conduit ini dilakukan untuk meningkatkan periklanan dengan cara Blackhat SEO atau SEO dengan cara – cara curang. Dengan cara ini situs – situs tertentu page rank-nya dari hasil search kita bisa naik dengan drastis. Karena ini sangat curang dan tidak baik untuk kita gunakan.

Secara teknis Conduit ini bukanlah sebuah virus, tapi ada di dalam kategori malicious traits. Cara Conduit ini dikenal dengan “PUP” atau Potentialy Unwanted Program yang dalam bahasa Indonesia berarti Program yang tidak di inginkan. PUP ini bertingkah seperti rootkit yang menghijack ke dalam Sistem Operasi, Browser hijacking seperti Conduit, atau tindakan – tindakan yang mengganggu user experience.

Biasanya Conduit Search ini akan terinstall secara otomatis tanpa kita ketahui karena itu dia termasuk PUP. Terjadinya ini biasanya karena kita menginstall freeware software yang kita download, dan tanpa sengaja sudah di injeck dengan Conduit Search. Para peretas ini memasukkan Conduit Search ke dalam software downloader dari beberapa website seperti NET, Brothersodt atau Softonic, dan lainnya. Sehingga saat kita menginstall software downloader ini,  ada kemungkinan Conduit ini akan terinstall kedalam browser kita saat proses installasi. Sayangnya saat kita menuninstall downloader ini, kita tidak secara otomatis menguninstall search.conduit dari browser kita. Berarti kita harus menghilangkannya dengan cara manual.

Dan berikut ini Plimbi menghadirkan beberapa tips dan cara menghilangkan virus untuk menghilangkan Search.Conduit ini.

Tips 1.  Cara Menghilangkan Conduit melalui Control Panel

Kita bisa uninstall Conduit Search dari komputer dengan cara menguninstallnya lewat dari Control Panel. Langkah pertama ,jika kita menggunakan Windows 7 atau 8, click button Start dan arahkan pointer mouse ke arah button Control Panel dan klik icon ini.

Setelah mengklik Control Panel, akan keluar folder dan akan muncul sebuah menu Programs. Kita bisa mengklik menu Programs atau menu kecil Uninstall a Program dari display. Setelah itu akan muncul list berbagai program yang sudah kita install. Dan diatasnya akan muncul menu uninstall program. Dengan ini bisa kita cari program dengan nama Conduit atau Search Protect by Conduit atau program lainnya yang terhubung dengan Conduit. Lalu tinggal kita uninstall Conduit ini.

 

Baca juga :

                   5 Hal yang Mungkin Tidak Anda Tahu Browser Bisa Melakukan Ini

                   Tutorial Mengembalikan File Microsoft Office yang Sempat Hilang

 

Tips 2. Menghilangkan Conduit dari Browser

Cara kedua kita bisa menghilangkannya dari browser. Melalui ini kita bisa menggunakan 2 cara, dan Plimbi akan menghadirkannya menggunakan browser Firefox tetapi cara ini pada dasarnya bisa juga digunakan di browser lainnya seperti Chrome, Internet Explorer.

Pertama kita bisa mengarahkan pointer kita ke arah menu Firefox diatas, setelah itu arahkan ke Menu HELP. Setelah itu diarahkan ke TroubleShooting Information. Setelah itu akan muncul tombol Reser Firefox  dan juga beberapa informasi extension yang sudah kita install dan kita gunakan. Kita bisa me-reset Firefox, dengan melakukan reset ini kita akan mengembalikan keadaan Firefox kembali ke awal dan menghilangkan Add-on Toolbar yang sudah kita install. Dengan cara ini juga akan mendelete toolbar Search.Conduit.

Cara kedua kita bisa mengetik about:config di address Firefox. Setelah itu akan muncul menu config dari firefox. Di kolom search ketik “CONDUIT” , setelah itu akan muncul beberapa menu yang terkena hijack Conduit. Kita lakukan reset terhadap menu ini, dengan ini akan mengembalikan Firefox kita akan kembali normal dari hijack Conduit.

Jika cara di atas tidak berhasil, kita bisa menggunakan software malware scanner atau antivirus untuk mendeteksi aplikasi malware dan menghapusnya.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel