Tips dan Trik Komputer: Tips dan Tweak untuk Pengguna Windows 8 Baru

6 Dec 2012 13:00 4757 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seperti yang kita ketahui bahwa Windows 8 memiliki tampilan yang jauh berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, bahkan tombol *Start* yang telah kita kenal selama lebih dari satu dekade telah dihilangkan dari pandangan Anda. Namun Anda jangan terlalu bingung, karena Plimbi memiliki tips dan trik komputer terbaru khususnya untuk Anda pengguna Windows 8 baru.

Seperti yang kita ketahui bahwa Windows 8 memiliki tampilan yang jauh berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya, bahkan tombol Start yang telah kita kenal selama lebih dari satu dekade telah dihilangkan dari pandangan Anda. Namun Anda jangan terlalu bingung, panik atau takut menggunakan sistem operasi terbaru dari Windows 8 ini. Pada sejatinya perubahan tampilan antar muka tidak mengubah cara pengoperasiannya secara keseluruhan. Maka pada tulisan kali ini, Plimbi memiliki tips dan trik komputer terbaru yang khususnya untuk Anda yang baru saja berhijrah menggunakan Windows 8.

Tips dan trik komputer yang Plimbi berikan ini bertujuan untuk membantu Anda agar tidak ‘tersesat’ di dalam penggunaan Windows 8 yang baru saja diluncurkan beberapa waktu yang lalu. Untuk mengetahui apa saja tips dan triknya, berikut ulasannya.

Kelola Layar Windows 8 Anda

Hal pertama yang akan Anda lihat pada tampilan Windows 8 pada awalnya adalah sekumpulan Live Tile yang mewakili aplikasi bawaan dari Windows ataupun aplikasi yang telah diunduh dari Store. Kotak-kotak ini bisa Anda atur ukurannya, bisa besar maupun kecil sesuai dengan kebutuhan. Anda juga memungkinkan untuk melakukan pengelompokan Live Tile sesuai dengan kategori yang dimasukkan. Seperti game, multimedia dan sebagainya. Untuk melihat konteks menu Anda bisa klik kanan pada sekumpulan Live Tile yang Anda atur yang mana nantinya akan menemukan konteks menu yang berada di bawah Start Screen. Cara yang sama juga bisa dilakukan dengan menggunakan hak administrator.

Uninstall Aplikasi Windows 8

Hal yang sama juga bisa diterapkan pada saat Anda ingin melakukan uninstall aplikasi pada Windows 8. Anda akan menemukan tautan untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang diinginkan ketika Anda mengklik kanan aplikasi tersebut. Dan selanjutnya Windows 8 akan membawa Anda untuk menuju halaman di mana Anda dapat melakukan uninstall aplikasi yang diinginkan.

Percantik Tampilan Start Screen Windows 8 Anda

Pertama kali pada saat melakukan booting dan Anda telah log in, Windows 8 mengisi latar belakang Anda yang berwarna dengan ikon berwarna dan animasi yang sangat atraktif, namun Anda bisa menggantinya jika Anda bosan dengan pengaturan yang standar. Untuk menggantinya, Anda hanya perlu membuka registry dengan cara mengetikkan regedit pada Windows 8 Start Screen dan navigasikan ke kunci ini HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\Grid.

Klik kanan pada panel jendela paling kanan dan pilih New dan pilih opsi DWORD. Klik kanan pada. Klik kanan pada DWORD dan rename menjadi Launcher_SessionLoginAnimation_OnShow, dan klik ganda pada file ini lalu atur value data menjadi 1. Dan setelah ini Anda akan mendapatkan animasi ikon yang sangat menarik. Dan untuk mengembalikan modifikasi ini Anda hanya perlu menghapus DWORD yang Anda buat sebelumnya.

Mengembalikan Tombol Start di Dalam Windows 8

Jika Anda tidak terlalu berkenan dengan Start Screen pada Windows 8, Anda bisa menghapusnya dan menggantikannya dengan tombol Start tradisional pada Windows 8 yang bisa Anda temukan di sudut kiri bawah layar. Salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda untuk memunculkan kembali tombol Start tradisional adalah Classic Shell. Cukup menginstalnya dan Anda dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan mudah sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mendapatkan aplikasi ini Anda bisa mengunjungi link ini.

Log In Otomatis ke Dalam Windows 8

Kita semua tentunya senang akan keamanan PC yang maksimal, namun jika Anda satu-satunya yang memiliki akses masuk atau hanya Anda saja yang menggunakan komputer maka Anda tidak perlu menggunakan kata sandi atau PIN untuk bisa mengakses komputer.

Anda dapat menginstruksikan kepada sistem operasi Windows 8 untuk memotong langkah kata sandi atau password proses login Anda dengan mengetikkan netplwiz pada layar Start Anda. Pada layar User Account yang muncul setelah Anda mengetikkan netplwiz, hapus tanda centang pada Users must enter a user name and password to use this computer. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel