Robot Humanoid Mini Ini Berjalan Layaknya Manusia

19 Aug 2013 19:30 5167 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jepang merupakan salah satu Negara yang banyak menghasilkan robot humanoid. Tidak seperti Negara-negara lain yang banyak membuat robot untuk misi penyelamatan, menghadapi medan yang berat dan robot hewan.

Jepang merupakan salah satu Negara yang banyak menghasilkan robot humanoid. Tidak seperti Negara-negara lain yang banyak membuat robot untuk misi penyelamatan, menghadapi medan yang berat dan robot hewan. Jepang malah tertarik dengan humanoid. Anda pasti ingat robot humanoid Honda yang sukses “Asimo”. Kemudian dari saat itu makin banyak robot humanoid diciptakan di Jepang, seperti robot wanita untuk menjadi teman berbicara, menjadi penerima tamu di kantor, bahkan mereka membuat robot yang memiliki sensivitas ketika di sentuh.

Robot humanoid terakhir dari Jepang yang menjadi bahan pembicaraan orang-orang kali ini adalah robot humanoid ciptaan Masahiko Yamaguchi. Masahiko Yamaguchi sendiri pernah bekerja di National Institute of Advanced Industrial Science and Technology Jepang, Boston Dynamics dan Universitas Osaka. Sebelumnya dia pernah ikut dalam tim pembuatan robot KHR-3HV (robot komersial yang cukup terkenal) yang mampu mengendari sepeda, berjalan pada keadaan yang sulit, bahkan bisa memainkan egrang. Pada projek ini dia bekerja algoritma-nya selama 10 tahun.

 

Baca juga :

                KATE - Robot Humanoid dari FutureBots Lab yang Istimewa

                Wow! Google Play Store kini Hadir di Perangkat Laptop

 

Update terbaru dari robot ini adalah, robot humanoid yang berjalan sangat mirip dengan manusia berjalan. Bukan hanya tampaknya saja, sistem berjalannya juga dibuat semirip mungkin dengan manusia seperti kaki yang lurus bertumpu pada gerakan lutut dan tumit, memiliki telapak kaki. Kaki menyentuh tanah juga berawal dari tumit kemudian ke ujung telap kaki. Namun robot ini masih menggunakan remot, belum ada keterangan dari pengembang untuk menggunakan AI pada robot ini.

Projek lain yang juga berfokus pada robot humanoid yang memiliki kemampuan berjalan sama mirip dengan manusia adalah V-Sido. Robot humanoid ini merupakan hasil perkembangan dari Wataru Yoshizaki. Meruapakan robot remot kontrol real-time, sosftware yang digunakan mirip dengan Kinect-nya Microsoft dan juga Gundam Kuratas. Penggunaan teknologi seperti ini banyak di gunakan pada robot-robot entertainment atau hobi seperti juga pada robot Dancing Doll. Namun robot humanoid ke dua ini tidak berjalan dengan fokus pada lutut dan telapak. Robot ini lebih pada pergerakan pinggul ke kakai. Bila diperhatikan gaya jalannya mirip dengan gaya jalan wanita seksi di film-film kartun. Namun ini masih dalam perkembangan. Belum ada versi resmi dari pengembang seperti apa sebenarnya robot mereka.

untuk saat ini kedua video merupakan updatean terbaru dari robot humanoid yang memiliki kemampuan berjalan dengan kaki. Robot-robot ini ditujukan lebih pada untuk hiburan dan hobi saja. Tetapi, walau hanya untuk sekedar hobi atau hiburan, kemampuan-kemampuan robot ini bisa diaplikasikan ke robot yang lebih serius. Kebanyakan teknologi robot memang begitu, penggabungan antara beberapa pengatahun yang dimiliki oleh pencipta-ppencipta robot. Saat ini, kemampuan orang-orang dalam menciptakan robot banyak di beli oleh DARPA. Atau, DARPA memperkerjakan mereka untuk menciptakan robot yang dinginkan DARPA. Robot-robot DARPA saat ini terkenal canggih dan sangat berguna di bidang kemiliteran. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel