Fitur Rahasia dan Kelebihan Windows 7 Agar Tampilannya Unik

19 Aug 2013 15:00 12390 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah kegagalan Windows Vista, tampaknya Microsoft tidak mau kecolongan lagi. Mereka akhirnya sukses menghadirkan Windows 7 yang kini menjadi OS paling populer se-dunia. Jika Anda pengguna Windows 7, seberapa jauh Anda mengeksplorasi OS Anda? Perlu Anda ketahui bahwa ternyata ada banyak sekali fitur rahasia Windows 7 yang berguna memperbagus penampilannya.

Setelah kegagalan Windows Vista, tampaknya Microsoft tidak mau kecolongan lagi. Mereka akhirnya sukses menghadirkan Windows 7 yang kini menjadi OS paling populer se-dunia. Jika Anda pengguna Windows 7, seberapa jauh Anda mengeksplorasi OS Anda? Perlu Anda ketahui bahwa ternyata ada banyak sekali fitur rahasia kelebihan Windows 7 yang berguna memperbagus penampilannya.

Sebelumnya Plimbi juga pernah membahas tentang tips dan fitur Windows 7 tersembunyi, namun kebanyakan hanya fitur-fitur untuk kemudahan akses berbagai program serta monitoring. Nah, kali ini kami akan khusus membahas rahasia Windows 7 yang berhubungan dengan penampilan layar. Seperti apa rahasia-rahasia tersebut? Mari simak selengkapnya dibawah ini:

Kustomisasi Logo Folder

Untuk yang pertama mari kita mulai dengan trik termudah, yakni melakukan kustomisasi logo folder. Mungkin Anda merasa bosa melihat logo folder dalam Harddisk yang begitu-begitu saja sejak jaman Windows XP.

Nah, ternyata Anda bisa mengganti logo-logo tersebut sesuai dengan isinya. Caranya adalah masuk ke meda penyimpanan Harddisk pada My Computer, baik itu Data D: maupun E: dan pilih folder yang logo atau ikonnya akan diganti. Setelah itu langsung saja klik kanan pada folder dan pilih properties (paling bawah). Dalam properties pilih Customize dan klik Change Icon. Akan muncul jendela kecil yang dipenuhi opsi ikon folder dan jumlahnya sangat banyak sekali. Baiknya sesuaikan dengan isi folder Anda, sebagai contoh folder yang berisi foto maka pilih ikon bergambar kamera dan sebagainya. Klik OK jika sudah menemukan.

Menampilkan Wallpaper secara Bergantian pada Dekstop

Trik yang kedua ini memang cukup unik dan dijamin akan mempercantik tampilan layar Windows 7 Anda. Saat ini Anda dapat menampilkan  puluhan atau mungkin ratusan gambar Wallpaper secara begantian pada Dekstop dan dengan waktu jeda yang bisa diatur sensiri. Bagaimana caranya? Apakah menggunakan software tambahan? Tidak, Anda cukup klik kanan bagian kosong di desktop dan klik Personalise, kemudian Desktop Background. Setelah itu tekan segera CTRL sambil memilih gambar-gambar Wallpaper yang ingin Anda tampilkan pada Dekstop. Pilih juga berapa waktu jeda tampil Wallpaper yang bisa dimulai dari setiap 10 detik atau bahkan 1 hari. Selain itu ada juga pilihan Shuffle apabila Anda ingin menampilkan desktop Wallpaper secara acak. Setelah memilih dan mengatur jeda waktu, terakhir tinggal klik Save Changes. Mudah bukan?

Merubah Ikon Kursor Mouse Pointer

Fitur rahasia Windows 7 agar tampilannya unik berikutnya adalah dengan merubah ikon mouse pointer. Mungkin Anda sudah merasa bosan dengan ikon mouse yang hanya berbentuk anak panah dan ‘iri’ melihat blog-blog yang membuat variasi ikon mouse pointer dengan bagus. Sebenarnya Anda bisa saja merubahnya, caranya sangat mudah sekali.

Klik kanan pada bagian Dekstop yang kosong, masuk Personalize (biasanya berada dibagian bawah), dan disisi kiri daftar opsi Anda bisa memilih Change Mouse Pointers. Setelah itu ada berbagai ikon yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Jika sudah menentukan, cukup centang Enable Pointer Shadow dan klik Use Default, terakhir klik OK.

Merubah Tingkatan Brightness Layar (khusus untuk Laptop)

Bagi Anda pengguna komputer jinjing yang merasa tampilan layarnya terlalu terang bisa merubah tingkat Brightness. Mungkin pengaturan ini sangat unik karena tidak berada di opsi Customize atau Personalize seperti saat kita merubah Wallpaper atau tampilan lainnya. Namun pengaturan ini dapat Anda temukan pada ikon Baterai. Klik kiri ikon Baterai pada Toolbars (bagian kanan bawah) dan pilih Adjust screen brigthness. Nah setelah masuk jendela baru, lihat dibagian paling bawah dimana tersedia pengaturan Screen Brightness. Silahkan atur sesuka hati, baik itu lebih gelap maupun lebih terang.

 

Baca juga :

                Dukungan Windows 7 dan 8 Akan Segera Berakhir

                Terapkan Cara-cara Bertahan Dari Siksaan Saat Kantong Menipis

 

Mengatur Shorcut pada Dekstop

Mengenai pengaturan posisi shortcut pada Dekstop bisa Anda lakukan sesuai keinginan. Trik paling mudah untuk mengatur dimana posisi shortcut secara manual adalah dengan klik kiri pada shortcut, namun terus ditekan sambil menggeser mouse. Rubah posisi sesuai keinginan. Namun jika Anda merasa shortcut pada Dekstop berantakan, ada cara otomatis untuk mengaturnya dengan posisi standar yang biasanya berada dibagian kiri seluruhnya. Caranya klik kanan pada Dekstop, masuk view dan klik view arrange icon. Secara otomatis shortcut akan menata sendiri dengan rapih.

Kalibrasi Layar

Satu lagi trik rahasia Windows 7 yang jarang diketahui, yakni melakukan kalibrasi layarnya. Jika diatas sudah dibahas mengenai cara merubah level Brightness, kali ini ada fitur Display Color Calibration yang memungkinkan Anda mengatur berbagai elemen layar, mulai dari Contrast, Color Balance, Gamma dan lain-lain. Caranya klik Start dan ketik DCCW pada kolom search. Sebelumnya Anda bisa mempelajari caranya secara teknis dengan masuk dalam “How do I Calibrate my display?”. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel