Tips untuk Membackup Koleksi Foto Digital Berkapasitas Puluhan Gigabytes

10 Jun 2011 18:43 6077 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Media penyimpanan mempunyai peran penting bagi koleksi foto Anda. Dan demi keamanan, simpanlah koleksi foto digital Anda ke lebih dari satu media. Paseban, dalam hal ini, menyarankan Anda menyimpan koleksi foto digital pada 2 macam kategori media, yaitu media penyimpanan "*offline*" dan "*online*".

Anda yang memiliki hobi atau profesi bidang fotografi, pasti memiliki segudang koleksi foto digital. Anda pasti kalang kabut apabila hasil dari "perburuan" objek foto tersebut hilang atau rusak. Media penyimpanan mempunyai peran penting bagi koleksi foto Anda. Dan demi keamanan, simpanlah koleksi foto digital Anda ke lebih dari satu media. Paseban, dalam hal ini, menyarankan Anda menyimpan koleksi foto digital pada 2 macam kategori media, yaitu media penyimpanan "offline" dan "online".

Media Penyimpanan "Offline"Â

Untuk penyimpanan "offline"Â, saat ini terdapat berbagai macam pilihan seperti external hard drives, kepingan disk (CD dan DVD), dan memory stick. Dan setiap media penyimpanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengorganisir koleksi foto berdasarkan kategori yang Anda inginkan. Ciptakan folder dengan nama kategori tersebut, dan pisahkan foto digital berdasarkan folder.

Untuk Anda yang menggunakan media kepingan disk, ciptakan 2 folder utama, satu untuk foto berkapasitas besar dan satu untuk berkapasitas kecil, kemudian ciptakan sub-folder kategori pada masing-masing folder utama tersebut. Hal ini akan membantu proses burning foto digital pada media kepingan disk yang memiliki kapasitas terbatas, yaitu 700MB untuk CD dan 4.7 GB untuk DVD.

Jangan gunakan kepingan disk yang Rewriteable (RW), dan jangan melakukan burning CD menggunakan fitur Multisession Disc (pada aplikasi burning Nero) yang memungkinkan Anda untuk menambah lagi file pada kepingan disk yang telah di-burning sebelumnya. Hal ini memiliki resiko jeleknya sistem burning dan kepingan disk tidak dapat dibaca oleh hardware ROM Anda.

Memori stick bisa menjadi alternatif lain bagi media penyimpanan "offline" koleksi foto Anda. Apalagi sekarang ini memori stick memiliki harga yang cukup terjangkau. Flashdisk, SD card, atau micro SD berkapasitas besar dengan harga terjangkau sudah banyak tersedia dipasaran.

Namun untuk penyimpanan "offline", external hard drive adalah media yang paling tepat. Dengan kapasitas yang sangat besar dan kecepatan transfer data yang cepat menggunakan USB atau firewire, disertai dengan hardware ini mempunyai daya tahan yang kuat, koleksi foto digital Anda akan sangat aman berada di dalam media ini.

Media Penyimpanan "Online"

Media penyimpanan "online"Â terbagi menjadi dua kategori, photo sharing system dan photo backup. Kedua kategori ini memiliki kriteria mereka masing-masing dimana photo sharing system merupakan pilihan yang kurang tepat untuk menyimpan koleksi foto Anda, contoh paling mudah dari photo sharing system adalah jejaring sosial. Melalui situs ini Anda bisa meng-upload dan berbagi foto dengan teman Anda. Namun jejaring sosial selalu memiliki syarat foto yang di-upload harus berukuran maksimal 720 pixels. Tentu saja Anda tidak mau hasil foto dari kamera digital Anda dengan ukuran yang jauh lebih besar dari 720 pixels, harus diturunkan ukurannya yang mana akan menurunkan kualitas foto juga.

Photo backup adalah pilihan yang tepat sebagai media penyimpanan foto digital Anda. Situs photo backup, seperti Yahoo's Flickr, Google Picasa, Microsoft Windows Live Photo Galery, dapat menyimpan foto berukuran asli dari kamera digital Anda. Ketiga situs ini sama-sama memiliki fitur akun member gratis atau berbayar, dimana akun member berbayar akan memiliki kelebihan tertentu seperti kapasitas media penyimpanan yang lebih besar. Selain itu, pada situs photo backup Anda memiliki pilihan untuk berbagi foto dengan orang lain, atau hanya Anda yang bisa mengakses file foto tersebut. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel