Tips Membeli TV High Definition LCD dan LED

14 Aug 2013 11:45 8674 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

TV high definition sekarang sudah menjadi sangat populer di masyarakat seiring dengan semakin menurunnya penggunaan televisi tabung CRT. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat televisi LCD atau LED menawarkan tampilan yang lebih baik serta bentuk yang jauh lebih ramping dibandingkan dengan tv tabung. 

TV high definition sekarang sudah menjadi sangat populer di masyarakat seiring dengan semakin menurunnya penggunaan televisi tabung CRT. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat televisi LCD atau LED menawarkan tampilan yang lebih baik serta bentuk yang jauh lebih ramping dibandingkan dengan tv tabung. Sebelum memutuskan untuk membeli TV LED/LCD guna melengkapi tampilan rumah, tentunya ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan secara cermat, terutama dari fungsi utama televisi tersebut. Selain itu, perhatikan pula keperluan akan adanya fitur-fitur tambahan yang mungkin saja akan diperlukan.

Oleh karena itu, sebelum Anda pusing memilih TV high definition yang sesuai, berikut Plimbi akan memberikan beberapa tips yang mesti diperhatikan saat akan menentukan pilihan pada sebuah televisi. Apa sajakah hal tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Harga

Hal yang satu ini merupakan pertimbangan nomor satu untuk banyak keluarga, tapi disarankan untuk tidak membeli produk yang asal murah.  Sebaiknya jangan mudah terpengaruh iklan atau nama besar sebuah brand. Harga memang jarang berdusta. Namun, usahakan selalu untuk mendapat penawaran dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu pilihlah televisi dengan harga yang sesuai dengan kantong Anda dan juga dilengkapi dengan garansi agar Anda dapat melakukan complain jika sewaktu-waktu ada masalah pada televisi tersebut.

Ukuran

Sesuaikan ukuran televisi dengan luas ruangan, jangan sampai Anda membeli televisi 50 inch hanya untuk ditempatkan di dalam kamar Anda. Televisi berukuran besar biasanya cocok ditempatkan di ruang keluarga. Untuk ruangan yang luasnya kurang dari 3 x 3 meter persegi, televisi berukuran 22-24 inci sudah cukup nyaman. Perhatikan pula jarak saat menonton. Anda disarankan menonton dengan jarak lebih dari 60 sentimeter agar tidak merusak mata dan juga tidak cepat membuat mata Anda lelah dan pusing saat menontonnya.

Response Time

Biasanya televisi menggunakan ukuran milidetik untuk melihat kualitas gambarnya. Semakin tinggi kecepatan respon, televisi mampu menayangkan gambar tanpa putus atau buram yang memberikan kesan menonton dengan nyaman. Namun ingat, jangan tertipu dengan televisi yang menawarkan response time sangat tinggi karena sebenarnya Anda tidak akan melihat perbedaan yang sangat signifikan antara televisi dengan response time 2ms dan 5ms. Oleh karena itu Anda lebih disarankan untuk membeli televisi dengan response time 5ms saja karena harganya pasti lebih murah ketimbang televisi dengan response time 2ms.

Resolusi

Resolusi layar juga memengaruhi kualitas gambar. Semakin tinggi resolusinya, semakin bagus. Sekarang rata-rata televisi dengan ukuran layar 22-27 inci sudah memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel, dengan begitu Anda sudah bisa menonton dengan kualitas tinggi. Namun ingat, resolusi yang tinggi tersebut tidaklah terlalu signifikan untuk sebuah televisi karena Anda tidak akan menonton televisi dari jarak setengah meter. Pasalnya, perbedaan dari televisi 720p dan 1080p tidak akan terlihat jika kita menontonnya dari jarak lebih dari 1,5 meter pada televisi berukuran 42 inch.

Selain itu, televisi 720p biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah ketimbang televisi 1080p yang memiliki ukuran yang sama. Sebuah televisi 720p berukuran 50 inch biasanya akan berharga 2 juta lebih murah ketimbang televisi 1080p berukuran sama.

 

Baca juga :

                Tips Membeli TV High Definition Dengan Harga Murah

                Persiapan ini Wajib Dilakukan oleh Para Calon Penjelajah Far Harbor di Fallout 4

 

Konektivitas

Di jaman sekarang ini perangkat televisi pastinya tidak hanya dipakai untuk menonton saja, tetapi juga bermain game, dijadikan monitor komputer, melakukan video chat, atau bisa juga menjadi smart TV (TV Pintar). Karenanya, perhatikan konektivitas yang dimilikinya jika Anda menginginkan hiburan tambahan dari televisi Anda.

Desain

Meski kualitas gambar merupakan syarat utama dalam memilih sebuah televisi, faktor desain juga punya peran yang tidak kalah penting. Anda harus bisa membayangkan perangkat yang hendak dibeli bisa terintegrasi dengan interior rumah atau ruangan tempat televisi itu akan ditempatkan sehingga interior ruangan tersebut akan tampak cantik.

Kesimpulan

Setelah memperhatikan beberapa factor di atas, rasanya Anda sudah paham betul televisi high definition apa yang cocok bagi Anda. Jika Anda ingin membeli televisi dengan budget yang paling minimal, maka Anda dapat menyingkirkan beberapa fitur tambahan yang dirasa tidak sesuai. Namun jika Anda memiliki uang lebih, maka Anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan kebutuhan. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel