6 Langkah Android Mini PC yang Dapat Mengalahkan Google Chromecast

11 Aug 2013 12:00 2933 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan hadirnya Google Chromecast di tengah-tengah teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Google, nampaknya akan menjadi alasan yang baik untuk memilih perangkat ini. Perangkat yang tidak lebih besar dari flash drive dan bisa langsung dikoneksikan ke bagian belakang TV Anda dan memungkinkan Anda untuk menonton konten online favorit Anda. 

Dengan hadirnya Google Chromecast di tengah-tengah teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Google, nampaknya akan menjadi alasan yang baik untuk memilih perangkat ini. Perangkat yang tidak lebih besar dari flash drive dan bisa langsung dikoneksikan ke bagian belakang TV Anda dan memungkinkan Anda untuk menonton konten online favorit Anda. Dengan ketergantungannya dengan perangkat Android, bisa jadi ini dijadikan satu-satunya kelemahan yang dimiliki oleh Google Chromecast. Salah satu perangkat Google lainnya, Android Mini PC masih bisa diunggulkan dibandingkan dengan Google Chromecast. Dengan harga mulai $43, komputer mini dengan prosesor Quad-core ini menawarkan pemutaran media, gaming dan produktivitas. Berikut Plimbi akan ulas enam langkah dari Android Mini PC yang bisa mengalahkan Google Chromecast.

Tidak Membutuhkan Ponsel

Menggunakan Chromcast adalah seperti ketika Anda mengunjungi restoran megah dengan dress code dan tiga menu yang sudah disajikan untuk Anda. Tidak ada layanan, tidak ada dasi. Jika Anda ingin memutar video pada Google Chromecast, Anda harus memulainya dengan perangkat mobile yang kompatibel.  Karena sebuah Android Mini PC adalah komputer stAndalone, Anda dapat mengkoneksikan mouse nirkabel, keyboard atau remote yang terdedikasi. Anda bahkan dapat menggunakan perintah suara  Google Voice Command, asalkan Anda memiliki mikrofon. Jika Anda benar-benar ingin menggunakan telepon untuk mengontrol Android Mini PC Anda, maka Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Rkremotecontrol, yang merupakan utilitas gratis dari Rock Chip, perusahaan yang membuat CPU untuk sebagian besar perangkat dalam kategori ini.

Games

Meskipun tidak ada judul pada saat peluncuran, diyakini  bahwa suatu hari nanti akan ada cara untuk bermain game nyata pada Chromecast. Kita hanya tinggal menunggu hingga semua pengembang game memutuskan untuk membangun API Chromecast ke dalam aplikasi mereka.  Hingga saat ini, kita masih belum bisa memainkan permainan seperti "Angry Birds" menggunakan Chromecast.

Tentu saja, jika Anda memiliki Android Mini PC, Anda dapat memutar hampir semua permainan saat ini. Anda bisa memainkan permainan seperti "Riptide GP" pada output 1080p penuh. Permainan sejenis ini akan nampak lebih baik jika dimainkan pada prosesor Quad-core yang mana mampu menghasilkan tambahan efek khusus.

Mampu Melihat File Lokal

Ingin melihat video MP4 pada Chromecast Anda? Anda tidak bisa melakukannya, kecuali Anda dapat mengambil video atau film yang Anda pilih untuk kemudian di upload ke layanan video-sharing yang tepat. Tapi hal ini diragukan, karena YouTube akan mengambil video atau film Anda yang memiliki ukuran file 4GB. Entah itu koleksi MP3 Anda, film yang baru saja Anda unduh pada bit torrent atau koleksi foto Anda yang tidak disimpan di penyimpanan awan, Anda bisa melihat file lokal Anda pada Android Mini PC. Kebanyakan Android Mini PC ini memiliki slot kartu microSD, konektor USB yang dapat menempel pada setiap hard drive portabel untuk menambah penyimpanan internal yagn hanya sebesar 4 hingga 8GB. Bahkan Android Mini PC ini  mendukung DLNA dan melayani pemutaran sehingga Anda dapat menggunakannya untuk media stream langsung ke dan dari perangkat DLNA lain yang masih berada pada jaringan lokal Anda.

Dukungan Aplikasi yang Tidak Terbatas

Pada peluncurannya, Chromecast hanya memiliki beberapa aplikasi yang mendukungnya termasuk YouTube, Netflix, Pandora dan browser Chrome. Bagaimana Hulu Plus, Spotify, atau salah satu dari puluhan layanan cloud streaming yang memiliki aplikasi? Kita harus menunggu dan melihat apakah mereka menambahkan dukungan Chromecast di beberapa titik. Sementara Android Mini PC menjalankan sistem operasi secara utuh, perangkat ini memiliki dukungan aplikasi di Google Play seperti halnya perangkat Android lainnya.

 

Baca juga :

                   Google Chromecast dan Chromebook Hadir di Indonesia

                   Bakso Legenda yang Selalu Ramai di Rawamangun Jakarta Timur

 

Produktifitas dan Web Surfing

Dengan Android mini PC, Anda dapat menjalankan aplikasi produktivitas serius seperti QuickOffice, memeriksa email Anda, browsing menggunakan Chrome atau posting ke Facebook. Jika Anda ingin bekerja pada konten yang nyata dan mengedit video atau foto, Anda dapat melakukannya juga.

Chromecast tidak dapat melakukan apa-apa jika tidak ada dukungan dari sistem cloud atau awan. Fungsionalitas kesenjangan antara Chromecast Google dan Android Mini sangatlah besar.

Video Conferencing

Setelah menginstal Skype atau Google Hangouts dan menginstal webcam pada Android Mini PC, Anda dapat menggunakannya untuk video conference pada TV Anda. Bahkan ada beberapa Android Mini PC lainnya yang memiliki webcam dan mikrofon built-in di dalamnya sehingga Anda tinggal menggunakannya.

Chromecast dapat mendukung video chat, asalkan Anda menatap ke ponsel Anda atau tablet webcam dan menggunakan chat berbasis browser. Mungkin Anda bahkan akan dapat menggunakan Google Hangouts dengan Chromecast di beberapa titik. Namun, Anda masih akan menatap ke perangkat lain daripada Anda harus menatap langsung ke TV Anda untuk melakukan percakapan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel