Teknologi Komputer Terbaru: Spekulasi Tentang Teknologi Laptop di Masa Depan

12 Aug 2013 13:00 13571 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pikirkan kembali pada laptop di era 2008. Mungkin tidak terlihat terlalu berbeda dari apa yang Anda gunakan saat ini. Tentu, notebook Anda saat ini lebih ringan dari laptop seberat batu bata yang Anda bawa pada lima tahun yang lalu saat masih memiliki sistem operasi Vista dan Leopard. Lalu bagaimana dengan teknologi komputer terbaru di masa yang akan datang?

Pikirkan kembali pada laptop di era 2008. Mungkin tidak terlihat terlalu berbeda dari apa yang Anda gunakan saat ini. Tentu, notebook Anda saat ini lebih ringan dari laptop seberat batu bata yang Anda bawa pada lima tahun yang lalu saat masih memiliki sistem operasi Vista dan Leopard. Lalu bagaimana dengan teknologi komputer terbaru di masa yang akan datang?

Pengalaman komputasi akan berbeda di masa depan berkat teknologi komputer terbaru yang disematkan di dalamnya. Secara radikal, tentu akan berubah jauh, namun kita akan merasa akrab karena mungkin sifat-sifat dasar dari laptop dengan teknologi komputer terbaru di masa depan masih disematkan. Berikut spekulasi tentang laptop Anda di masa yang akan datang.

Form Factors: Dari Clamshell ke detachables

Sebuah studi dari Gartner pada April memperkirakan penjualan tablet akan melampaui pembelian laptop pada tahun 2015. Meskipun dari prospek yang menjanjikan ini, para ahli sepakat  bahwa keyboard tradisional dan layar berengsel tidak akan hilang dalam waktu yang dekat. Howard Locker, seorang eksekutif Lenovo yang bekerja pada perusahaan R&D, mengkomparasikan faktor bentuk clamshell ke piano. Seperti notebook, tombol pada piano dan papan penyangga not balok diposisikan sangat nyaman untuk penggunanya yang ada kaitannya dengan tangan dan mata kita - sebuah desain yang akan selalu penting untuk komputer juga.

Sementara beberapa analis memprediksi bahwa tablet akan melebihi laptop pada awal tahun ini, yang lain percaya tablet tidak akan bisa menggantikan pengalaman mengetik tradisional.

Gesture Control Akan Menjadi Fitur Umum

Ketika Windows 8 memulai debutnya pada tahun 2012 dengan layar sentuhnya, dengan cepat layar sentuh menjadi stAndar untuk notebook premium. Menurut IHS, hampir seperempat dari semua laptop akan memiliki layar sentuh pada tahun 2016, berkat penurunan harga. Dengan teknologi sentuh telah menjadi umum pada nantinya, kemungkinan besar di masa depan Anda hanya perlu menggunakan mata Anda untuk menavigasi laptop Anda. Perangkat seperti Kinect dari Microsoft telah mempopulerkan gesture control di industri game. Selain itu, juga ada Leap Motion Controller, sebuah perangkat kompak yang memungkinkan Anda melakukan segala sesuatu dengan menggerakkan jari-jari Anda. HP telah sepakat untuk mengintegrasikan teknologi Leap secara langsung ke laptopnya dalam waktu dekat.

Sementara itu, Creative bermitra dengan Intel untuk menempatkan webcam berbasis gesture Senz3D dalam notebook-nya di tahun 2014. Kamera Creative Senz3D akan tersedia  sebagai perangkat pada akhir tahun ini, memiliki teknologi dual-lensa yang menciptakan pengalaman yang lebih dalam pada teknologi 3D yang realistis dan hidup. Ini berarti bahwa bukan hanya melambaikan tangan Anda ke kiri, kanan, atas atau bawah, Anda dapat benar-benar mencapai menuju layar untuk mengambil dan melempar benda-benda dalam sebuah game.

Kontrol Mata

Komputasi perseptual cenderung sangat mempengaruhi laptop di masa yang akan datang, tapi itu tidak berhenti pada gesture control. Dalam lima tahun, Anda akan dapat menavigasi laptop Anda hanya dengan gerakan mata sebagai pengganti dari mouse Anda.

Perifer Tobii Rex telah tersedia untuk harga $995 untuk developer sejak Januari dan akan diluncurkan untuk konsumen pada musim gugur ini, yang mana dengan peralatan ini akan memungkinkan pengguna untuk  menavigasi OS Windows 8 dan berinteraksi dengan aplikasi tertentu dengan hanya melihat di sekitar layar. Namun kamera ini tidak lebih dari membiarkan Anda memindahkan kursor. Dalam hal penggunaan sehari-hari, perangkat seperti Rex bisa memungkinkan Anda untuk menelusuri email dengan hanya melihat ke atas dan ke bawah kotak masuk Anda, atau membuka aplikasi dengan menatap Live Tile tertentu pada tampilan antar muka Windows 8.

 

Baca juga :

                    Bagaimana Teknologi Komputer Telah Merevolusi Total Industri Otomotif

                    Cara Menambahkan Foto di Plimbi Menggunakan Postimage

 

Mouse Menghilang; Touchpad Bertahan

Diantara layar sentuh, touchpad dan stylus, perangkat hari ini datang dengan cukup modalitas untuk mengurangi kebutuhan untuk mouse. Bersamaan dengan teknologi dan komputasi persepsi terus berkembang, mouse akan menjadi kurang relevan.

Produsen mulai melihat efek dari teknologi ini mulai muncul. Pada awal tahun ini Logitech, produsen mouse terbesar di dunia, mengalami kerugian besar hingga $195.000.000, penggunaan layar sentuh pada laptop sendiri diramalkan akan meningkat hingga lima tahun kedepan, meskipun panel ini masih dianggap mahal.

Baterai yang Mampu Bertahan Sepanjang Hari

Hampir setiap hari, kita menggunakan smartphone kita untuk berselancar di Web, mengirim pesan teks dan bermain game, kita hanya membutuhkan steker saat ingin pergi tidur, setidaknya dua kali per hari jika Anda menggunakannya terus menerus. Sayangnya, kenyataan berbeda untuk laptop, dengan banyak model dalam pasar, banyak model yang haya mampu bertahan hingga 5 jam. Namun daya tahan baterai ini kemungkinan akan meningkat di masa depan. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel