Sinyal Kuat Telkomsel Menanti Sunrise di Bukit Punthuk Setumbu

25 Oct 2013 23:00 3688 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yogyakarta bukan hanya sekadar Malioboro dan Keraton. Bagi Anda yang mulai bosan dengan suguhan wisata unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut, saatnya mulai bertualangan ke luar batas wilayah kota.

Yogyakarta bukan hanya sekadar Malioboro dan Keraton. Bagi Anda yang mulai bosan dengan suguhan wisata unggulan Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut, saatnya mulai bertualangan ke luar batas wilayah kota. Selain menyimpan begitu banyak peninggalan-peninggalan sejarah seperti Candi, rupanya Yogya masih menyembunyikan lanskap alam yang betul terlalu dikenal oleh wisatawan secara luas. Tempat pertama yang patut Anda kunjungi adalah Punthuk Setumbu.

Punthuk Setumbu sendiri merupakan sebuah bukit dan salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan matahari terbit dengan latar Candi Borobudur. Berada di ketinggian 400 mdpl, terpaan hangat sinar mentari di pagi hari akan menyinari Borobudur seolah membangunkannya dari tidur.

Lokasinya sekitar 4 km dari Borobudur. Berada di wilayah administratif Desa Karangrejo, ada beberapa cara untuk mencapai bukit ini. Anda dapat berjalan kaki, menggunakan sepeda, mengendarai sepeda motor atau mengemudikan mobil. Plimbi sendiri mulai beranjak menuju bukit tepat pukul 04.30 dari seputaran Candi Borobudur. Langit masih bergelayutan awan, bahkan bintang-bintang seolah enggan untuk menunjukkan dirinya. Perjalanan akan sedikit membingungkan karena begitu minimnya papan pengarah menuju bukit. Namun jika Anda jeli, maka beberapa plang kayu akan membawa Anda menuju gerbang pendakian bukit.

Anda dapat memilih menyimpan kendaraan tempat di depan sebuah masjid tepat di hadapan jalan menuju bukit atau memarkirnya di lahan parkir sekitar 500 meter dari puncak Punthuk Setumbu. Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp.15.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk sebuah senter dan minuman hangat untuk menemani Anda selama menanti matahari terbit di ujung horizon. Anda perlu stamina yang cukup prima untuk mencapai titik pandang terbaik. Pasalnya perjalanan menanjak melalui jalan tanah setapak menjadi tantangan tersendiri untuk dilalui. Namun, setibanya di atas bukit, rasanya kelelahan Anda akan segera terbayar. Langit akan tampak gelap pada awalnya. Lalu, secara perlahan cahaya matahari akan muncul. Maka akan tampak pula siluet Candi Borobudur dari kejauhan. Walau terlihat cukup kecil, itulah sensasi sunrise terbaik yang mampu dihadirkan Punthuk Setumbu. Namun, Anda harus berjudi dengan cuaca. Jika cuaca tampak tak bersahabat, maka pemandangan akan sedikit terhalang oleh awan-awan hitam.

 

Baca juga :

                    Suguhan Sinyal Kuat Telkomsel di Kawasan Wisata Candi Prambanan

                    Kulkas Pintar ini Dijual Seharga 78 Juta Rupiah Lho!

 

Dari puncak bukit Punthuk Setumbu Plimbi coba mengetahui layanan prima dari beberapa operator telepon. Tak terkecuali Telkomsel yang mampu memberikan layanan 3G-nya. Sinyal sangat mumpuni untuk Anda berkomunikasi dan bahkan berinternet lewat smartphone Anda. Anda tak perlu risau jika lupa membawa kamera. Cukup rogoh keluar smartphone Anda, buka aplikasi Instagram, 'klik' lalu share dengan kawan-kawan Anda lainnya. Jangan lupa pula untuk melakukan check-in lokasi melalui Fourquare agar mereka mengetahui dimana Anda berada. Keberadaan layanan operator-operator tersebut tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi setiap penggunanya. Sambil menunggu matahari muncul, suguhan kopi atau teh hangat dari pengelola tempat semakin menghangatkan momen menarik tersebut. [MS]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel