Apakah Chrome Memonopoli RAM Anda? Atasi dengan Dua Ekstensi Google Chrome Ini

1 Aug 2013 13:00 5271 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Chrome atau Firefox? Mungkin inilah pertanyaan terpanas saat ini di komunitas teknologi, dan Anda tidak akan pernah mendapatkan jawaban yang langsung untuk itu. Hal ini disebabkan, kedua browser tersebut sama-sama hebat, namun masing-masing juga memiliki kekurangan.

Chrome atau Firefox? Mungkin inilah pertanyaan terpanas saat ini di komunitas teknologi, dan Anda tidak akan pernah mendapatkan jawaban yang langsung untuk itu. Hal ini disebabkan, kedua browser tersebut sama-sama hebat, namun masing-masing juga memiliki kekurangan. Misalnya Chrome yang seringkali memonopoli RAM di komputer beberapa pengguna, mungkin Anda juga termasuk salah satunya. Bukan berarti Firefox adalah browser yang ringan, namun untuk beberapa alasan, Chrome bisa memperlambat komputer Anda, dan menggunakan RAM lebih banyak daripada Firefox. Jika Chrome tidak berjalan dengan baik pada komputer Anda, mungkin RAM adalah salah satu alasannya. Tentu saja ada alasan lain mengapa ini bisa terjadi, namun dengan mengurangi penggunaan RAM browser Anda, setidaknya Anda bisa mencari tahu, apakah ini masalah atau tidak. Jadi, bagaimana mengatasi masalah ini? Anda mungkin berpikir bahwa menginstal banyak ekstensi bukanlah cara untuk mengatasi masalah ini, dan Anda benar, menginstal banyak ekstensi browser tidak bagus untuk kinerja browser Anda, yang Anda butuhkan hanya satu ekstensi yang bagus untuk membantu mempercepat browser Anda. Untuk itu, Anda bisa mencoba ekstensi Google Chrome berikut ini.

OneTab

Apakah Anda pengguna browser yang sering membuka banyak tab sekaligus? Jika ya, Anda harus mencoba ekstensi OneTab. Ini adalah cara termudah untuk membuat grup tab, menyimpan, dan membagikannya.

Setelah menginstal OneTab, Anda akan menemukan ikon corong di toolbar. Klik ikon ini untuk membuat grup dari semua tab yang terbuka. Ini adalah penggunaan dasar dari OneTab. Namun apakah ekstensi Google Chrome ini benar-benar membantu mengurangi penggunaan RAM?

Menurut situs OneTab, esktensi Google Chrome ini dapat mengurangi penggunaan RAM sebesar 95%, misalnya mengurangi 1980MB menjadi 99MB. Namun bagaimana kenyataannya? Anda bisa memeriksa penggunaan RAM Chrome pada komputer Anda dengan membuka beberapa tab sekaligus, dan membukanya lagi setelah menggunakan OneTab, dengan hanya membuka satu tab. Tentu akan ada pengurangan penggunaan RAM, namun apakah ini benar-benar signifikan?

Sebagai gambaran untuk Anda, sebelum menggunakan OneTab, Chrome masih menggunakan sekitar 560MB RAM dengan 13 tab terbuka. Setelah menggabungkannya dengan OneTab, Chrome hanya menggunakan 200MB. Pengurangan ini tampaknya cukup signifikan. Ini menghemat lebih dari separuh penggunaan RAM untuk Chrome.

Untuk menghemat penggunaan RAM, mungkin Anda akan berpikir, mengapa tidak menutup semua tab. Anda benar, OneTab tidak melakukan sesuatu yang revolusioner, namun ekstensi ini bisa dibilang bekerja dengan cukup baik. Anda tidak diberi batasan hanya pada satu grup tab – setiap kali Anda mengklik tombol OneTab, satu grup baru akan dibuat, dan akan muncul di atas grup sebelumnya di jendela OneTab. Dengan sekali klik, Anda bisa memilih untuk mengembalikan semua tab, menghapus, dan membagikannya sebagai halaman web (pilihan ini menyediakan URL serta kode QR jika Anda ingin membuka tab pada perangkat mobile Anda).

Selesai berbagi? Anda tidak perlu khawatir dengan tab yang tersisa. Dengan sekali klik, maka akan menghapus halaman yang dibagikan. Jika Anda ingin, Anda juga bisa membagikan semua grup tab melalui satu URL atau kode QR.

OneTab sangat mempermudah Anda untuk menyimpan beberapa grup tab yang teratur Anda gunakan, dan mengakses tab tersebut dengan cepat, tanpa banyak tab yang terbuka. Ini adalah ekstensi yang wajib dimiliki bagi Anda yang sering bekerja menggunakan banyak tab di browser Anda. Ekstensi OneTab bisa Anda download di sini.

 

Baca juga :

               Cara Memasang dan Menyetel Chromecast

               5 Antivirus Terbaik Untuk Melindungi Komputermu

 

The Great Suspender

Jika Anda tidak tertarik untuk membuat grup tab, namun lebih suka meninggalkan browser dengan semua tab yang terbuka, menangguhkan semua tab tersebut dengan ekstensi Google Chrome, The Great Suspender mungkin bisa menjadi trik untuk menghemat penggunaan RAM Anda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan The Great Suspender untuk Anda, seperti menangguhkan satu tab yang tidak sedang Anda gunakan namun tidak ingin ditutup, menangguhkan semua tab di jendela Anda saat ini, dan menangguhkan tab yang tidak aktif setelah tidak digunakan untuk sementara waktu.

Ketika tab ditangguhakan atau ditunda, hal yang harus Anda lakukan untuk memuat ulang tab tersebut adalah klik sembarang di halaman web. Anda juga dapat membuat daftar domain yang tidak ingin Anda tangguhkan melalui halaman Settings dari ekstensi ini. Halaman Settings juga termasuk pilihan untuk secara otomatis membatalkan penangguhan tab ketika difokuskan, dan memungkinkan Anda untuk memilih panjang periode tidak aktif untuk tab sebelum tab tersebut otomatis ditangguhkan. Hal yang harus diperhatikan, bahwa tidak semua tab bisa ditangguhkan, tapi sebagian besar bisa ditangguhkan. Ekstensi The Great Suspender bisa Anda download di sini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel