Tips Aman dan Nyaman Ketika Berbelanja di Jasa Toko Online

7 Aug 2013 15:00 2028 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Saat ini toko online sudah menjamur dan menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Toko-toko online tersebut bisa berrupa toko online besar, toko online kecil, maupun toko online perorangan. 

Saat ini jasa toko online sudah menjamur dan menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Toko-toko online tersebut bisa berrupa toko online besar, toko online kecil, maupun toko online perorangan. Belanja di toko online menawarkan pengalaman belanja yang mudah tanpa perlu repot datang ke tempat penjual. Kita dapat mudah mencari suatu barang yang kita butuhkan hanya dengan mencarinya di internet sehingga sangat efisien dan menghemat banyak waktu.

Namun di balik kemudahan dan kenyaman tersebut ternyata terdapat banyak celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan. Ya, masih awamnya orang Indonesia dalam berbelanja di jasa toko online membuat banyak pelaku kejahatan yang melancarkan aksinya di internet. Banyak dari mereka yang melakukan penipuan dengan berbagai macam modus sehingga para korbannya dapat dengan mudah tertipu. Penipuan yang dilakukan juga biasanya melibatkan nominal uang yang tidak sedikit.

 

Baca juga :

               3 Tips Aman Memakai Obat Anti Nyamuk di Rumah

               Steller, Sosial Media Untuk Berbagi Cerita

 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan memberikan kepada Plimbi tips serta trik agar dapat menghindari berbagai macam penipuan ketika berbelaja di toko oline. Dengan begitu Anda dapat berbelanja di toko online dengan aman dan nyaman. Apa sajakah tips dan triknya? Simak ulasan Plimbi berikut ini.

  1. Perangkat komputer yang Anda gunakan harus terinstall anti virus dan harus selalu diupdate. Pasang juga anti phising dan perhatikan alamat situs toko online tersebut
  2. Pastikan bertransaksi di toko online yang bisa dipercaya. Sebelum melakukan transaksi pastikan dulu reputasi toko online tersebut. Anda bisa mencari informasi tersebut melalui search engine, forum atau testimoni pembeli lainnya.
  3. Pastikan toko online tidak memanfaatkan data pribadi Anda, jangan pernah memasukan PIN ATM atau hal-hal yang bersifat rahasia lainnya.
  4. Pastikan toko online memiliki kebijakan jika barang yang Anda beli tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di situsnya atau produk yang bersangkutan habis stock-nya akan ada jaminan uang kembali.
  5. Perhatikan kondisi barang yang dijual apakah baru atau bekas dan apakah bergaransi resmi. Jika barangnya bekas tanyakan ke penjual kondisi yang sedetil-detilnya dan minta gambar barang tersebut, dan Anda pastikan tidak ada cacat. Baca baik-baik deskripsi produknya.
  6. Sebelum membeli barang di salah satu toko online ada baiknya melakukan perbandingan harga yang ada di pasaran. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah dan beda jauh dengan harga pasaran.
  7. Jangan percaya iming-iming barang elektronik yang biasanya dari Batam tetap berharga murah jika keluar Batam. Karena itu ada kemungkinan penipuan dan penipuan seperti inilah yang banyak terjadi di masyarakat sekarang ini.
  8. Pilih cara pembayaran yang aman, jika masih satu kota dengan penjual / toko tanyakan apakah bisa menggunakan COD (cash on delivery), atau Anda bisa menggunakan jasa rekber (rekening bersama) jika Anda berbelanja melalui situs semacam Kaskus. Jika mau transfer langsung ke rekening toko atau penjual online, pastikan mereka memiliki reputasi baik, lihat testimonialnya, karena di sinilah biasanya pembeli banyak yang tertipu.
  9. Jika ingin menggunakan kartu kredit, Anda bisa menggunakan jasa layanan kartu kredit seperti PayPal dan sejenisnya. Dan pastikan Anda tidak diarahkan ke situs yang mencurigakan pada saat melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.
  10. Biasanya toko online yang serius, mencantumkan nomer rekening dan nama pemilik rekening bank yang bisa kita trasfer di situsnya. Rekening tidak diberitahukan melalui SMS saja karena itu bisa jadi adalah penipuan.
  11. Jika kita memilih membeli barang dan barangnya dikirim menggunakan jasa pengiriman, maka minta ke toko online atau penjual tersebut no resi pengirimannya sehingga Anda bisa terus memantau sampai mana barang yang Anda beli tersebut berada.
  12. Simpan bukti pembayaran yang Anda lakukan. Hal ini sangat penting sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang, seperti untuk klaim garansi dan sebagainya.

Itulah beberapa tips serta trik yang harus Anda perhatikan ketika Anda berencana untuk membeli sesuatu dari toko online. Jika Anda mengikuti tips di atas, maka kemungkinan terjadinya penipuan dapat Anda minimalisir. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel