Beberapa Tips Cara Menggunakan Komputer

5 Aug 2013 13:00 5458 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Komputer! Kita tahu bahwa komputer mempunyai banyak fungsi dalam mendukung kinerja kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Namun, nyatanya masih banyak orang yang belum begitu mengerti bagaimana cara menggunakan komputer itu sendiri dengan baik. Terkadang, beberapa orang masih sedikit kesulitan dalam melakukan sebuah pengetikan pada komputer

Komputer! Kita tahu bahwa komputer mempunyai banyak fungsi dalam mendukung kinerja kita dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Namun, nyatanya masih banyak orang yang belum begitu mengerti bagaimana cara menggunakan komputer itu sendiri dengan baik. Terkadang, beberapa orang masih sedikit kesulitan dalam melakukan sebuah pengetikan pada komputer

Contoh kecil yaitu masih terdapat beberapa orang yang menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengetik beberapa halaman saja. Tentu hal tersebut tidak memaksimalkan fungsi dari komputer itu sendiri. Banyak tahapan dan cara menggunakan komputer dengan baik agar fungsi komputer tersebut dapat dirasakan oleh para penggunanya. Dengan memahami penggunaan komputer dengan baik, maka kualitas komputer itu sendiri dapat terjaga. Jika kita tidak begitu memahami penggunaan komputer, maka kemungkinan besar komputer akan cepat rusak dan bahakan tidak akan terasa manfaatnya.

Kali ini kita akan mencoba memberikan beberapa tips dalam menggunakan komputer dengan baik agar penggunaannya maksimal. Terdapat beberapa tips dalam menggunakan komputer bagi para pemula. Mungkin setiap orang mempunyai kendala masing – masing dalam menggunakan komputer.

Nah, hal pertama yang perlu kita kedepankan adalah ketekunan. Ketekunan dari diri kita sendiri berperan cukup besar dalam memahami dan mempelajari bagaimana memaksimalkan kinerja kita dalam menggunakan komputer. Ketekunan dapat membuat kita ahli dalam beberapa bidang.

Selain ketekunan, kesabaran juga diperlukan. Tingkat frustasi bisa saja muncul ketika kita mengalami kesulitan dalam mencari dan menggunakan sesuatu pada sistem komputer.

Ketiga yakni jangan malu untuk meminta bantuan orang lain yang lebih paham mengenai komputer. Mintalah bantuan ketika kita menghadapi layar yang tidak jelas atau kabur, mouse yang tidak dapat berfungsi, kesulitan dalam menggunakan keyboard ataupun kendala lainnya. Jika kita melakukan sesuatu semau kita dan tanpa di dasari dengan informasi yang cukup, hal tersebut bisa saja membuat komputer menjadi rusak.

Mencari informasi yang kita butuhkan mengenai penggunaan komputer kepada seseorang yang lebih paham dan mengerti tentang komputer. Agar kita dapat memaksimalkan kinerja kita dengan menggunakan komputer.

Kita juga jangan asal bertanya dan percaya kepada orang yang tidak kita percayai mengenai komputer. Pastikan orang yang kita tanya tersebut mempunyai pengetahuan komputer yang baik. Jika kita asal bertanya kepada orang lain tanpa memperhitungkan beberapa faktor, kita bisa saja salah dalam pengoperasian komputer itu sendiri dan itu bisa berakibat fatal.

Jangan pernah merasa malu akan kemampuan sendiri. Semua orang mempunyai latar yang berbeda – beda dalam menggunakan komputer. Kemampuan dari masing – masing pengguna pasti berbeda, sehingga kita juga harus yakin dengan diri kita dalam menggunakan komputer dengan pengetahuan yang kita miliki.

Kita harus banyak berlatih dalam menggunakan komputer itu sendiri. Kita harus mengenal lebih dalam mengenai keunggulan dan kekurangan yang dimiliki sebuah komputer. Jangan sampai kita menggunakan sebuah aplikasi yang mana komputer tersebut tidak bisa menjalankannya. Jika dipaksakan, hal tersebut bisa membuat sistem pada komputer bisa jadi kacau atau eror.

Kita harus tahu beberapa fungsi lain dari komputer itu sendiri seperti penggunaan untuk bermain game, mendengarkan musik, menulis, menonton televisi, film dan lain sebagainya.

 

Baca juga :

                    5 Antivirus Terbaik Untuk Melindungi Komputermu

                    Industri laptop/Komputer Di Ambang Kehancuran?

 

Untuk para penggemar game, kita harus memperhatikan beberapa spesifikasi yang tentunya menjadi hal penting sebagai syarat minimum dalam menjalankan sebuah game itu sendiri. Jika komputer yang kita miliki tidak mempunyai spesifikasi yang memenuhi syarat untuk game tersebut, maka kita tidak akan pernah bisa menjalankan game yang kita ingin mainkan.

Kita tidak perlu panik jika komputer yang kita gunakan tiba – tiba mati atau bahkan tidak bisa masuk ke layar awal (windows). Kita masih bisa melakukan langkah install ulang agar komputer bisa berjalan seperti biasa.

Namun untuk proses install ulang ini memiliki kesulitan yang berbeda – beda. Agar kita tidak salah dalam melakukan proses install ulang, lebih baik kita meminta teman atau kerabat lainnya yang lebih mengerti komputer untuk melakukan proses install ulang pada komputer tersebut. Opsi lain, kita bisa saja membawa komputer ke rental komputer untuk melakukan proses install ulang.

Akan tetapi, jika kita menggunakan jasa rental komputer, kita harus mengeluarkan biaya yang berbeda – beda untuk setiap tingkat kesulitannya. [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel