Cara Merawat Komputer Anda Agar Terhindar Dari Virus Mematikan

5 Aug 2013 09:00 7007 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kemanan komputer adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan dengan baik.Jika Kita tidak memperhatikan tingkat keamanan pada kmoputer kita, maka jangan heran jika komputer yang kita miliki tiba - tiba rusak. 
Keamanan komputer adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan dengan baik.Jika Kita tidak memperhatikan tingkat keamanan pada kmoputer kita, maka jangan heran jika komputer yang kita miliki tiba - tiba rusak.
 
Kerusakan itu sendiri dapat ditimbulkan oleh berbagai sebab, bisa saja seperti karena adanya sesuatu yang sudah usang, harddisk terbakar dan bahkan terjangkit virus yang sangat mematikan. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk tetap menjaga performa kompter yang kita miliki berjalan dengan baik. 
 
Salah satunya mungkin dari segi pencegahan serangan jenis virus.
 
Kali ini Plimbi akan berbagi mengenai cara merawat komputer agar tidak terjangkit virus yang mengganggu.
 
Virus tentunya bukan hal yang sepele, jika kita membiarkan virus ini bersarang pada komputer kita, maka tidak menutup kemungkinan komputer yang kita miliki akan terasa sangat lambat dan bahkan tidak dapat masuk ke akses Windows sama sekali.
 
Tentunya kita tidak mau kan jika komputer kesayangan kita rusak begitu saja. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini terdapat beberapa cara merawat komputer agar terhindar dari serangan file berbahaya seperti virus.
 
Langkah - langkah berikut dapat menjadi salah satu langkah pencegahan dalam menghalau segala jenis virus yang ingin masuk dan merusak komputer kita. Mari kita lihat langkah pertama yang dapat kita lakukan agar terhindar dari kerusakan fatal yang disebabkan oleh file berbahaya.
 
Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan cara mem-back up data secara teratur ke dalam sebuah CD atau DVD.
 
Sebuah virus dapat menghapus data - data penting dari komputer kita, tentunya hal tersebut sangat membahayakan data - data penting yang ada pada komputer kita bukan? Nah, untuk menghindari kejadian tersebut, kita dapat melakukan pemindahan data ke sebuah CD atau DVD, dengan cara ini kita dapat menyelamatkan data - data penting pada komputer kita dari serangan virus yang berbahaya tersebut.
 
Dengan melakukan langkah ini secara teratur, kita tidak akan kehilangan data - data penting kita karena sudah tersimpan dengan baik pada sebuah CD ataupun DVD.
 
Langkah selanjutnya yakni jangan pernah memberikan akses kepada komputer lain untuk memasuki komputer yang kita miliki.Apalagi jika kita tidak mengetahui seluk beluk dari komputer lain tersebut. Bisa saja komputer tersebut memiliki file berbahaya ketika memasuki komputer kita ataupun sebaliknya. Sistem operasi komputer kita dapat memberikan akses kepada komputer lain (jika akses tersebut diberikan oleh kita) untuk koneksi internet, mengakses hard-drive komputer kita, dan bahkan berbagi file. Nah, kemampuan berbagi file ini salah satu hal yang berbahaya jika dilakukan dengan komputer asing. File tersebut bisa saja berisi virus yang mengancam keamanan komputer kita sendiri.
 
Oleh karena itu, kita perlu waspada mengenai file dari komputer lain yang tidak terpercaya keamanannya. Untuk menjaga keamanan komputer kita dari komputer lainnya, kita dapat menonaktifkan file sharing. 
 
Langkah yang ketiga adalah memutuskan jaringan internet jika sudah tidak digunakan. Perlu kita ingat bahwa koneksi internet ini berjalan dua arah yakni mengirim informasi dan mendapatkan informasi dari dunia maya.
 
Dengan memutuskan koneksi internet setelah digunakan, dapat menjaga keamanan komputer kita dari seseorang yang ingin menggunakan akses internet dari komputer yang kita miliki. Jika kita sering menggunakan jaringan internet, sebaiknya kita juga memasang sebuah anti virus yang terbaru untuk menghindari serangan virus dari web tidak jelas ataupun orang lain.Langkah ini cukup ampuh untuk melindungi keamanan komputer kita ketika berselancar di dunia maya.
 
Langkah berikutnya yakni dengan memeriksa tingkat kemanan komputer kita secara teratur. Jika kita memiliki banyak file dan aplikasi perangkat lunak lainnya, sebaiknya kita selalu melakukan pemriksaan pada file - file tersebut agar terhindar dari para peretas dan virus.
 
Contohnya kita dapat menggunakan sebuah anti virus yang terus diperbaharui. Tidak hanya itu, kita juga dapat memeriksa melalui perangkat browser yang biasanya memiliki sistem pengaturan kemanannya.
 
Baca juga :
                   
                   Tips Cara Merawat Komputer Agar Tetap Terjaga Keamanannya
                   Samsung Galaxy S7 Edge dan S6 Edge, "edge" S7 lebih berguna dan lebar
 
 
Dengan melakukan pemeriksaan pada komputer secara teratur akan membuat kualitas kemanan komputer kita terus terpantau.
 
Terakhir adalah memastikan bahwa komputer kita terhindari dari tangan - tangan jahil. Jika kita memberikan akses kepada semua orang untuk menggunakan komputer kesayngan kita, maka terjangkitnya komputer kita dengan virus - virus berbahaya sangat lah besar peluangnya. Jadi, pastikan bahwa yang dapat menggunakan komputer kita adalah orang - orang terdekat kita seperti keluarga dan kerabat dekat.
 
Langkah terakhir ini adalah salah satu langkah penting dalam menjaga data - data penting yang ada pada komputer kita.
 
Nah, langkah - langkah di atas adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam menjaga kualitas dari keamanan komputer kita agar tidak terinfeksi dan rusak begutu saja. 
 
Peran kita juga sebagai penggunan sangatlah penting, jangan sampai cereboh dan teledor dalam memberikan akses keluar masuk bagi orang lain dalam menggunakan komputer kita, karena hal tersebut sangat membahayakan komputer dan data - data di dalamnya.
 
Semoga informasi ini dapat bermanfaat dengan baik bagi kita semua. [NRZ]
Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel