Lima Tips Membeli Laptop Berkualitas Sesuai Kebutuhan di Tahun 2013

7 Aug 2013 09:00 47261 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sementara tablet mendapatkan perhatian dewasa ini, ada alasan mengapa laptop terus menjadi perangkat komputasi pilihan bagi kebanyakan orang. Laptop menawarkan keyboard yang nyata untuk mengetik lebih cepat, bekerja baik pada sektor multitasking, dan menawarkan banyak kekuatan untuk segala sesuatu seperti mengedit video dan membuat presentasi PowerPoint. Lalu tipe laptop apa yang sesuai dengan kebutuhan anda? Ada beberapa tips membeli laptop untuk menemukan tipe laptop yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sementara tablet mendapatkan perhatian dewasa ini, ada alasan mengapa laptop terus menjadi perangkat komputasi pilihan bagi kebanyakan orang. Laptop menawarkan keyboard yang nyata untuk mengetik lebih cepat, bekerja baik pada sektor multitasking, dan menawarkan banyak kekuatan untuk segala sesuatu seperti mengedit video dan membuat presentasi PowerPoint. Lalu tipe laptop apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Ada beberapa tips membeli laptop untuk menemukan tipe laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa tips membeli laptop di tahun 2013 ini telah Plimbi rangkum di bawah ini guna membantu Anda untuk menemukan laptop yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Tanpa menunggu waktu yang lebih lama, berikut ulasannya.

Mac atau Windows?

Ini bukanlah pertanyaan yang mudah untuk dijawab, terutama jika Anda belum pernah mencoba berhijrah dari Windows ke Mac. Tapi gambaran singkat di bawah ini mungkin akan membantu Anda untuk memilih.

Windows 8

Notebook Windows pada umumnya menawarkan harga yang terjangkau dan juga menawarkan jangkauan yang lebih luas untuk desain dari beberapa vendor besar di luar sana. Tidak seperti Apple, Microsoft dan mitra-mitranya memungkinkan pengguna untuk membeli notebook dengan layar sentuh, serta desain konversi yang memungkinkan Anda dengan mudah mengubah dari notebook ke mode tablet. Jika Anda terbiasa dengan antarmuka Windows, tetapi belum mencoba Windows 8, Anda mungkin akan mendapatkan kejutan ketika pertama kali menyambut 8 ke layar Anda. OS baru telah menggantikan menu Start dengan start layar berbasis touch-friendly apps. Namun, Windows 8 masih memiliki modus desktop untuk menjalankan semua aplikasi yang ada.

Mac OS X

MacBook Air dan MacBook Pro menawarkan sistem yang mudah digunakan pada OS X Mountain Lion. Bahkan, ada yang mengatakan Mountain Lion lebih mudah untuk dinavigasi  dibandingkan dengan Windows 8. MacBook menawarkan fitur iOS seperti seperti Launch Pad untuk aplikasi Anda, gerakan superior multitouch, dan Auto Save dan Resume sehinga memudahkan Anda untuk melanjutkan pekerjaan Anda. MacBook Air dan  MacBook Pro  juga cenderung memiliki mesin yang sama dengan Windows ketika menyinggung masalah industri desain. Sementara Windows PC menawarkan pilihan lebih banyak untuk aplikasi, Apple membuat lebih mudah untuk menemukan dan menginstal program dengan Mac App Store. Harga yang mahal menjadikan perangkat Apple ini harus dipikirkan kembali untuk dipinang.

Pilih Ukuran yang Tepat

Sebelum Anda memutuskan hal lain, maka Anda perlu menentukan ukuran yang tepat untuk perangkat Anda. Laptop biasanya dikategorikan dengan ukuran layar yang mereka bawa.

  • 11 – 12 inci: Laptop tertipis dan teringan memiliki ukuran sekitar 11 hingga 12 inci dan biasanya memiliki berat sebesar 1 sampai 1,5 kilogram. Namun, pada ukuran ini, layar dan keyboard akan sedikit terlalu sempit untuk beberapa pengguna.
  • 13 – 14 inci: Memberikan keseimbangan terbaik dari portabilitas dan kegunaan. Laptop dengan layar 13 atau14 inci biasanya memiliki berat badan antara 1,5 hingga 2 kilogram dan sangat cocok untuk berada di pangkuan.
  • 15 inci: Ukuran paling populer, laptop 15 inci biasanya cukup besar dan memiliki berat antara 2 hingga 2,9 kilogram. Jika Anda tidak berencana untuk membawa notebook Anda, maka laptop ini sangat sesuai dengan Anda. Beberapa model 15-inci memiliki DVD drive, tetapi Anda akan menghemat berat dari perangkat ini ketika Anda memilih perangkat yang tidak memiliki DVD drive.    
  • 17 – 18 inci: Jika laptop Anda tetap di meja Anda sepanjang hari setiap hari, maka laptop dengan ukuran 17 inci tentunya akan sesuai dengan kebutuhan Anda, dan laptop ini dapat menyediakan Anda dengan jenis kekuatan pemrosesan yang Anda butuhkan untuk bermain game high-end atau melakukan produktivitas workstation  di level yang berat. Karena ketebalan mereka, laptop ukuran ini mampu mengemas quad-core CPU, chip grafis yang besar dan bebepa drive penyimpanan yang juga lega.

Keyboard dan Touchpad

Spesifikasi yang paling mengesankan dalam sebuah laptop adalah ergonomis dan ekosistem dari laptop itu sendiri terutama di bagian keyboard. Apakah keyboard memiliki tactile feedback yang solid dan cukup ruang antara tombol? Apakah touchpad yang dibawanya halus untuk dioperasikan? Apakah tombol mouse memiliki klik memuaskan, atau apakah mereka terasa ringkih? Seberapa baik gerakan multitouch bekerja? Anda harus dapat menyesuaikan kesemuanya ini sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Secara umum, Apple dan Lenovo menawarkan keyboard dan touchpad terbaik. Dell dan HP umumnya cukup handal dalam kategori ini juga.

 

Baca juga :

                    Tips Membeli Laptop Berdasarkan Rentang Kategori Harga

                    Lumia 550, Dengan Windows 10 Namun Harga Tetap Ramah Kantong

 

Ketahui Spesifikasi Kebutuhan Anda

Spesifikasi notebook seperti CPU, hard drive, RAM dan chip grafis dapat membingungkan bahkan penggemar notebook, jadi Anda jangan merasa kikuk terlebih dahulu sebelum Anda mengintip satu persatu apa yang berada di bawah desain laptop yang Anda inginkan. Apa yang Anda butuhkan benar-benar tergantung pada apa yang Anda rencanakan kepada laptop Anda. Tugas yang lebih intensif seperti game 3D dan HD video-editing memerlukan komponen lebih mahal.

Berikut adalah komponen utama yang harus Anda awasi.

- CPU: Laptop paling mahal di pasar saat ini adalah yang memiliki AMD E Series atau Intel Pentium CPU, yang akan berjuang untuk menangani produktivitas serius atau tugas media, namun dapat menangani web surfing. Jangan dulu puas dengan  prosesor Intel Core i3 atau AMD CPU Seri A. Jika Anda memiliki budget di atas Rp5 jutaan, setidaknya Anda harus memilih prosesor Intel Core i5 CPU, yang mampu meningkatkan kecepatan clock secara dinamis ketika Anda membutuhkan kinerja yang lebih. Dan untuk Anda para power user dan gamer hardcore, sebaiknya memilih chip quad-core.

- RAM: Ketika datang ke memori, atau RAM, bahkan notebook termurah saat ini memiliki RAM sebesar 4GB. Dan jika Anda mampu memboyong laptop dengan RAM sebesar  6 atau 8GB, Anda akan lebih siap untuk aplikasi high-end dan banyak multitasking.

- Hard Drive: Untuk kebanyakan pengguna, drive yng cepat lebih penting daripada yang memiliki kapasitas besar. Jika Anda memiliki pilihan, maka disarankan untuk memilih hard drive 7.200 rpm. Bahkan jika Anda memiliki beberapa film dan game pada hard drive Anda, maka Anda harus menyediakan cukup ruang, setidaknya 500GB atau 750GB.

- Solid State Drives (SSDs): Drive jenis ini biasanya memakan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan hard drive tradisional dan datang dengan kapasitas lebih kecil (biasanya 128 sampai 256GB), tetapi mereka secara dramatis meningkatkan kinerja. Anda akan menikmati waktu booting yang lebih cepat dan begitu pula dengan membuka aplikasi yang juga sangat cepat. Ditambah, , karena SSD tidak memiliki bagian mekanis, maka kerusakan akan jauh lebih kecil di dalam perangkat ini.

- Layar: Semakin banyak piksel yang Anda miliki, semakin banyak konten yang Anda dapat muat pada layar. Sebagian laptop anggaran dan mainstream, datang dengan resolusi 1366 x 768-pixel. Namun, jika Anda memiliki pilihan, memilih laptop dengan jumlah pixel yang lebih tinggi 1600 x 900 atau 1920 x 1080 maka akan jauh lebih baik.

- Graphics Chip: Untuk sebagian besar, chip grafis terintegrasi akan melakukan tugas dasar dengan lancar, seperti berselancar di Web, menonton video, dan bahkan bermain beberapa game mainstream. Tapi prosesor grafis diskrit AMD atau Nvidia akan memberikan kinerja yang lebih baik ketika datang ke permainan yang  menuntut perangkat Anda bekerja keras. Plus, sebuah GPU yang baik dapat mempercepat pemutaran video serta mempercepat video editing.

Hybrid atau Tradisional?

Sejak peluncuran Windows 8, banyak laptop dengan desain hybrid bermunculan dan berfungsi gAnda sebagai tablet. Ini termasuk Lenovo IdeaPad Yoga, yang memiliki layar yang bisa membungkuk 360 derajat dan berubah menjadi sebuah tablet yang bisa terlepas dari keyboardnya seperti HP Envy x2 dan notebook dengan slide-out keyboard seperti Sony VAIO Duo 11.

Jika Anda menyukai ide sesekali menggunakan laptop dalam mode slate, convertible seperti Yoga adalah pilihan serbaguna. Namun jika Anda ingin perangkat yang bekerja penuh dan dapat diandalkan, maka notebook tradisional merupakan pilihan yang cocok bagi Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel