Tips Memaksimalkan Penggunaan Aplikasi WhatsApp untuk Android

29 Jul 2013 21:00 40430 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Aplikasi chat lintas platform akhir–akhir ini kembali booming di kalangan pecinta gadget Indonesia. Jika di blackberry BBM menjadi senjata Andalan, maka WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat yang cukup sukses di android. Meski saat ini bermunculan aplikasi chat lintas platform baru, tampaknya fitur lintas platform yang baik serta koneksi yang cepat membuat WhatsApp masih menjadi aplikasi terfavorit di dunia.

Aplikasi chat lintas platform akhir–akhir ini kembali booming di kalangan pecinta gadget Indonesia. Jika di BlackBerry BBM menjadi senjata Andalan, maka WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chat yang cukup sukses di Android. Meski saat ini bermunculan aplikasi chat lintas platform baru, tampaknya fitur lintas platform yang baik dan simpel serta koneksi yang cepat membuat WhatsApp masih menjadi aplikasi terfavorit di dunia. Sayangnya, kebanyakan pengguna aplikasi WhatsApp tidak terlalu memanfaatkan berbagai fitur yang ada dengan maksimal. Padahal ada beberapa tips dan trik aplikasi WhatsApp untuk Android yang bisa dimanfaatkan supaya penggunaan aplikasi Android ini lebih maksimal.

Aplikasi WhatsApp Messenger adalah aplikasi pengiriman pesan yang menggunakan koneksi 3G atau WiFi untuk berkomunikasi tanpa harus mengeluarkan biaya. Dengan menggunakan WhatsApp, Anda dapat melakukan chatting, file sharing, dan lain-lain.

Bagi Anda yang menggunakan WhatsApp di platform Android, ada beberapa tips dan trik aplikasi WhatsApp untuk Android yang bisa diterapkan. Apa sajakah itu?

Suara Notifikasi

Tidak seperti Blackberry, kebanyakan smartphone Android tidak memiliki LED untuk notifikasi. Alhasil untuk pemberitahuan, kebanyakan smartphone hanya mengandalkan suara notifikasi. Dengan Tips dan trik aplikasi WhatsApp berikut ini bisa  memaksimalkan fitur suara notifikasi yang ada.

Anda mungkin ingin memberikan perhatian khusus pada chat yang datang dari orang atau grup tertentu. Supaya langsung ketahuan chat yang masuk datang dari siapa, Anda bisa memilih suara notifikasi khusus bila chat datang dari orang atau grup tertentu.

Anda dapat mulai mengatur notifikasi  untuk grup di whatsapp terlebih dahulu. Setelah masuk ke whatsapp, masuk ke menu settings. Tab tombol notifikasi. Masuk ke bagian grup notifikasi. Kemudian tab tombol tone notifikasi. Pilih nada suara notifikasi yang Anda inginkan.

Pada bagian yang sama, Anda bisa menentukan apakah notifikasi yang akan diberikan cukup berupa suara saja atau sekaligus dengan vibrasi serta lampu yang berkedip-kedip dengan warna tertentu? Yang disebut terakhir ini tergantung dari ponsel yang Anda miliki karena tidak semua ponsel memiliki fitur lampu notifikasi.

Sekarang untuk pengaturan notifikasi perorangan. Setelah masuk ke whatsapp, masuk ke menu settings. Tab tombol notifikasi. Masuk ke bagian Message notifications. Kemudian Aktifkan opsi Contact ringtone. Anda langsung bisa melakukan pengaturan di kontak smartphone Android Anda. Tab nama kontak yang ingin diatur agar memiliki ringtone khusus. Tab menu edit. Lalu pilih ringtone yang diinginkan.

Blok Kontak Tertentu

Kebebasan di dunia maya terkadang memberikan hal positif dan negative. Tak jarang nomor kontak milik Anda jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab lalu banyak mengirim chat berupa spam melalui WhatsApp. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan dan mengganggu. Anda tak perlu khawatir karena  Tips dan trik aplikasi WhatsApp berikut ini bisa melakukan blok terhadap pengguna yang tidak Anda sukai. Caranya relatif gampang.

Jalankan aplikasi whatsapp. Masuk ke menu kemudian pilih settings lalu pilih contacs. Tab menud Blocked contacts. Tab tombol di kanan atas untuk menambahkan kontak ke daftar blocked. Pilih kontak yang hendak diblock.

Bila Anda tidak sengaja melakukan blok terhadap nomor yang seharusnya tidak diblok, ulangi kembali langkah diatas, lalu tab dan tahan nomor kontak yang hendak “dibebaskan” dan pilih Unblock [nama kontak].

Bila yang hendak diblok adalah nomor yang belum tercatat ke dalam kontak, buka pembicaraan (conversation) dengan nomor tersebut lalu geser ke posisi paling atas dan ketuk tombol Block.

 

Baca Juga :

                    Google Butuh Nama Untuk Android N, Yuk Bantu!

                    5 Langkah Menulis Artikel dengan Cepat untuk Pemula! Dijamin Langsung Bisa!

 

Chat Dengan Teks Unik

Jenis font yang digunakan pada aplikasi WhatsApp adalah jenis font standar. Bila Anda ingin tampil beda, Anda bisa menggunakan teks dengan efek font khusus. Trik ini bukan bawaan WhatsApp sebenarnya tetapi menggunakan aplikasi khusus bernama Fancy Text Generator.

Yang perlu dilakukan,  Unduh aplikasi Fancy Text Generator dari Google Play Store lalu jalankan aplikasi tersebut. Ketikkan teks pada tempat tersedia dan di bagian bawahnya akan ditampilkan daftar teks yang telah diberi efek. Tab tombol yang ada di sisi kanan salah satu teks yang telah diberi efek untuk menyalinnya ke dalam clipboard.

Jalankankan WhatsApp dan lakukan paste ke dalam kotak yang digunakan untuk menuliskan teks. Teks yang telah disalin tadi akan ditampilkan di sana lengkap dengan efeknya. Tab tombol Send untuk mengirimkan teks tadi.

Pada dasarnya output aplikasi Fancy Text Generator tadi bersifat universal, jadi bukan ditujukan khusus untuk WhatsApp saja. Output dari Fancy Text Generator ini juga bisa digunakan pada aplikasi mobile chat lainnya. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel