Tips Memaksimalkan Kinerja Touchpad Laptop dengan Scrybe

9 Sep 2013 18:00 8482 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Terdapat dua hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan menggunakan laptop. Yang pertama Anda meningkatkan kinerja Anda sendiri, dan yang kedua adalah meningkatkan kinarja komputer Anda, baik dengan melakukan upgrading hardware atau dengan menginstal berbagai macam software pembantu untuk keyboard, touchpad laptop, dan sebagainya..

Terdapat dua hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan menggunakan laptop. Yang pertama Anda meningkatkan kinerja Anda sendiri, dan yang kedua adalah meningkatkan kinarja komputer Anda, baik dengan melakukan upgrading hardware atau dengan menginstal berbagai macam software pembantu untuk keyboard, touchpad laptop, dan sebagainya..

Bagi para pemilik laptop, touchpad merupakan sebuah komponen vital yang akan menentukan kualitas Anda dalam menggunakan laptop. Itulah mengapa Apple tidak henti-hentinya melakukan peningkatan kinerja pada touchpad Macbook mereka. Namun sayangnya, hal tersebut tidak terjadi pada berbagai laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Pasalnya, kebanyakan touchpad laptop Windows tidak disertai dengan fitur multi-touch gesture sehingga Anda harus menginstal aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki laptop Windows. Aplikasi tersebut adalah Scrybe, yaitu aplikasi buatan Synaptic yang dapat meningkatkan kinerja touchpad yang terdapat di hampir seluruh laptop.

Instalasi

Scrybe merupakan sebuah aplikasi yang menawarkan fitur two finger scroll bagi para pemilik laptop non-Apple. Sebelum Anda menginstal aplikasi ini, Anda terlebih dahulu diharuskan untuk mengupdate driver touchpad Synaptic Anda dengan versi terbaru. Untuk mengatasi konflik setelah instalasi, maka Anda juga disarankan untuk menghapus seluruh aplikasi yang berkaitan dengan touchpad laptop Anda. Anda bisa mengunduhnya di sini.

Dengan menginstal aplikasi ini, maka sekarang Anda dapat melakukan scrolling dengan dua tangan, baik itu ke atas dan ke bawah maupun ke kanan dan ke kiri. Untuk mengatur kecepatan scrollingnya, Anda tinggal melakukan klik kanan pada ikon touchpad di taskbar, kemudian pilih opsi “Pointing Device Properties“. Setelah itu pilih tab “Wheel” dan atur berapa kecepatan yang Anda inginkan pada opsi “The following number of lines at a time.”

 

Baca juga :

                    Rapoo - Keyboard Touchpad Sebagai Alternatif Pengganti Mouse

                    "Tahu Bulat Digoreng Dadakan," Sekarang ada Game-nya lho!

 

Cara Menggunakan Scrybe

Selain menawarka fitur two finger scrolling, aplikasi Scrybe ini juga menawarkan berbagai macam fitur lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah fitur yang dapat membuka aplikasi atau membuka sebuah link URL secara langsung hanya dengan melakukan “Three-finger tap” alias ketukan oleh tiga jari sekaligus.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan gesture tertentu untuk melakukan berbagai macam action. Selain bisa menggunakan gesture yang sudah disediakan, and juga dapat membuat gesture Anda sendiri. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik kanan pada ikon Scrybe di taskbar, kemudian pilih opsi “Scrybe Control Panel“.
  • Setelah control panelnya terbuka, klik tombol plus (+) yang berwarna hijau.

  • Setelah layar “New Gesture” terbuka, berilah nama pada gesture tersebut.
  • Pilihlah tipe gesture tersebut, apakah untuk membuka website (Visit Website) atau untuk membuka aplikasi (Launch Application).
  • Jika Anda memilih “Visit Website,” maka Anda harus menuliskan alamat dari website yang ingin Anda kunjungi. Sementara jika Anda memilih “Launch Application,” maka Anda harus menunjukan lokasi aplikasi yang ingin Anda buka.
  • Pilihlah salah satu symbol yang merepresentasikan fungsi gesture tersebut dengan cara mengklik tanda panah kecil di bawah boks “Symbol.”
  • Klik OK untuk menyimpannya.

Terdapat banyak sekali symbol yang bisa Anda pilih untuk merepresentasikan gesture yang Anda buat. Gesture yang telah Anda buat tersebut kemudian akan tersimpan dalam tab “Favorites.” Untuk membuat berbagai macam gesture lainnya, Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah di atas kembali.

Mesin pencari default yang disediakan oleh aplikasi Scrybe ini adalah Google. Apabila Anda ingin merubahnya ke mesin pencari yang lain, maka Anda dapat memilih menu “Preferences.” Dalam menu tersebut, Anda dapat mengatur setingan mesin pencari, dan beberapa hal kecil lain yang terdapat pada Scrybe.

Sekarang, saatnya bagi Anda untuk mencoba gesture yang sudah Anda buat. Pertama, letakan 3 jari Anda sekaligus pada touchpad hingga muncul sebuah layar yang menampilkan beberapa gesture yang sudah Anda buat. Setelah itu, mulailah untuk membuat sebuah pola gesture pada touchpad. Sesaat setelah Anda melepaskan jari dari touchpad tersebut, maka action yang telah Anda tentukan akan langsung terbuka.

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah bahwa aplikasi ini tidak dapat digunakan pada semua jenis laptop. Namun jika touchpad yang Anda gunakan adalah buatan Synaptic, maka besar kemungkinan aplikasi ini dapat digunakan dengan baik. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel