Cara Memperbaiki Hardisk Rusak untuk Recover Data

27 Jul 2013 16:00 66582 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Hardisk mungkin bukan barang yang mahal lagi sekarang, apalagi semenjak mendominasinya SSD, flashdisk, dan awan. Tetapi pasti masih banyak yang menggunakan atau juga memiliki hardisk yang rusak tetapi pada hardisk tersebut masih tersimpan file-file yang dibutuhkan. Apa yang bisa kita perbuat pada hardisk yang sudah rusak tersebut (tidak terbaca lagi)?

Hardisk mungkin bukan barang yang mahal lagi sekarang, apalagi semenjak mendominasinya SSD, flashdisk, dan awan. Tetapi pasti masih banyak yang menggunakan atau juga memiliki hardisk yang rusak tetapi pada hardisk tersebut masih tersimpan file-file yang dibutuhkan. Apa yang bisa kita perbuat pada hardisk yang sudah rusak tersebut (tidak terbaca lagi)? kebanyakan dari kita mungkin membuangnya atau menjualnya kepada tukang service. Mereka kemudian mengambil hardware yang mungkin masih bisa digunakan. Atau juga Anda menjadikannya hiasan. Padahal, masih ada upaya yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan file-file yang ada di hardisk tersebut. Cara memperbaiki hardisk rusak akan dijelaskan pada tips kali ini.

Yang perlu Anda ketahui, mungkin ini tidak bisa dijalankan pada beberapa hardisk yang kerusakannya parah secara fisik. Atau juga, hardisk yang sudah lama sekali rusak dan tidak ada aktivitas lagi setelah kerusakannya. Walau begitu, kita masih perlu berupaya. Tidak ada salahnya mencoba. Berikut cara memperbaiki hardisk rusak:

Hardisk external? Cek apakah sambungan IDE/SATA ke USB baik-baik saja

Kegagalan hardisk external bisa karena berbagai faktor, sama dengan kegagalan pada hardisk internal. Terkadang bukan hardisknya yang berhenti bekerja tetapi penyambungnya. Bila memang ini masalahnya sangat mudah untuk diperbaiki.

Sebelum mencabut hardisk, hal yang perlu Anda perhatikan adalah listrik. Ketidak stabilan listrik dirumah Anda bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan berbagai hardware. Listrik juga berbahaya bagi Anda, jadi pastikan untuk memutus hubungan komputer dengan listrik. Cabut hardisk external dari komputer kemudian gunakan kabel IDE/SATA dan power conector untuk menginstal drive internal pada komputer Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan IDE/SATA ke USB sehingga Anda bisa menyambungkan hardisk dari luar menggunakan USB.

Bila memang penghubung adalah penyebabnya ketika Anda menguhubungkan hardisk eksternal ke komputer Windows akan mengenali dan memberikan huruf untuk hardisk Anda. Jika hal ini tidak berhasil, Anda bisa bisa secara manual mempersempit penyebab kerusakan hardisk. Mari kita lihat petunjuk berikutnya.

Hardisk internal? Cek apakah koneksi hardisk baik-baik saja

Sama dengan sebelumnya, pada hardisk internal kemunkinan kegagalan hardisk dikarenakan sambungan ke motherboard. Sebelum ke tukang service atau tindakan yang lain, pastikan Anda memasang kabelnya dengan benar. Bisa jadi terkadang kurang tepat pemasangannya. Kemudian lakukan pengecekan listrik seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Suara pada hardisk

Ketika Anda menjalankan hardisk  yang rusak coba dengarkan suara yang dikeluarkannya. Apakah hardisk benar-benar mati atau masih berputar. Perhatikan suaranya karena suara pada hardisk berbeda-beda dan bandingkan dengan suara hardisk yang bisa kita lihat pada website Data Cent. Ini akan membantu kita mendiagnosa kerusakan pada hardisk kita.

Kerusakan bisa dari internal hardisk atau external. Suara klik-klik itu bisa jadi karena kepala hardisk rusak, atau bila benar-benar tidak berputar bisa jadi karena printed circuit board (PCB) hardisk rusak.

 

Baca juga :

                    Flashdisk, SD Card atau Hardisk Internal Rusak, Bermasalah? Coba Car Ini

                   Empal Gentong di Setiabudi Jakarta yang Tak Kalah dengan di Cirebon

 

Lihat apakah hardisk ter-recognize oleh komputer

Untuk mengetahui ini Anda bisa masuk ke menu BIOS. Untuk masuk ke menu BIOS pada saat booting Anda harus menekan tombol sesuai motherboard Anda. Misalnya tombol DEL, F2,F1,F8 atau F10. Pada menu BIOS cari menu yang memberikan daftar drive pada komputer Anda. Biasanya menu ini bernama Boot (mungkin bisa berbeda dengan komputer Anda).

Jika Anda menghubungkannya ke komputer lain Anda tidak perlu ke BIOS. Cukup tekan tombol Windows+R kemudian ketika cmd dan tekan ENTER untuk membuka Command Prompt. Kemudian ketika diskpart dan ENTER, ini akan memunculkan copyright dan nama komputer Anda. Kemudian ketikkan lagi list volume, ini akan menunjukkan semua hardisk yang tersambung dengan komputer Anda secara detail. Bila data tidak muncul berarti hardisk yang di uji coba tidak terbaca oleh Windows.

Apakah PCB yang Rusak?

Bila PCB yang rusak kita bisa dengan mudah datang ke tempat servis dan mengganti PCB-nya. Tetapi ini kemungkinana besar akan menghilangkan data yang ada pada hardisk tersebut. Jika Anda peduli dengan data yang ada di dalamnya sebaiknya berfikir kembali untuk mengganti PCB. Ini kerusakan krusial bagi hadisk yang ingin diselamatkan datanya. Anda memang harus merelakan data bila memang ini yang rusak. Tetapi tetap ada kemungkinana data masih bisa terselamatkan. Untuk penggantian PCB selengkapnya bisa Anda lihat pada video di bawah.

Bimsalabim

Ketika hardisk gagal, PCB baik-baik saja, masih terrecognize dan berputar tetapi tidak muncul di Windows tetap saja tidak ada software recovery yang bisa membantu menyelamatkan data Anda. Maka trik dari orang-orang yang berbau magic bisa Anda coba. Trik yang biasa dipakai untuk hardisk adalah memasukkannya ke dalam oven, mengguncang-guncang, membenturkan ke lantai atau tembok dan yang paling sering adalah memasukkannya ke dalam kulkas semalaman. Entah kenapa, trik ini terkadang berhasil.

Strategi recover data

Walau dengan tindakan magic di atas bisa membuat jalan hardisk Anda belum tentu bisa berjalan dalam waktu yang lama. Karena itu Anda perlu software bacupdata yang cepat dan ruang penyimpanan yang besar. Jika meng-copy-nya secara manual itu sangat memakan waktu. Bila terpaksa copy lah bagian terpenting saja. Jika Anda meng-copy terlalu banyak malahan bisa berakibat fatal pada hardisk karena dia harus bekerja ekstra. Dan yang terakhir konsultasi dengan orang yang sudah profesional .

Catatan: Karena ini di Windows maka Anda bisa juga mencoba hardisk yang rusak di OS lain Linux atau jenis Windows yang lain. Ada kemungkinan Windows tidak mampu membaca tetapi Linux bisa. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel