Tips Mempersiapkan Android Second Saat Akan Dijual Kembali

17 Oct 2012 17:00 7385 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Banyak masyarakat mengganti handphone agar tetap *update* terhadap perkembangan teknologi. Tidak peduli apakah handphone tersebut dalam kondisi baru atau bekas. Dan bagi Anda yang berniat untuk menjual kembali ponsel Android ke pasaran, simak hal-hal penting apa saja yang perlu diperhatikan sebelum benar-benar melakukan transaksi penjualan.

Perkembangan teknologi handphone yang cepat, membuat daya beli masyarakat meningkat. Banyak masyarakat mengganti handphone agar tetap update terhadap perkembangan teknologi. Tidak peduli apakah handphone tersebut baru atau bekas.

Dengan adanya pangsa pasar yang besar untuk handphone bekas, tidak bisa dipungkiri perputaran jual beli handphone semakin cepat. Untuk Anda yang ingin menjual smartphone Android sendiri, simak tips dan trik untuk mempersiapkan Android second saat Anda ingin menjualnya kembali berikut ini.

Bersihkan perangkat Android Hal yang paling pertama dilakukan adalah membersihkan perangkat Android, karena hp Android bekas Anda akan dibeli oleh orang lain. Biasanya orang akan memeriksa fisik handphone pada saat akan membelinya. Dari tampilan fisik yang bersih, akan memberikan kesan yang baik pada perangkat tersebut. Dengan melakukan hal yang sederhana ini, dapat dinilai bahwa membersihkan perangkat Android second akan menjadikannya lebih baik, tampak baru, dan menjadi nilai plus bagi calon pembeli. Setiap pembeli hp Android bekas akan memfokuskan perhatiannya pada layar. Oleh karena itu, layar patut diberikan perhatian lebih. Bersihkan area layar secara cermat agar tampak bersih dan cerah. Di samping itu, Anda juga harus memberikan perhatian terhadap area lain di antaranya area di sekitar baterai.

Hapus data microSD dan kontak Tidak ada orang yang menginginkan kontak telepon Anda, untuk itu Anda harus menghapusnya. Cara ini juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap orang-orang yang ada di kontak telepon Anda. Standar lain yang harus dilakukan saat akan menjual hp Android bekas adalah dengan menghapus isi data dalam microSD, jika Anda menjual perangkat Android satu paket dengan microSD. Mungkin data yang ada dalam microSD tersebut penting dan bersifat pribadi bagi Anda, oleh karena itu setelah memindahkan data, hapus data yang ada di dalam microSD.

Lakukan Reset pada Android Anda Ini adalah hal yang penting dan harus dilakukan untuk membersihkan semua hal yang ada di hp Android bekas yang akan dijual, termasuk hal yang sensitif. Misalnya, Anda menjual hp kepada seorang pembeli. Tentunya Anda tidak mau pembeli tersebut mendapatkan akses ke email atau Google Play dengan memanfaatkan akun email yang ada di dalam Android Anda. Akun email mungkin sudah dihapus, namun apakah Anda yakin semua yang berhubungan dengan email sudah terhapus? Factory reset adalah hal yang bisa dilakukan. Factory reset merupakan cara untuk mengembalikan kondisi Android ke keadaan semula atau seperti baru keluar dari pabrik. Proses factory reset akan menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal Android, termasuk akun email. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi terhadap data-data pribadi Anda. Factory reset dapat dilakukan dengan cara melalui menu settings> privacy> Factory Data Reset. Setelah melakukan factory reset, maka hp Android second yang akan dijual kembali ke sistem awal, dan Anda tidak perlu memeriksa hinga dua kali untuk memastikan data-datanya telah terhapus.

Isi penuh baterai Mengisi baterai hingga penuh merupakan prioritas pilihan saat akan menjual hp Android bekas, dan hal ini tidak dapat memberikan jaminan pembeli akan menyukai perangkat Android Anda. Jika Anda akan menjual Android bekas ke perseorangan atau toko handphone, tentunya semua hal akan diperiksa. Ketika diperiksa, tentunya Anda menginginkan kondisi yang lancar. Bisa saja terjadi baterai Android Anda habis saat diperiksa kondisi sistem di dalamnya. Hal ini dapat mengganggu, karena Anda harus mengisi ulang baterai.

Ini akan memakan waktu yang cukup lama. Mungkin saja pengisian baterai hingga penuh ini bukan merupakan prioritas utama, tetapi hal yang kecil ini patut untuk diperhatikan. Dengan memperhatikan semua hal hingga hal yang kecil ini, maka diharapkan pembeli mendapatkan timbal balik berupa kesenangan setelah membeli perangkat Android milik Anda. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel