Cara Mempercepat Kinerja Komputer agar Lebih Maksimal

24 Jul 2013 18:30 15934 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Cara Mempercepat Kinerja Komputer bisa dilakukan dengan berbagai hal. Anda mungkin akan menemukan berjuta-juta tips untuk hal ini. Dari merubah hardware hingga mengupdate software atau driver PC Anda. Namun kali ini kita akan membahas hal yang berhubungan dengan hardware saja. 

Cara mempercepat kinerja komputer bisa dilakukan dengan berbagai hal. Anda mungkin akan menemukan berjuta-juta tips untuk hal ini. Dari merubah hardware hingga mengupdate software atau driver PC Anda. Namun kali ini kita akan membahas hal yang berhubungan dengan hardware saja. Karena bagian ini yang paling signifikan memberikan perubahan pada PC Anda. Beberapa tips mungkin kurang berhasil atau berbahaya bagi komputer Anda, Plimbi mengingatkan kepada Anda untuk lebih baerhati-hati dalam menjalankan tips dan cara mempercepat kinerja komputer ini:

Update BIOS

Upgrade BIOS Anda, atau firmware bila diperangkat lain seperti router. Ini akan memperbaiki bug bahkan menambahkan fitur baru pada PC Anda. Carilah nomer versi BIOS Anda dengan melihatnya di layar boot atau set-up BIOS kemudian kunjungi website produsennya dan cari upgrade-an terbarunya.

Disable Perangkat yang Tidak Dibutuhkan

Mempercepat proses booting dengan menonaktifkan perangkat motherboard yang tidak Anda gunakan seperti integrated sound, grafik, ekstra port network dan sebagainya. Carilah menu set-up BIOS yang disebut seperti Integrated Peripheral untuk menemukan pilihan yang Anda butuhkan.

Ketika sudah masuk ke Windows piliah menu Device Manager atau cara cepatnya ketik “devmgmt.msc” di Run. Cari perangkat yang kira-kira And tidak membutuhkannya. Misalnya, laptop Anda DVDnya sudah rusak atau kamera ketika memang tidak dibutuhkan, maka disable dengan mengklik kanan mereka ini cukup membantu penghematan daya. Hati-hati, salah mend-disable bisa-bisa membuat PC Anda tidak bisa reboot lagi. Jika tidak yakin dengan ini, cari lah informasi mengenai device yang ada di PC Anda di internet.

Kick-Start PC Anda

Optimalkan pengaturan BIOS Anda akan membuat boot lebih cepat. Matikan extended memory test karena ini tidak ada gunanya kemudian nyalakan QuickBoot atau FastBoot Mode. Kemudian jelajahi program set-up BIOS Anda, cari pengaturan urutan boot (sering dengan nama Boot, Startup atau Boot Menu. Ini merupakan daftar yang menentukan sistem pencarian perangkat portable seperti harddisk, CD-Room atau harddsik external dan sebagainya.

Pastikan harddsik utama Anda berada pada urutan pertam atau boot yang pertama kali. Ini mempersingkat waktu agar tidak boot lewat perangkat lain dan langsung masuk ke Windows.

 

Baca juga :

                Industri laptop/Komputer Di Ambang Kehancuran?

                Nagoya, Jepang Tahun 2017 Mendatang akan Miliki "Legoland" Sendiri

 

Singkirkan Chek USB

Jika Anda meninggalkan flashdisk terus menempel pada PC dan menjadikan flashdisk yang booting terlebih dahulu sebelum hardisk ini akan memakan waktu. PC akan memeriksa flashdisk tersebut bootable atau tidak. Pada kebanyakan BIOS untuk mengatur ini ini disebut sebagai USB Mass Storage Delay. Kalau Anda belum pernah booting lewat flasdisk set pengaturan ini di angka terendah, bila merasa perlu booting lewat flashdisk tinggal tambah angka tersebut.

Overcloack CPU

Ini sudah pasti mempercepat komputer Anda dengan signifikan. Kekuatan prosesor yang hanya 1,5GHz bisa menjadi 2GHz atau 2,5GHz tergantung batas prosesor Anda. Namun ini merupakan tindakan yang sebenarnya berbahaya. Dengan overcloaking berarti PC Anda membutuhkan daya yang lebih, kinerja prosesor semakin berat, panas yang ditimbulkan prosesor juga semakin tinggi dan pengaruhnya ke perangkat lain. Untuk melakukan ini Anda perlu berdiskusi dengan yang sudah ahli. Atau untuk mengurangi panas yang ditimbulkan beli pendingin extra.

Untuk overcloaking And bisa menggunakan software seperti memtest86+ dan OCCT. Ini software yang Plimbi rekomendasikan. Bila saat overcloaking tidak ada penambahan frekwensi voltage (Vcore atau memory voltage) Anda bisa menjalankan overcloaking tersebut. Bila naiknya cukup drastis atau tinggi sebaiknya jangan.

Overcloaking GPU dengan Aman

Jika Andda memiliki intel Core 2 Duo atau i7, cek BIOS Anda dan cari menus seperti ini “Intel Dynamic Acceleration”  atau “Turbo Mode” dan pasitikan ini dalan keadaan hidup. Pengaturan ini akan secara otomatis meningkatkan core Anda satu tingkatan.

Bersihkan fan PC Anda

Ini salah satu tindakan yang penting dan sangat ama asal Anda tidak gegabah dalam membuka fan komputer Anda. Kegiatan ini sangatlah di anjurkan secara rutin. Fan merupakan benda yang banyak menyerap debu atau benda ringan lain di sekitarnya dan dia juga sangat berpengaruh pada kinerja prosesor. Bila dia tidak mampu mendinginkan prosesor maka prosesor juga tidak bisa bekerja maksimal.

Bukan hanya fan prosesor, fan kartu grafik juga perlu Anda bersihkan. Hati-hatilah memberishkan fan ini. Fan memiliki jenis yang berbeda-beda, ada yang bisa di cabut dari framenya ada juga yang tidak bisa. Bila bisa di cabut, Anda bia menambahkan oli bening ke porosnya untuk mendapat putaran yang maksimal. Masih banyak cara yang bisa kita lakukan. Anda bisa mengeksplornya sendiri atau di lain kesempatan kita akan menambahnya lagi. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel