Lima Tips dan Trik untuk Handphone Sony Xperia Z

9 Aug 2013 14:00 74780 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sony Xperia Z mungkin menjadi salah satu smartphone terbaik yang pernah dirilis oleh produsen asal Jepang ini. Desain Sony Xperia Z yang ramping dan menarik serta dibekali fungsionalitas yang inovatif (fitur anti air dan anti debu) membuat gadget ini popular di kalangan pecinta Android.

 

Sony Xperia Z mungkin menjadi salah satu smartphone terbaik yang pernah dirilis oleh produsen asal Jepang ini. Desain Sony Xperia Z yang ramping dan menarik serta dibekali fungsionalitas yang inovatif (fitur anti air dan anti debu) membuat gadget ini popular di kalangan pecinta android. Sony menyematkan prosesor quad-core dengan RAM 2GB yang terbilang tangguh dan stabil kala menjalankan aplikasi android kelas berat. Meski disebut–sebut sebagai superphone, ternyata masih ada beberapa kelemahan yang terdapat di perangkat 5 inci ini. Jika Anda termasuk salah satu pengguna Sony Xperia Z dan tertarik mendapatkan fitur–fitur maksimal di gadget Anda, mungkin bisa mencoba tips dan trik Sony Xperia Z berikut ini:

Memaksimalkan Tampilan Homescreen

Hal pertama yang biasa dilakukan oleh para pengguna Android kala mendapatkan gadget baru ialah melakukan perubahan pada homesreen sesuai selera. Pada perangkat Sony Xperia Z terdapat cara cepat untuk melakukan pengaturan tampilan homescreen. Anda dapat menekan layar agak lama, Maka Anda akan mendapati  menu kustomisasi di bagian bawah. Di android, opsi menu kustomisasi homescreen biasa digunakan untuk mengatur widget, shortcut aplikasi, dan wallpaper hingga berbagai pilihan tema. Ada banyak tema yang bisa Anda pilih dari dalam sana. Pilihan tema tersebut akan mengubah warna teks dan layar kunci serta estetika latar belakang untuk memberikan tampilan yang Anda inginkan.

Mengorganisir Aplikasi secara Cepat

Tips dan trik Sony Xperia Z selanjutnya ialah Mengorganisir atau mengatur aplikasi secara cepat. Dibeberapa ponsel android, aplikasi yang berjalan dapat ditemukan di app drawer di bagian pengaturan. Sayangnya, ketika hendak melacak aplikasi yang berjalan cukup rumit dan memakan waktu. Sony mencoba membuatnya lebih mudah kala melacak aplikasi dengan menambahkan menu drop-down. Anda bisa menarik menu ini dari bawah layar ke atas  untuk mengatur aplikasi Anda.

Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan

Sebagai sebuah smartphone tangguh, Sony membekali Xperia Z memori internal sebesar 16 GB. Anda juga bisa menambahkan memori eksternal berupa micro SD 32 GB. Alhasil memori di gadget Anda meningkat menjadi 48 GB. Jika itu masih kurang, Anda bisa menyimpan file dan data berharga Anda di layanan penyimpanan kamputasi awan seperti Layanan DropBox. Jika Anda memiliki akun Gmail, maka google drive bisa menjadi pilihan dokumen – dokumen Anda berikutnya.

 

Baca juga :

                Inilah hal-hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Sony Xperia seri X

                Tutorial Mengembalikan File Microsoft Office yang Sempat Hilang

 

Meningkatkan Daya Tahan Baterai

Zony Xperia Z memiliki layar yang cantik. Sayangnya, tampilan layarnya yang detail dan menarik jsutru cukup memakan banyak daya baterai. Untuk sedikit mengurangi borosnya baterai, mungkin tips dan trik Sony Xperia Z di poin ini bisa Anda coba. Anda bisa merubah mode tidur layar untuk mengurangi daya baterai. Caranya masuk ke menu pengaturan, masuk ke tampilan, kemudian ubah mode tidur menjadi 30 detik. Anda juga bisa mematikan Optimizer layar Bravia dan menonaktifkan fitur penyesuaian otomatis pencahayaan di menu pengaturan, lalu masuk ke menu kecerahan layar.

Anda juga bisa menghemat daya baterai dengan jalan masuk ke pengaturan lalu menejemen daya kemudian pilih mode STAMINA. Ini adalah senjata rahasia Sony dalam memerangi borosnya baterai smartphone. Dengan mode ini, beberapa fitur seperti data internet, wi-fi, Bluetooth, GPS hingga LED pemberitahuan akan berjalan otomatis kala dibutuhkan.

Memaksimalkan Fitur Kamera

Sebagai sebuah smartphone kelas premium, Sony menyematkan fitur kamera terbaik di Xperia Z. Fitur autofocus dan anti guncangan pada aplikasi kamera bawaan Sony juga terbilang efektif. Untuk memotret objek bergerak, coba gunakan sports scene option atau burst mode.

Sony Xperia Z dilengkapi fitur anti air. Secara logika, Anda bisa mengambil gambar di dalam air menggunakan gadget ini. Kenyataannya touchscreen Xperia Z kurang responsive kala di air. Alih–alih mengambil gambar di Air, lebih baik gunakan mode perekam video untuk mengambil momen di bawah air. Dalam modus Kamera Video, Anda dapat mengubah resolusi, mengatur self-timer selama 2 atau 10 detik dan memilih scene mode.

Tips dan trik Sony Xperia Z lain di fitur kamera ialah kemampuan Xperia Z mengambil foto kala merekam video. Untuk mengaktifkan fitur menangkap foto saat merekam video, masuk ke menu quick launch lalu peluncuran dan pilih menu take foto. Tombol shutter kamera akan tetap pada layar sama seperti saat Anda mengambil video. [ARS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel