Tips Membeli Laptop untuk Pelajar Guna Menyambut Tahun Pendidikan Baru

24 Jul 2013 09:00 12241 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di awal tahun ajaran baru 2013, setiap siswa dan mahasiswa ajaran baru membutuhkan laptop untuk menulis segala pekerjaan dan tugasnya, entah itu Mac atau PC. Pada era digital ini, laptop bukanlah barang mahal dan telah berubah menjadi sebuah kebutuhan wajib para pelajar. Khusus pada ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan tips membeli laptop untuk anda yang siap menghadapi tahun ajaran baru di 2013 ini.

Di awal tahun ajaran baru 2013, setiap siswa dan mahasiswa ajaran baru membutuhkan laptop untuk menulis segala pekerjaan dan tugasnya, entah itu Mac atau PC. Pada era digital ini, laptop bukanlah barang mahal dan telah berubah menjadi sebuah kebutuhan wajib para pelajar. Khusus pada ulasan kali ini, Plimbi akan memberikan tips membeli laptop untuk Anda yang saat ini menghadapi tahun ajaran baru di 2013 ini.

Beberapa tips membeli laptop yang Plimbi ulas ini akan membantu Anda untuk menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini delapan tips membeli laptop yang tepat untuk setiap usia dan program studi yang akan Anda hadapi.

Pilih Ukuran Portabel

Meskipun laptop dengan ukuran 15 inci cenderung memiliki harga yang terjangkau, namun laptop dengan model 11 – 14 inci merupakan pilihan yang paling tepat untuk mahasiswa karena biasanya laptop pada ukuran ini cenderung memiliki laptop dengan berat rata-rata sebesar 2kg yang membuatnya sangat mudah untuk dibawa berpindah dari kelas satu ke kelas lainnya.  Jika Anda ingin membeli laptop untuk usia SMA yang mana sering digunakan di dalam rumah, maka laptop dengan ukuran 15 inci sangat cocok untuk usia ini, tapi terkadang mereka ingin berpindah dari kamar satu ke ruangan yang lainnya.

Untuk portabilitas yang maksimum, pilihlah laptop yang memiliki berat yang kurang dari 2kg yang biasanya dibawa oleh laptop dengan ukuran 13 inci atau yang lebih kecil. Sebuah laptop dengan ukuran 11 inci akan sangat mudah untuk dibawa traveling dan sangat bermanfaat untuk para murid dengan tangan yang kecil. Namun, laptop dengan layar 11 inci terlalu kecil untuk murid yang sedikit lebih dewasa dan tidak memberikan pengalaman mengetik yang memuaskan.

Bayar untuk Desain Premium

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam membeli laptop untuk back-to-school adalah desain dari laptop yang ingin Anda boyong. Para mahasiswa tentunya ingin terlihat berjalan di sekitar kampus membawa sesuatu yang ramping, tidak kikuk. Pada saat yang sama, notebook harus memenuhi kriteria tersebut.

Jika memungkinkan, pilihlah desain yang setidaknya memiliki  serat karbon atau aluminium yang akan membantu dalam melindungi laptop Anda selama bertahun-tahun di lingkungan sekolah. Tips lain: jika Anda menekan tutup atau keyboard, maka teruslah mencari yang lain.

Cari Spesifikasi dengan Jangka Panjang

Mungkin Anda pernah mendengar, CPU dapat membuat perbedaan yang besar. Misalnya, Intel Core generasi keempat atau yang lebih dikenal dengan nama Haswell menggunakan daya secara signifikan yang mana memunkinkan Anda mendapatkan daya tahan baterai yang lama pada sistem dengan ukuran yang sama.

Jika Anda ingin menghemat uang Anda, meskipun prosesor Core generasi ketiga akan melakukan trik. Jauhi laptop dengan prosesor Pentium atau Celeron, karena mereka tidaklah cepat untuk kegiatan multitasking. Laptop dengan prosesor AMD cenderung memberikan harga yang lebih murah, dengan seri A yang memberikan tingkat kinerja utama, sedangkan seri E akan memberikan tenaga low-end.

Sedangkan untuk memori, 4GB cukup, tetapi jika Anda dapat menemukan notebook untuk harga yang sama dengan 6 atau 8GB RAM, maka jangan sia-siakan untuk segera mengambilnya. Drive penyimpanan hampir memberikan dampak yang signifikan pada kinerja CPU. Meskipun terkadang laptop yang memiliki banderol harga mahal memiliki kapasitas rendah pada hard drive-nya, SSD atau Solid State Drives secara dramatis meningkatkan performa di seluruh sistemnya, jadi pertimbangkan laptop yang memiliki SSD di dalamnya.

Jika Anda memutuskan untuk membeli laptop dengan hard drive tradisional di dalamnya, maka pilihlah yang memiliki kecepatan 7,200 rpm dan jika memungkinkan, dengan pilihan minimum sebesar 500GB.

Pertimbangkan touch screen hybrid

Windows 8 menawarkan tampilan antar muka yang baru yang memungkinkan sistem operasinya bekerja dengan layar sentuh, jadi pertimbangkan membeli laptop dengan layar sentuh. Banyak laptop baru datang dengan layar sentuh, termasuk  ASUS VivoBook X202E yang membanderol harga tidak terlalu tinggi.

Namun, jika Anda menginginkan pengalaman full touch screen, pertimbangkan hybrid laptop seperti Lenovo IdeaPad Yoga 11s, yang mana akan mampu dirubah posisinya dalam empat mode yang memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat ini dalam mode tablet dan laptop. Pilihan baik lainnya adalah Dell XPS 12.

Cari Laptop dengan Daya Tahan Kurang Lebih 5 Jam

Tidak mudah memang untuk para siswa ketika mereka menyelesaikan tugas di kelas atau di kantin dengan selalu mengkoneksikan laptopnya ke daya listrik yang berada di sekitarnya. Jadi membeli laptop dengan daya tahan 5 jam 30 menit adalah pilihan yang tepat. Salah satu laptop yang dapat diAndalkan untuk hal daya tahan adalah MacBook Air 13 inci yang mampu bertahan selama 11 jam.

 

Baca juga :

               Inilah Tips Membeli Laptop Untuk Yang Berbudget Pas-Pasan

               VIDEO: Ternyata, Begini Loh Cara Mudah Blokir Iklan di Opera Mini dan Opera Komputer

 

Cari Keyboard dan Touchpad yang Nyaman

Ini tidak selalu mudah untuk mencari keyboard da touchpad untuk para pelajar yang notabene banyak melakukan aktifitas mengetik, menulis laporan, update di jejaring sosial, sehingga mereka harus memastikan bahwa keyboard yang nantinya digunakan akan terasa nyaman pada saat digunakan. Serta jangan mengabaikan touchpad yang sama pentingnya. Pastikan navigasi desktop yang halus dan bahwa gerakan multitouch seperti pinch-to-zoom dan scroll akan sangat responsif.

Pertimbangkan Mac dan Windows

Melakukan komputasi yang lebih secara online memang membuat memilih OS kurang penting, namun masih ada perbedaan mendasar dalam pengalaman pengguna secara keseluruhan. Misalnya, seperti fakta bahwa Apple OS X Mavericks memungkinkan Anda melakukan file tag dengan kata kunci, sementara beberapa akan lebih memilih cara Windows 8 memungkinkan Anda menjalankan sentuhan secara penuh pada layar Anda. Secara umum, Mac lebih aman dan biasanya mesin yang dirancang lebih baik, sedangkan sistem Windows cenderung lebih murah dan menawarkan array yang lebih luas terutama untuk game.

Jangan Pandang Sebelah Mata Laptop Bisnis

Laptop bisnis terkadang memberikan keyboard yang sangat nyaman dan sempurna untuk pekerjaan mengetik yang mana memang terkadang menjadi tugas dari para pelajar. Beberapa merk laptop bisnis yang terkenal di pasaran saat ini adalah Dell, HP dan Lenovo yang mana ketiga merk ini sering memberikan keyboard yang baik, desain yang tahan lama dan pilihan kustomisasi dengan harga yang sama. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel