Sergey Brin - Sang Ahli Matematika Pencetus Perusahaan Google

23 Jul 2013 23:00 6143 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, nama Google rasanya sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna internet.

Di jaman serba teknologi seperti sekarang ini, nama Google rasanya sudah tidak asing lagi di telinga para pengguna internet. Hampir setiap hari kita pasti bersinggungan dengan produk-produk buatannya, dari mulai mesin pencari, browser Google Chrome, situs video streaming Youtube, hingga smartphone Android yang sudah terjual hingga ratusan juta unit di seluruh dunia. Di balik kedigdayaan perusahaan teknologi asal amerika tersebut, ada dua sosok penting yang hadir di belakang perusahaan tersebut. Ya, Larry page dan Sergey Brin merupakan dua sosok penting di balik berdirinya perusahaan ini.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas biografi salah satu dari kedua tokoh tersebut yaitu Sergey Brin. Bagaimanakah kisah perjalanan hidup seorang Sergey Brin hingga menjadi seorang pemimpin perusahaan raksasa dunia seperti sekarang ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Masa kecil dan Pendidikan

Sergey Brin lahir pada 21 Agustus 1973 di Moskow, Rusia. Ia merupakan putra seorang matematikawan dan ekonom asal Uni Soviet. Pada tahun 1979, Brin dan keluarganya beremigrasi ke Amerika Serikat untuk menghindari berbagai macam kasus kekerasan terhadap orang Yahudi pada masa tersebut.

Brin kemudian menerima pendidikan awalnya di sekolah dasar di Paint Branch Montessori School di Adelphi, Maryland, tetapi ia juga selalu belajar secara intensif di rumah bersama ayahnya. Ayahnya sendiri adalah seorang profesor di jurusan matematika di University of Maryland. Selain mendorongnya untuk belajar matematika, keluarganya juga selalu membantu Brin agar terus mempertahankan keterampilannya dalam berbahasa Rusia. Pada bulan September 1990, Brin masuk ke University of Maryland untuk mempelajari ilmu komputer dan matematika.  Ia kemudian menerima gelar Bachelor of Science pada Mei 1993 dengan predikat sangat memuaskan.

 

Baca juga :

               3 Produk/Fitur Andalan Google Diumumkan Pada Event Google I/O 2016

               "Viking Horde," Virus Android Terbaru di Tahun 2016

 

Mendirikan Google

Setelah menerima gelar dalam bidang matematika dan ilmu komputer dari University of Maryland di College Park, Brin kemudian melanjutkan pendidikannya ke Stanford University, di mana ia bertemu Larry Page. Keduanya merupakan mahasiswa yang sedang belajar ilmu komputer di universitas tersebut.

Sebagai sebuah proyek penelitian di Stanford University, Brin dan Page kemudian menciptakan sebuah mesin pencari yang akan mengurutkan hasil pencarian menurut popularitas halaman, karena mereka menyimpulkan bahwa situs web yang paling populer merupakan situs yang paling berguna. Mereka menyebut mesin pencari tersebut dengan “Google” yang merupakan plesetan dari istilah matematika "Googol," yang merupakan bilangan 1 diikuti oleh 100 angka nol di belakangnya. Pemilihan nama ini dimaksudkan untuk mencerminkan misi mereka dalam mengatur milyaran hingga trilyunan informasi yang tersedia di Web.

Setelah mencoba menjual berbagai macam gagasan namun gagal, mereka akhirnya memutuskan menulis rencana bisnis dan membawa total investasi awal hampir $ 1 juta untuk memulai perusahaan mereka sendiri. Pada bulan September 1998 Google Inc dibuka di Menlo Park, California. Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan sehingga beberapa kantor harus direlokasi karena kurangnya ruang. Akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang disebut sebagai Mountain View, di wilayah California. Selama beberapa tahun berikutnya google yang dipimpin oleh Larry dan Sergey membuat banyak inovasi dan produk baru. Pada tahun 2006, jumlah karyawan yang dimilikinya hampir mencapai 5000 orang karyawan.

Pada tahun 2006, Google membuat sebuah kejutan dengan membeli salah satu situs video streaming terbesar di dunia yaitu Youtube dengan harga mencapai USD 1,65 milyar. Beberapa tahun berikutnya Google semakin mengukuhkan posisinya di puncak perusahaan teknologi dengan mengeluarkan sistem operasi untuk ponsel yang bernama Android.

Pada tahun 2002, Brin bersama Larry Page dinobatkan oleh MIT Technology Review TR100 sebagai salah satu dari 100 orang innovator terbaik di bawah usia 35 tahun. Pada tahun 2004, Larry mereka juga mendapatkan penghargaan Marconi Prize dan jugaAcademy of Achievement's Golden Plate Award yang saat itu diserahkan di Chicago, Illinois.

Saat ini, Sergey Brin terus melanjutkan tanggung jawabnya untuk menjalankan roda bisnis dan inovasi Google bersama Larry Page dan juga CEO Google saat ini yaitu Eric Schmidt. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel