Bisnis Online - Cara Membuat Pengunjung Betah dan Kembali Berkunjung Ke Website Kita

7 Jun 2011 15:46 11392 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Dalam bisnis online, yang diperlukan adalah membership atau kuantitas pengunjung ke web yang kita buat, misalnya pengembangan bisnis online Website Games. Umumnya, sebuah web games akan mendorong dan memfasilitasi ruang ekplorasi yang bernilai semacam 'reward' setiap games, tanpa reward namanya bukan game. Di sinilah kunci bagaimana web yang Anda kembangkan ramai dikunjungi orang

Kali ini Plimbi akan memberikan cara bagaimana cara mengembangkan web yang kita kelola seperti yang disarankan Mikal E. Belicove, seorang konsultan marketing, sosial media, spesifikasi website dan bisnis blogging.

Dalam bisnis online, yang diperlukan adalah membership atau kuantitas pengunjung ke web yang kita buat, misalnya pengembangan bisnis online Website Games. Umumnya, sebuah web games akan mendorong dan memfasilitasi ruang ekplorasi yang bernilai semacam 'reward' setiap games, tanpa reward namanya bukan game. Di sinilah kunci bagaimana web yang Anda kembangkan ramai dikunjungi orang, yaitu membuat sebuah web yang membuat pengunjungnya bisa melakukan kegiatan tertentu yang bermanfaat, mengubah proses konversi menjadi sesuatu yang lebih, bisa dikatakan seperti permainan interaktif.

Anggap saja sebagai pelanggan yang menggesekkan kartu kredit atau debit, tinggal di sebuah hotel tertentu dan transaksinya melalui web Anda, kemudian Anda hadiahi pelanggan tersebut dengan poin atau dengan kata lain sebagai diskon atau bonus, poin termanifestasi menjadi badges atau lencana yang menunjukkan status dan sebagainya. Anda bahkan mungkin memiliki leaderboard di mana pelanggan dapat bersaing dengan pelanggan lainnya untuk memenangkan hadiah.

Bila Anda menerapkan teori permainan sederhana seperti hal di atas untuk website Anda, maka pengunjung harus mendapatkan hadiah/ reward untuk banyak hal yang mereka lakukan, seperti sign up untuk e-newsletter, berpartisipasi dalam demo online, men-download, mengomentari posting blog dan lain-lain.

Nah di bawah ini ada beberapa situs yang akan menginsprirasi Anda dalam mengembangkan website Anda:

  • Badgeville.com : Web yang menyediakan reward sosial dan mengalisa platform untuk mendorong interaksi website.
  • BigDoor.com : Web yang menggunakan sebuah widget yang muncul sebagai "minibar" pada website Anda agar pelanggan dapat memperoleh badge dan point dan mendapatkan akses ke dalam leaderboards. Minibar tersebut mendorong eksplorasi dan berbagi yang mengarah ke keterlibatan, loyalitas dan pertumbuhan pengunjung.
  • Bunchball.com : Web yang mempromosikan partisipasi, loyalitas dan pendapatan via game untuk merek-merek terkenal, termasuk Warner Bros, Comcast, Victoria's Secret Pink, USA Network, LiveOps dan Hasbro, yang semuanya menggunakan platform Bunchball Nitro untuk menciptakan pengalaman hiburan bagi konsumen dan karyawan.
  • IActionable.com : Web yang memungkinkan membuat sistem hadiah permainan Anda sendiri, termasuk bagaimana pelanggan Anda memperoleh poin. IActionable mengikuti kemajuan pelanggan di web dan menentukan apakah pelanggan telah memperoleh poin.
  • Reputely.com: Web yang menawarkan solusi gamification yang ditujukan akuisisi pengguna dan retensi (semacan tips dan trik).

Website yang Anda kembangkan harus menambahkan nilai dimana para pengguna bisa medapat pengalaman dan memotivasi pengguna untuk kembali lagi dan lagi. Membuat permainan tidak hanya imbalan dan loyalitas, tetapi juga memberikan pelanggan Anda jenis informasi dan pengalaman yang mereka alami akan ingin berbagi dengan teman dan kolega mereka.

Berikut adalah rumusan penting yang harus diperhatikan:

  • Buatlah sesederhana mungkin. Jangan membuat sistem point atau badges yang begitu rumit dalam web Anda sehingga tidak ada yang ingin bermain atau menjadi membership.
  • Ada nilai manfaat. Ini bukan tentang poin atau lencana. Ini tentang apa yang para pengunjung bisa dapatkan dari web Anda.
  • Jangan mengasumsikan bahwa semua pengunjung akan bermain (bila web anda adalah situs game), sebagaian orang akan bosan atau merasa dimanipulasi oleh sistem rewards yang standar. Sediakan akses yang mudah untuk orang-orang yang memang mau bermain dan orang-orang yang memang ingin 'menonjol'.
  • Buatlah permainan nyata. Programkan web Anda hanya untuk program insentif interaktif. Permainan sebenarnya adalah memotivasi dan membuat pengunjung tetap terdorong untuk terlibat dalam web Anda, sederhananya para pengunjung mendapatkan apa yang mereka butuhkan dalam web Anda. LN

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel