Fitur dan Perubahan Windows 8.1 yang Mungkin Anda Harapkan

19 Jul 2013 10:00 3296 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Windows 8.1 resmi di rilis dan di pasarkan. Dan memang banyak rumor yang selama ini tersebar di media benar adanya. Microsoft kembali memasukkan tombol Start Menu pada Windows 8.1. Sekarang Anda sudah bisa kembali boot ke desktop dan menggunakan gambar yang sama dengan desktop Anda pada Start Menu. 

Windows 8.1 resmi di rilis dan di pasarkan. Dan memang banyak rumor yang selama ini tersebar di media benar adanya. Microsoft kembali memasukkan tombol Start Menu pada Windows 8.1.

Sekarang Anda sudah bisa kembali boot ke desktop dan menggunakan gambar yang sama dengan desktop Anda pada Start Menu. Skydrive built-in untuk sync file pada Windows 8.1 dan Windows RT. Apalagi yang menjadi perubahan pada Windows 8.1? Mari kita lihat bersama.

Detail Perubahan Windows 8.1

Microsoft tidak melakukan langkah mundur pada Windows 8.1 walau Start Menu itu dianggap banyak orang adalah langkah mundur. Aplikasi seperti Xbox Musik Mail telah di perbaharui dan ada aplikasi baru untuk makanan dan kebugaran juga terdapat versi modern-nya Office on the way.

Microsoft masih yakin kalau Windows 8.1 bisa menyesuiakan ukurannya dari tablet berukuran 8 inci hingga layar 27 inci. Perubahanya pada Start Srcreen, cara baru meletakkan berbagai aplikasi sisi demi sisi di layar dan hampir semua pilihan konfigurasi dari kontrol panel  di masukkan ke PC Setting (kecuali yang booting ke desktop-klik kanan taskbar untuk mendapatkan menu pengaturan ini).

Lock screen berubah menjadi foto galeri yang didukung oleh Microsoft Research. Ini penggunaan teknologi yang sama dengan screen saver Windows Media Centre dan Windows 8 Foto App, pilihan foto dan timingnya dilakukan secara otomatis. Anda bisa membuka kamera dengan cepat untuk panggilan dari Skype tanpa harus login (apalagi dengan password) terlebih dahulu. Ini sangat berguna untuk tablet yang kebanyakan memang menggunakan password.

Menu ubin di Start Screen mendapat ukuran baru yang lebih besar seperti Weather dan Finance jadi, Anda bisa melihat informasi lebih banyak pada menu ini. Namun, perlu pengaturan aplikasi lagi untuk mendapatkan ini. Anda dapat memilih banyak warna lagi untuk background Start Screen, beberapa di antaranya adalah animasi yang mulus atau Anda juga bisa memilih background desktop untuk menjadi background Start Screen. Ketika di scrool, background akan tetap pada posisinya, tidak ikut tergeser.

Jika sebelumnya Anda menggunakan swipe yang lemah atau pendek untuk memilih menu, jangan gunakan lagi. Sekarang swipe Anda harus menekannya untuk memilih aplikasi (namun begitu swipe kecil masih bisa digunakan dibeberapa aplikasi seperti Windows Store) pada versi ini. Tap dan tahan aplikasi. Anda masih bisa memilih beberapa applikasi lagi. Anda juga bisa memilih banyak aplikasi dan mem-pin mereka menjadi grup Start Menu.

Susunan layar App berdasarkan sebarapa sering Anda menggunakan aplikasi tersebut memberikan Anda daftar aplikasi yang belum Anda pin. Setelah Anda selesai mem-pin aplikasi, Anda akan mendapatkan Start Screen yang sama walau menggunakan perangkat yang berbeda. Jadi, tidak perlu melakukannya lagi di setiap perangkat.

 

Baca juga :

               [Tutorial] Inilah Cara Mematikan Windows Menggunakan Cortana

               "Tahu Bulat Digoreng Dadakan," Sekarang ada Game-nya lho!

 

Perubahan tampilan Windows 8.1

Dua perubahan besar pada tampilan Windows 8.1 adalah pencarian baru yang lebih baik dan cara Windows 8.1 menangani berbagai aplikasi modern di layar, terutama di monitor yang besar. Jika Anda menggunakan Search charm  (tombol Windows+S) Anda akan mendapatkan sugest aplikasi untuk dijalankan, pengaturan dan pencarian lainnya. Search ini berada panel nya sendir, tidak lagi pada layar yang sudah penuh itu. Dan keduanya, aplikasi dan pengaturan muncul dalam daftar yang sama jadi Anda tidak akan salah salah memilih pengaturan aplikasi.

Pencarian ini bukan hanya berdasarkan dari PC atau tablet Anda. Bing menggabungkan pencarian dengan SkyDrive, konten aplikasi dan dari website. Bila pencarian cocok, file tipe dokumen yang akan pertama kali muncul. Bing juga akan berusahan menemukan orang, tempat, band, atau badan lainnya yang sesuai dengan pencarian kita.

Jendela yang Baru

Jika Anda membuka Windows Aplication Store tidak akan menjadi satu jendela besar dan satu yang kecil. Pada layar 10 inci seperti pada Surface Pro Anda dapat membuat jedela ketiga setengah atau duapertiga layar dengan dan beberapa lainnya hanya 50 pixel. Tetapi hingga saat ini kita Cuma bisa menampilkan dua secara menyeluruh aplikasi di layar dalam waktu yang bersamaan. Yang lainnya dalam posisi mini.

Preview

Kembalinya tombol Start Menu adalah perubahan yang paling jelas dari Windows 8.1. Walau dia kembali, ada perbedaan yang di buat Microsoft. Ya walaupun perbedaanya tidak terlalu mencolok. Anda dapat menonaktifkan trigger di sudut kanan atas yang menunjukkan charm bar ketika Anda menggunakan mouse dan satu lagi di pojok kiri atas yang menunjukkan thumbnail dari aplikasi yang berjalan sebagai background.

Library tidak muncul lagi secara otomatis di Explorer. Exploer berada di File Picker ketika Anda menggunakan Windows Store Aplication. Untuk menghindari penuhnya ruang penyimpanan pada tablet, pengaturan default dokumen dan gambar ada pada SkyDrive. Anda bisa melihat nama-nama file tersebut, ketika Anda klik Windows 8.1 akan secara otomatis mengambilnya dari SkyDrive dan menjadikannya cache agar bisa dibuka secara offline.

Masih banyak perubahan-perubahan kecil pada Windows 8.1. Ini hanya perubahan-perubahan yang paling terlihat saja. Bila sudah memilikinya, explorasilah Windows 8.1 Anda untuk mengetauhui semua seluk beluk Windows 8.1. Atau Anda dapat membaca selebihnya di official website mereka dengan mengklik di sini. Atau saksikan video di bawah ini. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel