George Robert Stibitz – Salah Satu Pionir dan Tokoh Penemu Komputer Digital Modern

19 Jul 2013 08:00 7055 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika berbicara mengenai komputer, maka akan sangat banyak tokoh yang melatarbelakangi pembuatannya. Hal ini tentu sangat wajar mengingat komputer jaman dahulu hanya dibuat untuk fungsi-fungsi tertentu dan tidak dibuat secara general seperti sekarang ini. 

Jika berbicara mengenai komputer, maka akan sangat banyak tokoh yang melatarbelakangi pembuatannya. Hal ini tentu sangat wajar mengingat komputer jaman dahulu hanya dibuat untuk fungsi-fungsi tertentu dan tidak dibuat secara general seperti sekarang ini. Salah satu tokoh yang ada di balik pembuatan dan tokoh penemu komputer adalah George Robert Stibitz.

George Robert Stibitz adalah seorang tokoh penemu komputer yang diakui secara internasional sebagai salah satu bapak dari komputer modern digital pertama. Dia adalah seorang peneliti Bell Labs yang dikenal berkat karyanya pada tahun 1930-an dan 1940-an dalam hal realisasi sirkuit digital logika Boolean dengan menggunakan relay elektromekanik sebagai elemen switching.

Masa Kecil dan Pendidikan

Stibitz lahir pada tanggal 30 April 1904, di York, Pennsylvania. Karena Stibitz sangat menyukai matematika dan ilmu pengetahuan, orang tuanya kemudian mengirimnya ke Moraine Park, yaitu sebuah sekolah swasta di Dayton, Ohio, yang dikenal sangat baik dalam bidang sains dan juga teknik. Setelah menyelesaikan SMA di Moraine Park, Stibitz melanjutkan pendidikan di Universitas Dennison, di Granville, Ohio. Ia kemudian mendapatkan gelar doktor di bidang matematika terapan dari universitas ini pada tahun 1926. Pada tahun berikutnya, Stibitz memperoleh gelar Master of Science dari Union College. Kemudian pada tahun 1930, ia berhasil meraih gelar doktor dalam bidang fisika dari Cornell University.

Setelah lulus dari Cornell University, Stibitz mendapatkan pekerjaan di Bell Laboratories. Ia menjabat sebagai konsultan matematika di sana. Menariknya, hanya beberapa saat setelah ia bekerja, atau tepatnya pada tahun 1930, Stibitz berhasil mengembangkan kalkulator yang dapat menghitung persamaan yang kompleks. Teknologi yang diperlukan kalkulator untuk bekerja dengan baik tersebut merupakan dasar untuk pembuatan komputer modern.

Selama Perang Dunia II, Bell Laboratories memperbolehkan Stibitz untuk membantu pemerintah Amerika Serikat dalam penelitian ilmiah. Stibitz kemudian bekerja sebagai penasihat pemerintah federal dan berbagai pelaku bisnis pada akhir perang dunia ke II. Pada tahun 1964, ia bergabung dengan Departemen Fisiologi di Dartmouth Medical School. Dia kemudian pensiun dari Dartmouth tahun 1970.

 

Baca juga :

               Modern Sniper, Game Tembak-tembakan yang Kurang Mengesankan

               Empal Gentong di Setiabudi Jakarta yang Tak Kalah dengan di Cirebon

 

Penciptaan Komputer

Pada November 1937, saat George Stibitz bekerja di Bell Labs, ia berhasil membuat kalkulator berbasis relay yang ia dijuluki sebagai "Model K" yang menghitung dengan menggunakan penambahan biner. Replika dari "Model K" ini sekarang dapat Anda temui di Smithsonian Institution, di Perpustakaan William Howard Doane di Denison University, dan di American Computer Museum di Bozeman, Montana di mana ia diberikan penghargaan George R. Stibitz Computer and Communications Pioneer Awards.

Bell Labs kemudian membuat sebuah program penelitian penuh pada akhir 1938 dengan Stibitz sebagai pemimpinnya. Akhirnya pada tanggal 8 Januari 1940 mereka berhasil menciptakan Complex Number Calculator yang mampu melakukan perhitungan pada bilangan kompleks. Dalam sebuah demonstrasi di konferensi American Mathematical Society di Dartmouth College pada tanggal 9 September 1940, Stibitz menggunakan teletype untuk mengirimkan perintah ke Complex Number Calculator di New York melalui saluran telepon. Ini adalah mesin komputasi pertama yang berhasil digunakan secara jarak jauh melalui saluran telepon.

Pada tahun 1965, Stibitz bersama Konrad Zuse berhasil meraih penghargaan Harry H. Goode Memorial Award. Selama hidupnya Stibitz memiliki 38 hak paten selain hak paten yang ia dapatkan ketika bekerja di Bell Labs. Ia juga menjadi anggota dari tim di Dartmouth College pada tahun 1964 untuk membuat jembatan penghubung antara bidang komputer dan bidang medis. Ia kemudian memutuskan pensiun dari penelitian ini pada tahun 1983

Dalam tahun-tahun berikutnya, George beralih ke penggunaan non-verbal dari komputer. Pada saat itu ia menggunakan Commodore Amiga-untuk menciptakan seni komputer. Dalam sebuah surat yang ditulis pada 1990 untuk Mathematics and Computer Science department of Denison University, ia berkata:

“I have turned to non-verbal uses of the computer, and have made a display of computer "art". The quotes are obligatory, for the result of my efforts is not to create important art but to show that this activity is fun, much as the creation of computers was fifty years ago.”

George Robert Stibitz kemudian meninggal pada tanggal 31 Januari 1995 pada usia 90 tahun. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel