Tips Hp BlackBerry: Mengoprek Fitur BlackBerry Z10

14 Aug 2013 20:30 15072 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anda mungkin membeli BlackBerry karena tampilan keyboard BlackBerry Z10 ini yang aduhai ditambah dengan daya tahan baterai yang fantastis. Namun ternyata, kegunaan dari hp BlackBerry terbaru Z10 ini, banyak fitur dan menu yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Anda.

Anda mungkin membeli BlackBerry karena tampilan keyboard BlackBerry Z10 ini yang aduhai ditambah dengan daya tahan baterai yang fantastis. Namun ternyata, kegunaan dari hp BlackBerry terbaru Z10 ini, banyak fitur dan menu yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Anda.Anda bisa memilih BlackBerry dan mulai menggunakannya hanya karena hp tersebut adalah barang baru dan tanpa mengetahui kegunaannya yang dimilikinya. Nah, tentunya terdapat banyak hal baru yang dapat Anda gunakan dengan hp BlackBerry terbaru Z10 ini. Tentu tips hp BlackBerry Z10 Anda butuhkan bukan?

Awal dari semuanya adalah Anda hanya perlu tekan tombol Menu untuk mendapatkan pilihan utama pada setiap layar. Layar awal dari hp BlackBerry Z10 ini adalah tempat rahasia semua fitur yang sangat menarik. Agar Anda dapat memaksimalkan semau fitur yang ada dalam hp BlackBerry Z10 Anda, kali ini Plimbi memiliki beberapa tips hp BlackBerry Z10 menguak fitur yang dimiliki oleh hp BlackBerry Z10 kesayangan Anda.

Use the Keyboard Less

Tips yang pertama adalah mengenai keyboard. Seperti yang kita ketahui BlackBerry selalu memiliki keyboard QWERTY dan dapat membuat para penggunanya melakukan pengetikan teks dengan sangat cepat dan nyaman. Nah, selain itu, di dalam fitur BlackBerry Z10 ini Anda lebih dimanjakan lagi dengan fitur penulisan dengan cara pintas built-in. Untuk melakukan hal tersebut, Anda dapat menekan spasi dua kali di akhir kalimat untuk mengakhiri penulisan dan untuk merubah mode otomatis pada kata berikutnya.

Jangan repot-repot dengan apostrof dalam kata-kata seperti aku dan bukan, ada beberapa singkatan lain seperti 'wel' yang artinya 'kita akan' dan 'il' yang artinya 'Aku akan' dan Anda dapat menambahkan singkatan sesuai dengan Pilihan> AutoTeks Anda. BlackBerry Autotext itu sendiri bermanfaat untuk mempercepat proses pengetikan dengan menciptakan singkatan dan koreksi Anda sendiri.

Quick Capitals

Anda tidak perlu menekan tombol shift untuk merubah kata menjadi huruf besar. Anda hanya cukup menekan dan tahan tombol huruf yang Anda maksud untuk menrubah menjadi huruf besar.

Skip Symbol

Jika Anda mengetik alamat email ke dalam kolom yang meminta sebuah alamat email, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari cara untuk mengetik ‘@’, Anda cukup tekan saja kolom tersebut dan BlackBerry secara otomatis sudah memunculkan ‘@’ untuk Anda. Anda juga dapat melakukan hal yang sama untuk URL di browser, hal ini tentunya akan membuat Anda lebih cepat dalam mengetikan alamat email atau web yang Anda butuhkan. Sehingga Anda tidak perlu repot – repot untuk menulis @ terlebih dahulu.

Fast Select (Memiliki secara cepat)

Terdapat banyak pilihan perintah pada menu untuk memilih apa yang ingin Anda copy dan pindahkan. Salah satunya hanya dengan menekan tombol Shift untuk memilih data yang Anda inginkan bersamaan ketika Anda menggulir trackball pada hp BlackBerry Z10 Anda.

Keyboard Shortcuts

Anda hanya perlu menggunakan tombol 't' untuk langsung pada ke bagian atas teks ketika Anda selesai membaca sebuah pesan singkat atau pun pesan email, halaman web dan gunakan tombol 'b' untuk langsung menuju bagian akhir atau bawah teks. Terdapat beberapa cara pintas khusus untuk semua built-in aplikasi seperti menggunakan tombol Mute untuk menghentikan video atau memindahkan daftar lagu ke lagu berikutnya atau sebelumnya dengan menekan dan menahan volume atas dan bawah tombol (yang juga memperbesar dan memperkecil gambar dalam kamera - meskipun banyak aplikasi menggunakan I dan O untuk zoom), dan juga ada daftar dalam alat Bantuan jika Anda merasa kebingungan dalam mengeksplor hal lainnya.

 

Baca juga :

               Blackberry Priv, Android Yang Lebih Produktif Dengan Keypad QWERTY

               [Tutorial] Inilah Cara Mematikan Windows Menggunakan Cortana

 

Choose Dialling or Shortcuts (Pilih panggilan atau cara pintas)

Dalam opsi Pilihan> Pilihan Telepon> General Options, Anda dapat mengatur Dial Dari Home Screen ke ‘Ya’ atau ‘Tidak’, jika Anda menetapkannya ke ‘Ya’, Anda dapat mulai mengetik nama untuk melakukan panggilan keluar langsung pada layar ponsel BlackBerry Z10 Anda, jika Anda menetapkannya ke ‘Tidak’, Anda dapat mengetik huruf pertama dari aplikasi pada layar Home untuk membuka ID yang Anda tuju (M untuk Mail, B untuk browser, C untuk menulis email, N untuk Messenger, L untuk Kalender dan U untuk Calculator).

Web Columns

Untuk merubah Web coloms, Anda dapat menekan Z di web browser untuk reflow halaman ke dalam ukuran kolom layar BlackBerry Anda, sehingga lebih mudah untuk dibaca, tekan Z lagi untuk kembali ke tampilan halaman normal Anda.

Turn on JavaScript

Untuk menghemat memori dan membuat muatan halaman browser lebih cepat, browser BlackBerry biasanya memiliki JavaScript yang dimatikan secara aturan awalnya, Anda dapat merubahnya dengan masuk ke penggunaan Pilihan> Browser Configuration> Dukungan JavaScript untuk mengubahnya dan dapat memuat lebih banyak layar web dengan cepat.

Which Browser?

Nah, ada tiga browser yang berbeda pada BlackBerry, browser WAP untuk melihat konten dari jaringan mobile Anda, browser BlackBerry HTML (dan browser hotspot yang mengutamakan koneksi Wi-Fi). Jika Anda memiliki masalah mengakses atau loading halaman web, Anda dapat masuk ke menu Pilihan> Browser Configuration dan set Browser untuk BlackBerry Browser dan pastikan Options> General Properties> Peramban Bawaan juga di set ke BlackBerry Browser.

Fast Search (Pencarian Cepat)

Untuk melakukan pencarian kontak secara cepat, Anda dapat mencari kontak, pesan dan file di dalam dan halaman web sekaligus dengan tekan S untuk mencari kontak dan pesan dan tekan F jika Anda sedang membuka aplikasi lain.

Kesimpulan

Nah, tips di atas tersebut baru segelintir trik yang dapat Anda praktekan menggunakan hp BlackBerry Z10 kesayangan Anda. Masih banyak tips yang akan Plimbi berikan pada artikel selanjutnya. Semoga tips trik BlackBerry Z10 di atas dapat bermanfaat bagi Anda. [NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel