Tips Merawat dan Membersihkan Layar Laptop Dari Berbagai Kotoran

14 Aug 2013 22:00 28147 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Notebook atau yang biasa disebut sebagai laptop merupakan perangkat yang sangat unik dalam hal perawatan. Di satu sisi perangkat tersebut cukup mudah dirawat karena tidak memiliki banyak komponen terpisah seperti halnya PC atau komputer desktop. 

Notebook atau yang biasa disebut sebagai laptop merupakan perangkat yang sangat unik dalam hal perawatan. Di satu sisi perangkat tersebut cukup mudah dirawat karena tidak memiliki banyak komponen terpisah seperti halnya PC atau komputer desktop. Namun di sisi lain karena berbagai perangkatnya sangat sensitive, maka diperlukan kehati-hatian ekstra ketika merawatnya. Membersihkan layar laptop, membersihkan keyboard, hingga merawat baterai merupakan hal yang harus dilakukan secara teliti dan hati-hati. Jika tidak, maka bisa jadi laptop kesayangan Anda tersebut akan mendapatkan sedikit masalah atau bahkan kerusakan.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan para pemilik laptop adalah membersihkan layar laptop mereka dari berbagai macam kotoran. Namun hal tersebut tidaklah semudah membersihkan kaca biasa karena layar LCD merupakan komponen yang sangat penting dan vital. Jika LCD ada tergores, maka sudah pasti gambar yang ditampilkannya pun akan terganggu. Bahkan bukan tidak mungkin layar tersebut juga akan rusak sehingga Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan mengulas secara lengkap cara untuk membersihkan layar laptop yang baik dan benar agar Anda tidak merusak layar tersebut. Cara membersihkannya juga sangatlah mudah karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli berbagai macam perlengkapannya. Berikut Plimbi uraikan langkah-langkah mudahnya untuk Anda:

Matikan Laptop

Sebelum mulai membersihkan layar laptop, pastikan laptop dalam keadaan mati, dan kabel power dilepas dari sumber listrik. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kejutan listrik pada saat layar laptop di bersihkan dan juga untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan lainnya.

Gunakan Kain yang lembut

Selalu gunakan kain yang halus dan lembut seperti kain untuk membersihkan lensa kacamata. Jangan sekali-kali gunakan kain yang kasar ataupun berserat karena dapat menyebabkan layar laptop tergores.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Gunakan cairan khusus pembersih layar laptop yang mudah untuk didapatkan di toko-toko laptop. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan cairan yang sama untuk membersihkan layar kamera yang biasaya tersedia di toko kamera. Jangan gunakan cairan yang mengandung alkohol atau sejenisnya, karena bahan ini selain dapat membuat goresan pada layar, juga dapat meninggalkan noda.

 

Baca juga :

               Tips Merawat dan Membersihkan Handuk untuk Mandi

               Orang Jepang sudah tidak Pakai "Sayonara" untuk Ucapkan Selamat Tinggal

 

Bersihkan dengan halus

Semprotkan cairan pembersih layar laptop tersebut pada kain, lalu mulai mengusap layar laptop secara lembut dan perlahan. Jangan menekan layar terlalu kuat dan lakukan usapan hanya dalam satu arah baik vertikal maupun horizontal untuk menghidari terjadinya goresan.

Itulah cara mudah membersihkan permukaan layar laptop dari berbagai macam kotoran. Sekarang Plimbi akan memberikan kepada Anda cara untuk merawat layar laptop tersebut agar tetap awet dan juga tidak cepat rusak. Hal ini sangatlah penting untuk Anda perhatikan karena layar merupakan salah satu komponen termahal yang ada pada sebuah laptop. Berikut beberapa langkah mudah untuk merawatnya:

Hindari Menyentuh Layar

Usahakan sedapat mungkin untuk tidak menyentuh layar laptop apalagi sampai menekannya, baik dengan tangan kosong, dengan benda tumpul maupun benda tajam. Menyentuh layar laptop dengan tangan kosong beresiko tergores oleh kuku tangan Anda.

Tutup Layar

Selalu tutup layar ketika laptop tidak digunakan. Kemudian tutup laptop tersebut dengan kain atau plastik untuk menghindari dari debu atau Anda bisa juga memasukannya ke dalam tas laptop. Satu hal yang perlu diperhatikan, biasanya ketika bepergian kita sering melakkan tas yang berisi laptop di tumpuk dengan barang-barang lain di atasnya. Hal ini sebaiknya di hindari, karena bila beban diatas tas laptop tersebut sedikit terlalu berat, bisa menyebabkan layar laptop rusak ketika digunakan.

Gunakan Screen protector

Gunakan screen protector agar layar laptop tetap bersih dan terhindar dari goresan.

Itulah beberapa hal yang harus selalu Anda perhatikan untuk menjaga layar laptop kesayangan Anda. Bila anda rutin dan disiplin melakukan hal-hal di atas, masalah layar laptop yang biasa timbul dapat dihindari. Laptop yang bersih dan kinerjanya baik tentu juga akan membuat nyaman penggunanya, termasuk Anda sendiri. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel