Super Zoom dan Tips Lensa Kamera Handphone Anda

16 Jul 2013 17:00 8776 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seorang fotografer yang baik tidak didefinisikan oleh peralatan mereka, namun bagaimana mereka mengatasi keterbatasan. Ketika smartphone anda dilengkapi dengan kamera handphone yang lebih baik dari sebelumnya, kita masih terjebak dengan teknologi digital zoom yang telah ada selama bertahun-tahun.

Seorang fotografer yang baik tidak didefinisikan oleh peralatan mereka, namun bagaimana mereka mengatasi keterbatasan. Ketika smartphone anda dilengkapi dengan kamera handphone yang lebih baik dari sebelumnya, kita masih terjebak dengan teknologi digital zoom yang telah ada selama bertahun-tahun. Ada cara yang lebih baik untuk mengambil foto dengan kamera handphone daripada menggunakan digital zoom, terutama jika anda tidak menginginkan gambar yang buram dan subjek yang jauh. Artikel ini akan membahas beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan hasil gambar yang lebih baik dari lensa kamera handphone jenis iPhone, Android, atau kamera handphone lainnya.

Hindari Digital Zoom

Beberapa orang tidak berpikir bahwa digital zoom itu jelek. Daripada menggunakan digital zoom, lebih baik anda mengambil foto tanpa zoom, kemudian memotong foto tersebut setelahnya. Ini karena digital zoom bukanlan pembesar foto anda, melainkan meregangkannya. Dengan cara tersebut, anda akan kehilangan kejelasan dan kualitas gambar.

Untuk snapshot cepat, zoom digital mungkin tidak membuat perbedaan besar, dan jika anda benar-benar harus menggunakannya, maka pastikan untuk menggunakannya secara berlebihan dan tingkat yang maksimum. Digital zoom 2x akan meregangkan semua piksel, sedangkan digital zoom 4x mungkin akan merusak kualitas gambar.

Dapatkan Lensa Telefoto

Hasil terbaik bisa anda dapatkan dari kamera smartphone anda yang hadir dengan aksesoris dan optik khusus. Ada sejumlah lensa kamera handphone zoom yang ditujukan untuk fotografer smartphone, yang dirancang semata-mata untuk memberikan perbesaran tanpa menggunakan zoom digital. Lensa zoom seperti Photojojo bisa memberikan gambar yang relatif lunak karena kualitas optik.

Ada banyak lensa dengan berbagai model dan harga yang terjangkau, namun anda harus mendapatkan kualitas gambar yang sama dengan harga yang anda bayar. Lebih menarik lagi ada juga sistem seperti Phocus Case untuk iPhone 4, 4S dan 5. Selain lensa makro dan wide-angle, Phocus juga menjual SLR mount case yang menyediakan kompatibilitas dengan lensa Canon EOS.

 

Baca juga :

               Cara Membersihkan Lensa Kamera dan Kenali Alat Pembersihnya Berikut Ini

               3 Produk/Fitur Andalan Google Diumumkan Pada Event Google I/O 2016

 

Gunakan Tripod

Apakah anda menggunakan digital atau optical zoom, mantapkan bidikan anda dengan tripod yang akan memberikan hasil terbaik. Semakin panjang lensa dan semakin tinggi pembesarannya, maka semakin berpotensi tidak stabil tembakan gambar anda, sementara smartphone modern seperti iPhone 5 dan Samsung Galaxy S4 hadir dengan stabilisasi gambar, hal ini tentu belum cukup untuk menyelamatkan setiap gambar yang diambil. Jika anda memperbesarnya, maka anda harus menjaga agar tangan anda tetap stabil atau menggunakan tripod untuk hasil terbaik.

Ada berbagai adapter smartphone yang memungkinkan anda untuk menghubungkan perangkat anda ke tripod standar, seperti The Glif dan Joby’s Grip Tight Mount. Jika anda tidak tertarik untuk merogoh kantong, maka anda bisa mencoba membuat tripod sederhana sendiri, yang bisa menyangga smartphone saat mengambil gambar.

Tidak semua orang memiliki tripod, dan untuk mengakali hal ini, anda bisa menggunakan objek statis terdekat, bahkan anda bisa menggunakan lantai. Hal ini dilakukan agar bisa memberikan stabilisasi sementara saat anda mengambil gambar.

Sebuah kemungkinan yang sangat nyata bagi fotografer dan videografer smartphone, terutama mereka yang ingin mengabadikan olahraga dan alam, adalah menggunakan teropong. Anda bisa menggunakan Snapzoom, yang merupakan smartphone teropong gunung yang benar-benar universal.

Jangan Lupakan Macro & Wide-Angle Shot

Jika anda tertarik dengan fotografi close-up, maka anda akan membutuhkan lensa makro untuk smartphone anda. Anda juga dapat memilih produk seperti Olloclip, yang merupakan lensa fisheye 3-in-1, makro dan wide angle clip-on. Olloclip ini memberikan hasil fotografi makro yang mengesankan.

Dengan menggunakan lensa yang anda miliki, anda bisa menciptakan foto versi anda sendiri dari Olloclip menggunaakan beberapa blu-tack atau masking tape dan sedikit trial and error.

Lensa makro dan wide-angle juga dapat dibuat dari pemutar DVD lama, yaitu lensa yang digunakan untuk fokus laser, serta film sekali pakai dan kamera digital. Anda juga dapat menggunakan setetes air untuk memperbesar subjek anda, namun ini tidak praktis dan selalu ada kemungkinan air akan menembus segel lensa. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel