Tips Memotret Dengan Kamera Handphone Android Agar Foto Tidak Blur

14 Jul 2013 12:00 18989 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Teknik utama dalam tips memotret foto menggunakan kamera Android Jelly Bean adalah menahan shutter untuk mendapatkan fokus, kemudian melepaskannya untuk men-shoot foto. Kamera pada iPhone dan perangkat iOS lain juga sudah memiliki fitur ini pada sistem operasi iOS 6.

Di jaman sekarang ini, hampir semua smartphone Android telah dilengkapi dengan kamera yang mumpuni, sehingga tidak salah jika sekarang banyak yang hobi memotret dengan kamera ponsel Android. Namun sayangnya, kebanyakan orang tidak bisa mengambil gambar dengan baik menggunakan kamera ponsel ini sehingga menghasilkan foto yang buram atau blur. Perlu diketahui, kebanyakan foto blur tersebut biasanya diakibatkan oleh kesalahan kecil si penggunanya, atau juga pemilihan aplikasi yang kurang tepat. Namun dengan teknik yang tepat serta aplikasi yang pas, maka pastinya amera Android Anda dapat menghasilkan foto yang sangat baik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Plimbi akan memberikan tips memotret dengan kamera ponsel Android agar menghasilkan foto yang sempurna tanpa blur.

Tenang dan Fokus

Terdapat dua penyebab utama yang biasanya menjadikan sebuah foto menjadi blur, yaitu kurang fokus dan juga terlalu banyak gerakan. Oleh karena itu, Anda harus banyak memperhatikan kedua hal tersebut agar dapat menghasilkan foto yang baik. Pasalnya, banyak orang yang kurang memperhatikan kedua hal tersebut dalam mengambil foto. Sehingga jika Anda terlalu banyak bergerak etika memotret, maka peluang akan terjadinya foto yang blur akan sangat besar.

Untungnya, saat ini sudah banyak aplikasi kamera Android yang memiliki fitur touch to focus sehingga akan banyak membantu para fotografer Android untuk memfokuskan bidikannya. Bahkan dalam beberapa ponsel juga terdapat fitur focus lock sehingga Anda dapat mengunci fokus ketika akan mengambil foto.

Shutter Tips

Teknik utama dalam tips memotret foto menggunakan kamera Android Jelly Bean adalah menahan shutter untuk mendapatkan fokus, kemudian melepaskannya untuk men-shoot foto. Kamera pada iPhone dan perangkat iOS lain juga sudah memiliki fitur ini pada sistem operasi iOS 6. Teknik ini sangatlah penting karena gerakan yang dihasilkan ketika melepaskan tombol shutter jauh lebih sedikit ketimbang gerakan yang dihasilkan ketika memotret dengan menyentuh layar.

Selain itu, dalam beberapa perangkat Android juga Anda dapat memotret dengan menggunakan tombol volume atau tombol lain yang ada di samping kamera. Jika disimpulkan, baik teknik memotret dengan melepaskan tombol shutter menggunakan tombol volume semuanya mampu menghasilkan foto yang lebih tajam ketimbang memotret dengan menyentuh layar Android Anda.

Pilihlah aplikasi kamera Android terbaik

Selain dengan teknik yang baik, foto yang sempurna juga bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi kamera Android yang baik. Jika pada perangkat iPhone kita mengenal aplikasi unggulan semacam Camera+ dan juga Camera Awesome, maka pada perangkat Android Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Camera360 dan juga ProCapture. Kedua aplikasi tersebut memiliki fitur burst shooting mode yang akan mengambil beberapa foto secara sekaligus sehingga Anda dapat memilih foto mana yang terbaik. Fitur ini tentunya akan sangat berguna untuk memotret objek yang bergera seperti dalam sebuah konser atau olahraga.  

Kedua aplikasi tersebut juga memiliki banyak fitur berguna lainnya seperti pengaturan white balance dan exposure serta berbagai macam fitur lainnya untuk custom foto yang diambil.

 

Baca juga :

                    Tips Memotret Saat Hujan Untuk Anda yang Hobi Fotografi

                    5 Antivirus Terbaik untuk Android di Bulan Mei 2016

 

Manfaatkan Kesan Blur Tersebut

Jika Anda merasa sulit untuk menghasilkan foto yang tidak memiliki blur, maka Anda mungkin harus mulai berpikir untuk menjadikan efek blur itu sebagai kelebihan. Sebagai contoh, Anda dapat mengambil sebuah foto kereta api dengan blur di sekelilingnya yang membuat kesan bergerak pada kereta api tersebut. Atau Anda juga dapat menjadikan blur tersebut sebagai pembantu fokus terhadap objek utama yang dipotret.

Kesimpulan

Setiap orang dapat menghasilkan foto terbaik dengan menggunakan kamera Android terlepas dari apa perangkat yang digunakan, namun hal tersebut harus didukung oleh teknik yang baik dalam pengambilannya. Sebaik apapun kamera Android yang dimiliki, tetap tidak akan membantu terlalu banyak jika Anda tidak menguasai teknik tips memotret yang baik. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel